Kebersihan lingkungan dimulai dengan setiap keinginan individu untuk menjadi bersih.” Kutipan tersebut benar adanya mengingat kebersihan saat ini menjadi isu yang cukup krusial dalam kehidupan.
Untuk bisa menjaga lingkungan yang lebih luas, masyarakat memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan terdekatnya dahulu.
Bayangkan apabila tinggal di sebuah rumah yang penuh dengan debu, sampah yang menumpuk serta lantai yang kotor? Sudah pasti perasaan tidak nyaman, kesal sampai rentan terhadap penyakit akan menghinggapi.
Untuk itu, kebersihan rumah menjadi hal penting yang harus dijaga.
Tapi seringkali kendala kesibukan, kelelahan dan kekurangan waktu membuat masyarakat sering tidak sempat membersihkan tempat tinggalnya. Apalagi bila tinggal di daerah perkotaan.

Startup Penyedia Jasa Kebersihan on Demand: Crazy Clean, GO-CLEAN, GoMaid dan TukangBersih

 
Beruntungnya, di era teknologi yang sudah sangat canggih ini, masyarakat sudah sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia.
Bukan hanya sekedar food delivery, transportasi bahkan untuk urusan bersih-bersih rumah pun kini tersedia via online. Nah, bicara tentang penyedia jasa bersih-bersih on demand, sudah bermunculan startup yang bergerak dalam bidang tersebut. Sebut saja Crazy Clean, GO-CLEAN, GoMaid dan Beres. Lalu, apa yang menjadi diferensiasi masing-masing startup tersebut? Simak ulasannya berikut.
 

Crazy Clean

Startup yang berdiri sejak 1 Januari 2015 silam ini menawarkan berbagai jenis layanan bersih-bersih baik perumahan maupun perusahaan. Aplikasi Crazy Clean ini dapat diunduh di PlayStore untuk ponsel pintar dengan sistem operasi Android. Crazy Clean ini disebut-sebut sebagai pionir jasa layanan bersih-bersih online di Indonesia.
Layanan utama Crazy Clean adalah cleaning service dan laundry online. Layanan cleaning service terdiri atas House Keeping, General Cleaning, Outsourcing dan Gardener.
Gardener adalah jasa layanan kebersihan kebun dan taman. Layanan ini ditujukan bagi orang yang memiliki taman yang luas. Sedangkan outsourcing adalah layanan cleaning service untuk skala menengah dan besar, dan House Keeping adalah jasa kebersihan untuk skala perumahannya. General Cleaning ditujukan untuk kebutuhan kebersihan yang lebih umum, seperti tempat ibadah atau perkantoran.
Crazy Clean menyediakan layanan antar jemput dan drop off di outlet terdekat untuk jasa laundry. Startup ini juga menawarkan kemitraan bagi pemilik usaha jasa laundry maupun cleaning service. Dengan kemitraan ini, mitra bisnis Crazy Clean bisa memanfaatkan jaringannya untuk mendapatkan order.

GO-CLEAN

Layanan jasa bersih-bersih lainnya adalah GO-CLEAN. GO-CLEAN sendiri merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh GO-JEK yang hadir sejak tahun 2015. Layanan ini tersedia dalam platform mobile baik untuk sistem operasi Android maupun iOS. Aplikasi ini tak hanya untuk hunian pribadi saja namun juga bisa untuk kantor maupun tempat usaha lainnya.
Paket yang disediakan beragam, mulai dari menyapu, mengepel sampai dengan membersihkan kamar mandi.Untuk menggunakan jasa GO-CLEAN, pelanggan akan dikenakan tariff sebesar Rp40.000 per jam. Untuk bisa menggunakan jasa ini, pelanggan harus menentukan jenis hunian, jumlah ruangan serta layanan kebersihan yang ingin dibersihkan.
Nantinya, aplikasi ini yang akan menentukan sendiri estimasi waktu pengerjaan kebersihan ini. Aplikasi ini juga tak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di Jabodetabek saja. Namun, GO-CLEAN sudah tersedia di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Surabaya, Bali, Medan dan Semarang.
Fitur lainnya adalah pengguna dapat memesan layanan kebersihan ini selama 24 jam. Pelanggan juga dimudahkan karena terdapat fitur pemesanan untuk keesokan harinya atau bahkan pengguna dapat menjadwalkan layanan kebersihan ini sesuai dengan hari dan jam yang diinginkan.

GoMaid

Startup ini didirikan oleh Jessica Neviana Giovanni pada Oktober 2015 silam. Awal mula berdirinya startup ini karena keprihatinannya sendiri bahwa kesibukan sebagai ibu bekerja seringkali membuat tak sempat untuk menyelesaikan urusan rumah tangga. Akhirnya ia mendirikan startup ini bersama dengan rekan-rekannya. Visi GoMaid ini selain menyediakan solusi bagi konsumen, juga ingin meningkatkan taraf hidup para asisten rumah tangga.
Berbeda dengan startup yang sejenis, GoMaid ini lebih fokus kepada penyediaan jasa maid atau asisten rumah tangga. Selain itu, dengan GoMaid menyediakan layanan dengan peralatan dan perlengkapan kebersihan atau tanpa peralatan yang artinya disediakan oleh pemesan atau pengguna jasa GoMaid. Untuk layanan menggunakan peralatan kebersihan hanya tersedia di daerah tertentu saja.
GoMaid ini menerapkan sistem per paket atau shift selama dua jam dengan tarif Rp50.000 per paket. Sebagai sumber monetisasi startup ini, GoMaid menarik GoMaid menarik komisi 20 persen per transaksi dari para asisten rumah tangga yang bergabung sebagai mitra GoMaid. Untuk pemesanan layanan GoMaid ini pengguna bisa lewat aplikasi android Google Playstore – GoMaid, atau AppStore untuk iOS serta bisa langsung kunjungi halaman website GoMaid.
 
baca juga
Pengembang Aplikasi Mobile Games Lokal: Touchten Games dan Agate Studio
900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri
 

TukangBersih

Startup ini melayani jasa pembersihan rumah, apartemen, kantor hingga bangunan komersial seperti restoran dan toko. Layanan dari TukangBersih ini cukup unik dibandingkan kompetitornya. Tak hanya menyediakan jasa cleaning service, TukangBersih juga menyediakan layanan housekeeping dengan standar hotel. Untuk pemesanan jasa layanan ini, pengguna dapat melakukan pemesanan atau penjadwalan pesanan melalui website TukangBersih.
Keunikan TukangBersih dibandingkan layanan lainnya adalah sistem perhitungan tarifnya. TukangBersih menawarkan sistem paket yang dihitung berdasarkan luas bangunan dan lama pengerjaan. Tarif yang dipatok berkisar mulai dari Rp1.290.000 hingga Rp6,3 juta per paketnya.
Adapun setiap paket yang ditawarkan ini setara dengan 12 kali atau 24 kali pengerjaan dengan durasi pengerjaan 1,5 jam untuk paket termurah, hingga 3,5 jam untuk paket yang paling mahal. Namun, pengguna juga bisa memilih layanan tunggal atau hanya sekali pengerjaan dengan tarif Rp149.000 untuk pengerjaan selama 1,5 jam.

You May Also Like