Edmodo adalah perusahaan rintisan atau startup bergerak di bidang teknologi pendidikan yang menawarkan platform komunikasi, kolaborasi, dan pelatihan untuk sekolah dan guru K-12.

Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua.

Edmodo, Tawarkan Teknologi Kekinian untuk Sekolah dan Guru

Edmodo sangat fokus mengarahkan guru dalam hal desain dan filosofi mereka,  siswa dan orang tua hanya dapat bergabung dengan Edmodo jika diundang oleh guru.

Guru dan siswa menghabiskan banyak waktu di peron, baik di dalam maupun di luar kelas.

Sejarah

Edmodo didirikan oleh Nic Borg, Jeff O’Hara, dan Crystal Hutter pada tahun 2008.

Startup ini didukung oleh Index Ventures, Benchmark, Greylock Partners, Learn Capital, Associate Enterprise Baru, Union Square Ventures, Glynn Capital Management, Tenaya Capital, SingTel Innov8, dan KDDI.

Pada Juli 2019 Edmodo mengklaim memiliki lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Sekitar setengah dari pengguna Edmodo berada di Amerika Serikat, dan sisanya berada di 180 negara di seluruh dunia.

Konsentrasi pengguna yang cukup  signifikan juga ada di Singapura, Indonesia, Uruguay dan Italia.

Sekitar 10% dari pengguna ini adalah guru, sebuah ilustrasi tentang seberapa populer Edmodo di ruang kelas.

Pada tahun 2013, Edmodo dimasukkan dalam daftar “Aplikasi Terbaik untuk Guru” oleh PC Magazine.

Pada tahun yang sama, Edmodo mengakuisisi startup, Root-1, dalam upaya untuk menjadi app store untuk pendidikan. Vibhu Mittal, Co-founder dan CEO Root-1, menjadi CEO Edmodo pada tahun 2014.

Meluncurkan Edmodo Snapshot

Pada tahun 2014, Edmodo meluncurkan Snapshot – seperangkat alat penilaian untuk mengukur kemajuan siswa pada standar pendidikan. [

Edtech digest dianugerahi Edmodo Snapshot, Cool Tool Award untuk Solusi Penilaian Terbaik.

Perusahaan ini telah bermitra dengan dua penerbit besar di Inggris, Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk menyediakan akses ke konten pendidikan di Platform Edmodo dan membawa Edmodo Snapshot ke Inggris.

Pada bulan Maret 2015, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu dari “32 Alat Pendidikan Online Paling Inovatif”.

Pada Januari 2017, Edmodo meluncurkan kursus pengembangan profesional (PD) untuk guru di negara bagian New York bersama dengan NYPTI.

Baik komponen kelas video yang sinkron maupun komponen diskusi berbasis teks yang tidak sinkron dan telah digunakan oleh ribuan guru.

Pada bulan Juni 2017, Frost dan Sullivan mengumumkan bahwa Edmodo telah memenangkan Penghargaan Nilai Kepemimpinan Pelanggan.

Pada 17 Mei 2017, Edmodo mengirim email yang memberi tahu pengguna bahwa mereka memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Hal ini akibat dari  peretasan utama informasi pengguna.

Sekitar 77 juta data pengguna dilanggar: ini termasuk nama pengguna, kata sandi dan alamat email (dalam subset kasus, karena tidak semua pengguna memerlukan alamat email untuk mendaftar).

Karena kata sandi di-hash dan dienkripsi menggunakan algoritma bcrypt upaya untuk mendekripsi semua kata sandi akan sangat besar.

Tidak ada laporan tentang data sekolah yang terpengaruh, atau identitas apa pun yang dikompromikan, menurut audit eksternal yang ditugaskan oleh perusahaan.

baca juga

Merilis Ask Mo

Pada Juni 2017, Edmodo mengumumkan Ask Mo, mesin pencari video pendidikan, sebagai ilustrasi manfaat pembelajaran mesin pada kumpulan data pendidikan.

Pencarian didasarkan pada video yang telah dibagikan oleh guru dalam konteks diskusi pendidikan dan dapat difilter berdasarkan tingkat subjek dan kelas.

Pada 8 April 2018, Edmodo mengumumkan bahwa ia sedang diakuisisi oleh NetDragon untuk $ 137,5 juta dalam bentuk tunai dan saham.

You May Also Like