Didirikan pada Mei 2013 dan berbasis di San Francisco, California, Asseta adalah tempat terbaik bagi perusahaan untuk membeli suku cadang semikonduktor dari pemasok di seluruh dunia secara cepat dan aman.

Apakah itu perakitan digunakan ruang, power supply diperbaharui, atau O-ring baru di pabrik yang dapat membantu Anda menemukan bagian yang Anda butuhkan, dengan syarat Anda membutuhkannya. Hebatnya lagi, semua harganya kurang dari  50-60% harga pasaran.

Asseta, Cara Efektif Membeli Suku Cadang dan Peralatan Bekas

Seperti banyak bisnis tradisional, kebanyakan perusahaan akan membeli suku cadang melalui perusahaan tertentu sebagai perantara. Asseta mengambil peluang ini di mana belum begitu banyak pesaing yang menyediakan jasa serupa.

Saat ini, ada ratusan broker peralatan bekas yang mempekerjakan orang-orang penjualan untuk mengelola penjualan barang-barang ini.

Seringkali tanpa memberi tahu pembeli dari mana peralatan itu berasal, siapa penjualnya, dan harga yang mendasari barang tersebut.

Sang Pendiri Adalah Eks Staf Penjualan

Pendiri Asseta tahu bagaimana ini bekerja, tentu saja, karena tiga dari empat bekerja untuk salah satu broker terbesar dalam bisnis – sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas 1,6 persen dari $ 6 miliar (pada 2010) pasar dalam penjualan peralatan semikonduktor bekas.

CEO Anton Brevde menjelaskan, tidak ada peristiwa khusus yang mendorongnya dan para pendiri lainnya, termasuk mantan rekan kerjanya, Jonathan Pease dan Garrett Beck, atau CTO Danial Afzal, untuk meninggalkan pekerjaan mereka saat ini dan membangun Asseta.

“Saya hanya melihat berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan [kami sebelumnya], dan betapa tidak efisiennya proses dan perusahaan yang dijalankan – itu hanya tidak masuk akal,” kata Brevde.

“Kami menyadari ada peluang yang lebih besar di sini … kami semua masih muda, dan memahami potensi teknologi. Kami memutuskan kami bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik. “

Situs web Asseta hari ini dipenuhi dengan barang-barang yang tidak akan diketahui banyak orang, tetapi situs ini sangat bermanfaat.

Dengan tampilan dan nuansa gambar yang berat (hampir seperti Pinterest), dan navigasi berdasarkan kategori seperti yang akan ditemukan di situs web marketplace atau toko e-commerce umumnya.

Masih Banyak Hal yang Harus Dibenahi

Namun, meskipun tampak seperti “eBay” Brevde mengatakan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk membuat pasar seperti Asseta bekerja untuk perusahaan.

eBay sejauh ini gagal memenuhi kebutuhan perusahaan, pada kenyataannya, eBay masih kurang fokus dan ramah terhadap konsumen.

Itu sebabnya, selain memungkinkan komunikasi antara pembeli dan penjual, perusahaan Asseta berupaya menambahkan komponen lain ke situs seperti persetujuan, kontrak, dan akhirnya pembayaran.

Untuk menggunakan situs Asseta, calon pembeli peralatan dapat mencari 10.000 daftar langsung dari pelanggan Asseta. Pelanggan mencakup orang-orang tertentu atau beberapa kemitraan awal yang dibentuk perusahaan melalui hubungan industri sebelumnya.

Info produk (mis., Merek, model, tahun) disediakan pada setiap item, termasuk, yang paling penting, harga.

Ketika pembeli siap untuk membeli, mereka hanya menghubungi penjual melalui sistem dan kemudian Asseta terlibat untuk membantu memfasilitasi penjualan, menangani pembayaran, pengiriman dan pemenuhan.

Komisi biasanya 5 hingga 10 persen, lebih rendah dari standar rata-rata 50 persen di industri.

baca juga

900 Pebisnis Start Up dalam Dan Luar negri

Pembeli juga dapat mendaftar untuk pemberitahuan untuk peralatan yang mereka inginkan jika Asseta belum memilikinya.

Sementara itu, penjual dapat mengunggah daftar secara individual atau mengimpor spreadsheet.

Asseta juga bersedia menangani “pekerjaan kasar” atau datang langsung ke lokasi dan mengambil foto.

Peralatan yang dijual di Asseta berkisar antara beberapa ribu dolar hingga beberapa juta.

Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar merupakan peralatan semikonduktor saat ini.

Tetapi perusahaan ini sekarang mulai membuat daftar peralatan lain dalam perakitan papan sirkuit cetak, optik, LED, dan papan tenaga surya, yang masing-masing merupakan jenis barang yang tidak tersedia di pasaran umum.

You May Also Like