https://www.jkietee.com – Bantu Petani Start up ini Buat Aplikasi Tani , Walau negara kita yaitu negara agraris, bukanlah bermakna lalu kesejahteraan petaninya telah terjamin.
Alih-alih sejahtera, beberapa petani di negeri khatulistiwa ini ada banyak hadapi masalah serta persoalan yang bikin kehidupannya masihlah jauh dari kata makmur. Lantaran latar belakang berikut lalu Michael Jovan (Jovan), mahasiswa Business Information Sistem BINUS International berbarengan beberapa rekannya membuat #startup TaniHub.
Apakah itu TaniHub? TaniHub sendiri yaitu startup #ecommerce yang nanti dapat digunakan oleh beberapa petani Indonesia untuk dapat jual hasil panennya segera ke customer. Dari sini jadi beberapa petani dapat mengambil keuntungan lebih tidak kecil lantaran terlepas dari tengkulak. Lantas bagaimana cerita Jovan bangun startup TaniHub ini? Tersebut penjelasannya.

Jenis Usaha TaniHub

Seperti diterangkan terlebih dulu kalau TaniHub adalah usaha ecommerce yang fokus pada product atau hasil petani. Dari sini jadi jenis usaha TaniHub yaitu menjualkan hasil pertanian beberapa petani untuk distribusikan atau di pasarkan segera ke customer yang pesan melalui #aplikasi. Tetapi untuk memakai service dari TaniHub ini beberapa petani diwajibkan berhimpun atau mendaftarkan dianya pada manajeman TaniHub.
Sesudah tercatat jadi hasil panennya nanti bakal dibantu di jual segera ke customer tanpa ada lewat tengkulak. Konsumen sendiri nanti akan tiba dari orang-orang yang tengah memerlukan hasil pertanian yang pesan melalui aplikasi TaniHub. Product pertanian yang ada di TaniHub sendiri begitu bermacam dari beras, sayuran, buah sampai product peternakan seperti telur.
 

Profil Petani yang Jual Produknya Melalui Tanihub

Bantu Petani Start up ini Buat Aplikasi Tani Untuk kelompok petani yang dapat berhimpun dengan TaniHub, Jovan tidak membatasi petani spesifik saja. Jadi semuanya petani dari petani padi, hortikultura sampai peternak seperti ayam serta telur, semuanya dapat ditampung di TaniHub.

Namun menurut pria kelahiran Bandung 1 November 1993 ini tiap-tiap petani yang bakal berhimpun ke TaniHub mesti penuhi kriteria standard kwalitas serta kontinuitas atau ketersediaan senantiasa komoditasnya. Untuk tehnis pemilihan kwalitas komoditi sendiri Jovan menggandeng hubungan kerja dengan tim pakar dari IPB, yang mengatasi hal semacam ini dari mulai hulu sampai pasca panen.
Seperti dijelaskan terlebih dulu kalau dengan TaniHub jadi petani bakal dapat jual komoditi pertaniannya segera ke customer tanpa ada mesti lewat penghubung (tengkulak). Tetapi dari sini nampak pertanyaan seberapa tidak kecil margin keuntungan yang dapat didapat petani dari jual melalui TaniHub ini? Menurut Jovan, pihaknya sendiri beli 10 persen diatas harga jual yang mereka ke tengkulak.
Selanjutnya Jovan menerangkan kalau inti sesungguhnya dari hal semacam ini tidaklah seberapa tidak kecil keuntungan yang didapat oleh petani tetapi bagaimana beberapa petani dapat rasakan jual komoditinya serta terkait segera dengan customer. Lantaran sampai kini menurut Jovan beberapa petani tak demikian memahami customer, hasrat serta harapan konsumennya.
Jadi dengan jenis usaha yang di tawarkan TaniHub jadi beberapa petani dapat rasakan pengalaman baru, tahu customer serta tentunya memperoleh keuntungan yang tambah baik lagi.

TaniHub Ada Jaminan uang Kembali

Transaksi yang berjalan di TaniHub sendiri semuanya dikerjakan lewat aplikasi. Jadi sesudah login, customer yang menginginkan beli komoditi mesti memasukkan data berbentuk nomer telephone serta alamat pengiriman. Lalu kemudian konsumen tinggal pilih item. Dalam tiap-tiap transaksinya sendiri TaniHub tak membebankan biaya kirim serta system pembayaran transfer bank.
Sayangnya, hingga sekarang ini TaniHub masihlah cuma melayani penjualan di lokasi Jabodetabek saja. TaniHub sendiri juga masih tetap dalam step beta. Tetapi dengan penawaran jaminan duit kembali 100 % apabila barang tidaklah sampai ke tangan customer, jadi garansi ini mungkin saja bakal menarik beberapa orang untuk memakai serta memakai TaniHub untuk keperluan pangan setiap harinya.
 

Pencapaian Aplikasi TaniHub

Hingga tiga bln. beroperasi, TaniHub telah memliki 24 relasi petani yang berhimpun. Untuk capaian aplikasi yang sudah didownload sendiri telah meraih sekitaran 2. 000 unduhan. Penambahan unduhan aplikasi TaniHub sendiri berlangsung pada bln. April 2016 tempo hari waktu dianya ikuti pameran yang lalu booth-nya di dikunjungi Presiden Joko Widodo.
Sesudah Pak Presiden mensupport usaha ini, dari situlah unduhan aplikasinya bertambah segera 2 x lipat. Bicara transaksi sendiri, menurut Jovan nilainya masihlah termasuk masihlah tidak besar. Ini lumrah mengingat TaniHub masihlah baru beroperasi. Bantu Petani Start up ini Buat Aplikasi Tani
 
baca juga

  1. Perbedaan Strategi Pemasaran Dalam dan Luar Negeri
  2. Ide Usaha Membuat Toko Online Dengan Komunitas Wanita

 

Model Startegy Marketing Corporate Untuk Memasuki Pasar Internasional

Memasuki pasar internasional di era globalisasi merupakan salah satu strategi yang wajib dipikirkan oleh setiap perusahaan.
Perkembangan teknologi yang begitu pesat serta globalisasi bisnis telah melahirkan sebuah lingkungan persaingan baru dalam dunia usaha dimana perusahaan dituntut untuk berpikir secara global  agar mereka bisa menjadi pemimpin dalam suatu industri yang berkaitan dengan produk yang diciptakannya. Inilah mengapa model streategi baru dibutuhkan, yaitu strategi dan manajemen dalam memasuki pasar internasional.
Era globalisasi salah satunya mencetuskan globalisasi bisnis itu sendiri, dimana memberikan peluang kepada negara-negara yang dahulunya tertutup dari jangkauan perusahaan asing sekarang telah berubah dan membuka diri untuk membuka pasar mereka.
Terlebih lagi, dengan hadirnya teknologi internet membuat jalur komunikasi antara perusahaan dengan konsumen menjadi tidak terbatas. Sehingga teknologi tersebut membuka peluang lebar bagi perusahaan-perusahaan dalam melakukan operasi bisnis berskala internasional dengan sangat cepat dan efisien.

Apa yang Dimaksud Pemasaran Internasional?

Pemasaran internasional merupakan metode serta kegiatan pemasaran yang ditujukan lebih dari satu negara. Pada aplikasinya pemasaran internasional membutuhkan konsep, prinsip, serta manajemen untuk menyalurkan ide, konsep, jasa maupun barang oleh perusahaan kepada konsumen di pasar internasional. Pasar internasional sendiri bisa diartikan sebagai tempat untuk menjual dan membeli produk dari berbagai negara.
Ada beberapa alasan kenapa sebuah perusahaan harus menerapkan manajemen pemasaran internasional yaitu:

  1. Memperluas akses pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan daya saing.
  2. Menekan biaya bahan baku dan faktor produksi
  3. Melayani konsumen dengan jangkauan yang lebih luas
  4. Kemungkinan adanya kesempatan untuk berkembang lebih pesat dengan melakukan pemasaran ke luar negeri.
  5. Dapat mengurangi ketergantungan ekonomi dari dalam negeri.

Perusahaan yang menjalankan strategi pemasaran internasional antara lain adalah eksportir, importir,  dan perusahaan multinasional.

You May Also Like