Youtobe

YouTube, merupakan situs yang didesain untuk berbagi video yang memudahkan untuk menonton video secara online. Terdapat jutaan akun channel yang sudah dibuat di YouTube. Saat ini menjadi YouTuber sedang menjadi tren baru dikalangan remaja di Indonesia.

Banyak influencer Indonesia yang saling berlomba-lomba untuk menciptakan konten video yang menarik. Ada banyak jenis video yang diunggah seperti video blog atau yang sekarang sering disebut dengan vlog, video gaming, video edukasi, dan jenis video menarik lainnya.

Sebuah file video terkadang akan menjadi terlalu besar jika dikirimkan kepada seseorang melalui email. Dengan mengunggah video kedalam YouTube, maka berbagi video pun dimudahkan dengan membagikan link URLnya saja.

Saat ini, YouTube dengan bangga menempati urutan kedua sebagai mesin pencari terpopuler didunia. YouTube yang semakin gencar memperluas target pasar dengan memperbarui dan menambah layanan serta memfokuskan layanan untuk pengguna internet yang memiliki kebutuhan tontonan yang berbeda-beda, telah mengundang semakin banyak pengguna internet yang masuk ke situs YouTube.

Sejarah YouTube

YouTube didirikan pada bulan Februari 2015 oleh Steven Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley. Mereka merupakan mantan karyawan dari perusahaan PayPal. Pada awal berdirinya, YouTube memiliki kantor yang berpusat dibagian lantai atas sebuah restiran Pizza dan juga restoran Jepang yang terletak di San Mateo, California.

Video yang pertama kali mereka unggah oleh pendiri YouTube merupakan video yang berjudul ‘Me at The Zoo’ yang menampilkan Jawed Karim yang sedang berada disalah satu kebun binatang yang berada di San Diego. Video tersebut diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih bisa disaksikan hingga saat ini.

Video pertama YouTube yang diunggah oleh Jawed Karim :

Dari perusahaan lokal menjadi perusahaan bertaraf nasional yang berprestasi. Tentu saja Anda tidak harus menunggu waktu hingga puluhan tahun untuk berhasil dan eksis. Berbagai kemudahan yang tidak didapatkan oleh para pengusaha zaman dahulu, bisa dengan mudah Anda dapatkan dan dengan mudah Anda manfaatkan untuk memulai dan menjalankan bisnis, seperti teknologi, transportasi, hingga kemajuan informasi.

Penamaan pada youtube.com menimbulkan permasalahan bagi sebuah situs yang memiliki nama yang hampir sama, utube.com yang dimiliki oleh Universal Tube & Rollform Equipment. Masalah yang ditimbulkan merupakan kelebihan beban yang diterima secara teratur dikarenakan sangat banyak orang yang mencari situs YouTube. Hingga akhirnya mengajukan gugatan terhadap YouTube pada bulan November 2006.

Pada tinggal 16 Oktober 2006, dua pendiri YouTube, yaitu Steven Chen dan Chad Hurley menjual YouTube kepada Google Inc. dengan harga 1.65 Miliar USD.

Awal mula berdirinya perusahaan YouTube

Pada awalnya, YouTube merupakan sebuah perusahaan dibidang teknologi rintisan. Perusahaan didanai oleh dana investasi dari Sequoia Capital sebesar $11.5 juta. Pada rentan waktu November 2005 dan April 2006.

Nama domain YouTube pertama kali aktif pada tanggal 14 Februari 2005 yang terus dikembangkan pada bulan berikutnya. Enam bulan sebelum peresmian YouTube dibulan November 2005, YouTube melakukan uji beta pada bulan Mei 2005.

Situs YouTube mengalami perkembangan pesat pada Juli 2006 dan mengumumkan bahwa setiap harinya ada lebih dari 65.000 video yang diunggah dan dikunjungi seratus juta penonton per hari.

Perkembangan Perusahaan YouTube

Sebuah data yang dikumpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan riset pasas ComScore menyatakan, YouTube merupakan penyedia video daring utama di negara Amerika Serikat. YouTube memegang pangsa pasar hingga 43% dan pada bulan Mei 2010 ada lebih dari 14 miliar video telah ditonton.

YouTube menyatakan bahwa setiap menitnya terdapat video yang diunggah yang mencapai total durasi 60 jam. Dan tiga perempat materi dari video-video tersebut merupakan unggahan yang berasal dari luar negara Amerika Serikat.

Pada tahun 2007, YouTube diperkirakan telah menghabiskan bandwith yang sama besarnya dengan seisi internet pada tahun 2000. Alexa pun menempatkan YouTube sebagai situs terbesar ketiga setelah Google dan Facebook sebagai situs yang paling banyak dikunjungi.

YouTube mulai berintegerasi dengan jejaring sosial Google+ pada bulan November 2011, konten video YouTube pun kemudian dapat diakses melalui Google+. Lalu pada bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru.

Pada saat yang sama, YouTube juga memperkenalkan perubahan logo yang baru dengan tampilan bayangan merah yang lebih gelap dari sebelumnya.

Kerjasama yang dijalani YouTube

Pada bulan Juni 2006 YouTube memulai kerjasama dibidang pemasaran dan periklanan dengan NBC. Lalu pada bulan November 2008, YouTube menandatangani sebuah persetujuan dengan perusahaan MGM, CBS, dan Lions Gate. Mereka memberi izin YouTube untuk mengunggah film dan episode televisi dengan durasi yang penuh. Kerjasama ini dilakukan untuk bersaing dengan situs Hulu (yang menayangkan acara dari NBC, Fox, dan juga Disney).

YouTube kemudian meluncurkan tayangan yang bernama “Shows” pada November 2009 untuk penonton dibagian Britania Raya. Acara tersebut didukung oleh sekitar 60 mitra dan menawarkan hampir 4.000 acara tayangan yang berdurasi penuh.

Pada Maret 2010, YouTube mulai menayangkan beberapa konten tayangan secara gratis.  Termasuk menayangkan siaran olahraga pertandingan kriket dari Indian Premier League.

baca juga

    Profil Pendiri YouTube

    Berikut ini profil singkat dari para pendiri YouTube :

    Steven Chen

    Steven Chen memiliki nama lengkap Steven Shih Chen. Lahir pada tanggal 18 Agustus 1978. Chen merupakan mantan karyawan dari perusahaan PayPal. Selain itu, Chen juga merupakan karyawan pertama yang dimiliki oleh Facebook sebelum akhirnya mengundurkan diri karena ingin membangun YouTube.

    Steve Chen kemudian membangun YouTube pada tahun 2005 bersama dengan Chad Hurley dan Jawed Karim yang bertemu ketika mereka bekerja di PayPal. Di YouTube, Chen memegang jabatan sebagai Chief Technology Officer. Lalu pada bulan Juni 2006, Chen masuk kedalam daftar “50 Pebisnis Terpenting Saat Ini” oleh Business 2.0.

    Dari hasil penjualan YouTube kepada Google, Chen mendapatkan sekitar 625.366 saham milik Google dengan tambahan sekitar 68.721 lembar yang merupakan bagian dari kesepakatan. Chen menerima 485 juta USD dari saham Google yang ia terima.

    Setelah menjual YouTube, Chen dan Hurley membangun AVOS Systems dan kemudian mengakuisisi Delicious yang merupakan bagian dari perusahaan Yahoo! Inc.

    Pada tanggal 15 Mei 2011, Chen masuk kedalam daftar 15 Asian Scientists To Watch yang disusun oleh Asian Scientist Magazine.

    Jawed Karim

    Jawed Karim lahir pada tahun 1979 di Jerman Timur. Setahun setalah lahir, ia pindah ke Jerman Barat. Ayah Karim, Naimul Karim adalah seorang peneliti di 3M. sedangkan Ibunya, Christine Karim adalah ilmuwan Jerman dan juga seorang Profesor pembentu riset biokimia di Universitas Minnesota.

    Ketika bekerja pada perusahaan PayPal, Karim banyak merancang komponen inti dari PayPal seperti sistem anti penipuan. Karim juga merupakan seorang pengusaha Internet Jerman Amerika.

    Pada tahun 1992, Karim lulus dari sekolah Central High School di Minnesota. Lalu meneruskan kuliah di Universitas Illinois. Sebelum lulus dari universitas tersebut, Karim memilih untuk keluar kuliah agar dapat menjadi salah satu karyawan pertama PayPal. Namun Karim tetap melanjutkan studinya hingga lulus pada tahun 2004 dan mendapatkan gelar ‘Bachelor of Science’ dari jurusan Ilmu komputer.

    Karim melanjutkan studi Ilmu komputer S2 nya di Universitas Stanford setelah mendirikan YouTube pada tahun 2005 bersama Hurley dan Chen. Ia yang berjasa mengembangkan konsep dan situs YouTube. Ia juga menjabat sebagai penasehat di YouTube.

    Dari hasil penjualan YouTube kepada Google, Karim mendapatkan saham sebanyak 137.443 lembar yang senilai dengan harga sekitar 64 juta USD. Saat ini, nilai saham yang dipegang Karim ditaksir mencapai 1 Miliar USD.

    Chad Hurley

    Chad Hurley memiliki nama lengkap Chad Meredith Hurley. Chad lahir pada tanggal 21 Juli 1977. Chad merupakan putra dari pasangan Don dan Joann Hurley. Chad tumbuh di Birdsboro, Pennsylvania. Chad memiliki seorang kakak bernama Heather dan seorang adik yang bernama Brent.

    Chad kecil memiliki ketertarikan terhadap seni.Namun ketika Chad memasuki SMA, Chad kemudian memiliki ketertarikan dengan komputer dan media elektronik. Pada masa SMA nya, tepatnya tahun 1992 dan 1994, Chad berhasil mendapatkan gelar PIAA State.

    Chad merupakan wakil dari Twin Valley High School dalam program lari lintas alam. Chad juga sempat menjadi anggota Technology Student Association.

    Pada tahun 1995 Chad lulus dari Twin Valley High School. Lalu pada tahun 1999 Chad mendapatkan gelar B.A. dalam bidang seni murni yand didapat dari Universitas Indiana.

    Chad pernah bekerja diperusahaan PayPal, tempat dimana Chad bertemu dengan Chen dan Karim. Diperusahaan tersebut, Chad bekerja di divisi PayPal untuk eBay. Chad bertugas untuk merancang logo asli PayPal.

    Chad merupakan salah satu dari 3 pendiri YouTube dan merupakan CEO diperusahaan tersebut. Dari penjualan YouTube kepada Google ditahun 2006, Chad menerima 694.087 lembar saham Google dengan tambahan 41.232 lembar yang bernilai 345.6 juta USD.

    Misi YouTube

    YouTube memiliki misi untuk memberikan suara kepada seluruh orang dan untuk menunjukkan dunia. YouTube percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk bersuara. Dan dunia akan menjadi lebih baik ketika kita dengarkan, bagikan, dan ketika kita membangun komunitas.

    Kebebasan Dalam Misi YouTube

    YouTube memiliki penilaian yang didasarkan kepada 4 jenis kebebasan yang akan menentukan siapa diri kita sebenarnya.

    1.      Kebebasan Berekspresi

    YouTube percaya bahwa kita seharusnya dapat berbicara dengan bebas, berbagi opini dengan bebas, mengembangkan dialog terbuka, dan kebebasan berkreasi yang akan membawa suara baru, formasi yang baru, dan kemungkinan lainnya.

    1.      Kebebasan Informasi

    YouTube percaya bahwa kita seharusnya dapat dengan mudah mengakses informasi. Dengan menampilkan konten video yang mengedukasi, membangun pemahaman dan mendokumentasikan acara-acara yang di selenggarakan di berbagai belahan dunia, baik acara-acara kecil maupun acara-acara besar.

    1.      Kebebasan Dalam Menemukan Peluang

    YouTube percaya bahwa kita seharusnya bisa mendapatkan kesempatan untuk  menemukan, membangun bisnis dan mampu menjadi sukses dengan cara kita sendiri. Dan kita juga dapat memilih apa yang sedang populer di YouTube.

    1.      Kebebasan Dalam Memiliki

    YouTube percaya bahwa kita seharusnya dapat menemukan komunitas kita sendiri untuk mendapatkan dukungan, menghancurkan semua rintangan, melampaui batasan, dan bersama saling berbagi ketertarikan dan impian.

    Jenis Layanan YouTube

    YouTube semakin mengembangkan layanannya untuk memperluas jangkauan target pasar. Layanan-layanan tersebut difokuskan untuk beberapa kategori konsumen kedalam bentuk aplikasi untuk mobile. Misalnya konsumen yang memiliki ketertarikan dengan game, atau anak-anak yang juga ingin merasakan menonton acara favorit melalui situs YouTube.

    Beberapa jenis layanan YouTube :

    1.      YouTube

    YouTube merupakan mesin pencari berbasis video. Didalam YouTube, terdapat banyak sekali konten video dengan kategori yang beragam. Dari mulai konten video yang disuguhkan untuk penonton anak-anak hingga dewasa.

    Melalui YouTube, siapapun dapat berbagi video, menonton video, mengomentari, hingga memberi rating untuk konten video tersebut. Dan melalui YouTube pula pengguna internet dapat mendapatkan informasi dengan sangat mudah karena informasi tersebut disampaikan dengan format video yang tentunya dapat lebih mudah untuk mencerna informasi yang disampaikan.

    Manfaat dan Fitur YouTube

    Fitur menarik yang ditawarkanYouTube :

    • Gunakan fasilitas editor dari YouTube untuk membuat film dengan iringan musik dan fitur lainnya.
    • Dapat mencacri arsip untuk klip favorit.
    • Dapat membuat akun YouTube untuk membagikan video kebersamaan dengan keluarga maupun teman.
    • Dapat memberikan komentar dan rating terhadap film yang sudah ditonton.
    • Dapat menggunakan fitur untuk menonton dengan layar penuh pada PC.
    • Dapat memanfaatkan caption YouTube dan fasilitas subtitle, dan ambil keuntungan dari fitur 3D dan kapabilitas kualitas tinggi (High Definition).

    1.      YouTube Red

    YouTube Red merupakan situs versi berbayar dari layanan YouTube. YouTube Red akan memberikan pengalaman menonton video dan mendengarkan musik dengan lebih baik.

    Jika ingin berlangganan YouTube Red, maka akan dikenakan biaya $9.99 perbulan. Namun YouTube Red baru hadir dibeberapa negara tertentu.

    Fitur menarik yang ditawarkanYouTube Red :

    • Konten bebas Ads, dapat menonton video tanpa adanya gangguan iklan.
    • YouTube Red Originals, dapat menonton serial dan film original dari para pembuat konten ternama di YouTube. Tayangan tersebut dapat langsung disaksikan setelah dirilis tanpa perlu menambah biaya.
    • Pemutaran video dilatar belakang, dapat memutar video meskipun layar dalam keadaan nonaktif atau saat menggunakan aplikasi lain.
    • Gratis langganan Google Play Musik, jika sebelumnya telah berlangganan Google Play Musik, maka akan memiliki akses untuk masuk ke YouTube Red. Dan perlu dipastikan bahwa akun yang digunakan untuk Google Play dan YouTube Red merupakan akun Google yang sama.
    • Simpan Offline, dapat menyimpan video untuk ditonton secara offline. Fitur ini juga tersedia untuk YouTube.

    YouTube Red ini baru tersedia dibeberapa bagian negara seperti Amerika Serikat, Australia, Meksiko, Selandia Baru, dan Republik Korea. Untuk saat ini, Indonesia masih belum dapat menikmati layanan YouTube Red.

    1.      YouTube TV

    Ketika menonton TV, setiap orang akan memilih program tayangan yang berbeda-beda, seperti drama, olah raga, sitkom, berita dan tayangan lainnya. Namun dengan pilihan program yang berbeda ini, terkadang akan membuat sebagian penonton TV tidak dapat menikmati tontonan favoritnya.

    Maka untuk mengatasi ini, YouTube meluncurkan YouTube TV. YouTube menyatakan bahwa, “Live TV didesain untuk generasi YouTube, yaitu mereka yang ingin menonton apapun yang ingin mereka tonton, kapanpun mereka ingin menonton, bagaimana mereka menonton, tanpa ada halangan apapun”.

    Fitur menarik yang ditawarkan YouTube TV :

    • Penyimpanan udara DVR tanpa batas, dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menambahkan acara apapun kedalam daftar favorit, dan acara-acara tersebut akan tersimpan secara otomatis. Penyimpanan udara DVR ini dapat merekam sebanyak apapun acara yang diinginkan tanpa menggunakan data dan space dari mobile pengguna.
    • Tersedia untuk segala jenis layar perangkat, YouTube TV dapat bekerja dengan baik diseluruh layar mobile Android maupun iOS. Ini artinya, pengguna dapat menonton TV melalui mobile, tablet, atau komputer.

    1.      YouTube Gaming

    Layanan YouTube Gaming merupakan layanan yang secara khusus menampilkan konten yang bersangkutan dengan game, dengan penekanan pada fitur ‘Live Stream’.

    Seorang pakar menyebutkan bahwa YouTube meluncurkan layanan ini untuk bersaing dengan Twitch milik Amazon, dimana para gamer dapat menyiarkan konten secara kangsung.

    Fitur menarik yang ditawarkan YouTube Gaming :

    • Live Stream, fitur ini merupakan fitur yang paling diandalkan oleh para kreator dan gamer. Melalui fitur ini, penonton dapat menonton permainan dari gamer secara real-time, dan dapat melakukan chatting yang terhubung dengan seluruh gamer dunia.
    • Personalisasi, user interface yang disuguhkan YouTube Gaming memudahkan pengguna untuk mencari dan menemukan konten game berdasarkan pengembang saluran.
    • Komunitas, YouTube Gaming telah menampilkan event besar seperti Gamescom, PAX, dan E3.

    1.      YouTube Music

    YouTube Music merupakan salah satu layanan YouTube yang memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati musik tanpa gangguan apapun.

    Fitur menarik yang ditawarkan YouTube Music :

    • Tanpa iklan. Hanya musik, pengguna layanan ini dapat tetap menikmati musik dan video dari YouTube tanpa adanya gangguan. Berlaku untuk semua perangkat, mobile, desktop, atau TV.
    • mendengarkan secara offline, jika pengguna tidak memiliki data, tidak masalah. Dengan YouTube Red, pengguna tetap dapat menikmati layanan musik dari YouTube Music.
    • meninggalkan aplikasi bukan berarti menutup musik, Pengguna dapat memutar musik bahkan ketika layar dalam keadaan nonaktif ataupun ketika sedang membuka aplikasi lain.

    1.      YouTube Kids

    YouTube Kids merupakan layanan yang diperuntukkan untuk penonton yang masih anak-anak. Layanan ini diciptakan agar para orangtua dapat lebih menjaga tontonan yang dikonsumsi oleh anak-anak mereka. Dengan layanan ini, orangtua dapat mengatur jenis tontonan untuk anak.

    Layanan ini berguna agar anak-anak terhindar dari konten video yang tidak seharusnya ditonton ketika sedang berada diluar pengawasan orangtua.

    YouTube Play Button

    YouTube Play Button merupakan sebuah penghargaan yang diberikan pihak YouTube kepada pemilik akun YouTube yang telah sukses berkarya dan memiliki penonton tetap yang jumlahnya sudah mencapai jumlah penonton yang telah ditentukan YouTube untuk kategori penghargaan. Play Button tersebut berupa plakat yang memiliki empat jenis untuk empat kategori penghargaan.

    Jenis-jenis Play Button

    1.      Silver Play Button

    Silver Play Button merupakan penghargaan yang diberikan YouTube kepada pemilik saluran YouTube yang telah memiliki 100.000 penonton yang telah berlangganan saluran tersebut.

    1.      Golden Play Button

    Golden Play Button merupakan penghargaan yang diberikan YouTube kepada pemilik saluran YouTube yang telah memiliki 1 juta penonton yang telah berlangganan saluran tersebut.

    1.      Diamond Play Button

    Diamond Play Button merupakan penghargaan yang diberikan YouTube kepada pemilik saluran YouTube yang telah memiliki 10 juta penonton yang telah berlangganan saluran tersebut.

    1.      Ruby Play Button

    Ruby Play Button merupakan penghargaan yang diberikan YouTube kepada pemilik saluran YouTube yang telah memiliki 50 juta penonton yang telah berlangganan saluran tersebut.

    Penghargaan ini merupakan yang tertinggi dari YouTube. Dan pemilik saluran YouTube pertama yang mendapatkan penghargaan ini adalah seorang gamer yang sudah sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar, yaitu PewDiePie.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You cannot copy content of this page