Salah satu bisnis kekinian yang sedang booming di beberapa kota besar di Indonesia adalah susu murni ala Korea, Moo Moo Korean Milk. Sedang boomingnya minuman susu, ditambah serangan K-Pop yang merajalela menjadikan hal-hal berbau Korea menjadi sangat laku di Indonesia.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang bisnis susu yang sedang booming ini? Simak ulasan di bawah ini, yah.

 

Sekilas Bisnis Franchise  Moo Moo Korean Milk

 

Chandra Junaidi, seorang wirausahawan asal Jakarta sejak tahun 2014 sudah melihat adanya peluang membuka usaha susu. Apalagi, saat itu sedang demam hal-hal berbau Korea. Tentunya, bisnis susu ala Korea akan menjadi salah satu peluang bisnis yang menarik.

 

 

Akhirnya, pada tahun tersebut, dengan menyiapkan modal sebesar Rp 200 juta, Chandra menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk mendirikan usaha Moo Moo Korean Milk ini.

Chandra tidak langsung memulai usahanya, melainkan melakukan eksperimen dan ujicoba terlebih dulu. Ujicoba tersebut tidak sebentar, Chandra membutuhkan waktu sekitar 6 bulan sebelum benar-benar mencoba membuka gerai pertamanya.

 

Chandra melihat prospek bisnisnya sangat baik ketika pertama dibuka. Banyaknya pelanggan yang jumlahnya terus bertambah setiap harinya membuat ia mulai menjadi lebih serius mengelola usahanya tersebut. Bukti keseriusannya dibuktikan dengan pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) untuk pembuatan susunya agar kualitasnya tetap terjaga.

 

Selanjutnya, ia juga mendaftarkan nama brand ke Ditjen HAKI. Untuk urusan produk, baik rasa, kualitas maupun keamanan, ia juga mendaftarkan produknya ke BPOM dan MUI untuk mendapatkan sertifikat kehalalan. Dari situ, usahanya menjadi lebih berkembang.

Ditambah lagi dengan peluang kemitraan yang dibuka Chandra, menjadikan Moo Moo Korean Milk semakin berkembang. Total, sudah ada 80 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia saat ini. Nah, beberapa waktu terakhir, puluhan mitra inilah yang berhasil juga membuat brand Moo Moo Milk menjadi begitu viral.

 

Saat ini, Moo Moo Milk sudah punya 8 varian rasa. Susu sehat satu ini sudah memiliki rasa orange splash, honeydwe, frozen white, choco magnum, avolcano, Moo-Moo Vanila, Strawberry-berry dan mexican Coffee. Karena banyaknya varian rasa dan unik-unik itulah, Moo Moo Milk menjadi salah satu pilihan terfavorit bagi para pecinta susu.

 

Tidak hanya itu, sebagai bentuk inovasi dari Chandra, sekarang Moo Moo Korean Milk juga sudah ada kemasan cup dan botol. Jadinya, bisa juga dititipkan di toko, supermarket bahkan warung terdekat. Semakin dekat dengan masyarakat, karena harga kemasan botol dan cup juga cukup terjangkau.

 

 

Prediksi Keuntungan Bisnis Franchise Moo-Moo Milk

 

Harga jual satu cup Moo-Moo Milk adalah mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Nah, dengan perkiraan Anda bisa menjual sekitar 100 cup dalam satu hari, selama satu bulan maka Anda sudah akan balik modal dalam waktu satu bulan saja, loh.

 

 

 

Misalnya, Anda berjualan di depan rumah atau toko Anda yang sewa tempatnya kurang lebih sekitar Rp 500 ribu per bulan. Untuk harga satu cup Moo-Moo Milk kita hitung di tengah seharga Rp 8.000. Maka perhitungannya seperti ini:

 

  1. Pemasukan

 

– Penjualan 100 cup x 8.000 x 25 hari = Rp 20.000.000 per bulan. (Kita hitung selama satu bulan Anda hanya berjualan selama 25 hari)

 

  1. Pengeluaran

 

– Modal Bahan baku* Rp 2.900 per cup x 100×25 =  Rp 7.250.0000.

– Gula cair (disiapkan sendiri) Rp 200 per cupx 100 x25= Rp  Rp 500.000

– Sewa tempat = Rp 500.000

– Gaji pegawai = Rp 1.000.000

– Listrik, air dsb = Rp 250.000

 

(* bahan baku antara lain Cup, sedotan, tutup cup cembung dengan total Rp 800, di tambah topping Rp 250 dan bubuk susu Moo Milk adalah Rp 65.000 per Kg, sedangkan 1 Kg untuk 35 cup kurang lebih. Total bahan baku Rp 2.900 per cup.)

 

Total pengeluaran 1 bulan = Rp 10.000.000

 

  1. Laba bersih

– Rp 20.000.000 – Rp 10.000.000 =  Rp 10.000.000 per bulan.

 

Dengan demikian, apabila Anda menjual satu cup seharga Rp 8.000 saja, Anda sudah mendapatkan laba bersih Rp 10 juta per bulan. Berarti dalam waktu satu bulan, Anda sudah dapat balik modal.

 

Bagaimana dengan berjualan di sekolah, di SD sampai SMA. Tentu harganya juga musti lebih rendah, bukan? Kita anggap saja Rp 5.000 per cup. Nah, dengan harga tersebut, berapa lama Anda akan balik modal? Lihat perhitungannya di bawah ini.

 

Harga jual Rp 5.000

 

  1. Penjualan

 

100 cup per hari x 5000 x 25 = Rp 12.500.000 per bulan.

 

  1. Pengeluaran

 

– Bahan baku Rp 2.900 per cup x 100 x 25= Rp. 7.250.000

– Gula cair Rp 200 x 100 x 25 = Rp 500.000

– Sewa tempat = Rp 200.000 (di kantin sekolah)

– Karyawan = Rp 750.000 (hanya jam sekolah)

– Listrik, air dsb = Rp 250.000

 

Total pengeluaran = Rp 8.950.000

 

  1. Laba bersih Rp 12.500.000 – Rp 8.950.000 = Rp. 3.550.000

 

Dengan demikian, kemungkinan balik modal adalah sekitar 2 bulan. Namun, dengan pembeli di sekolahan, dan harga yang sangat terjangkau, kemungkinan Anda sudah bisa menjual lebih dari 100 cup perhari.

 

Cara Membuat Moo-Moo Korean Milk

 

Membuat Moo Moo Korean Milk yang Anda butuhkan adalah bubuk Moo Moo Korean Milk yang akan Anda dapatkan bila Anda membeli franchise atau waralaba.

Selanjutnya, Anda memerlukan es batu yang mengisi sekitar 90 persen gelas yang Anda siapkan. Lalu, siapkan air secukupnya, air gula secukupnya dan topping Moo Moo Korean Milk yakni Whip cream atau Choco dan sebagainya yang juga bisa Anda dapatkan dengan membeli paket franchise.

 

Cara membuatnya, pertama siapkan dulu es batu yang sudah dipecahkan, lalu masukkan ke dalam cup sampai terisi 90 persennya. Tambahkan air, lalu bubuk Moo Moo Korean Milk dan masukkan ke dalam blender.

Blend sampai tercampur semuanya dan es batu sudah benar-benar hancur, biasanya akan memakan waktu sekitar 10 menit. Tuangkan lagi ke dalam cup, lalu berikan topping Moo Moo Korean Milk di atasnya.

 

Nah, Moo Moo Korean Milk yang menyegarkan sudah siap disajikan, dalam waktu sekitar 10 menit saja. Jadinya, Anda bisa memberikan para pelanggan Moo Moo Milk yang diinginkannya dengan waktu yang cukup cepat.

 

Peluang Waralaba Moo Moo Korean Milk

 

Tertarik untuk berbisnis Moo Moo Milk juga? Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang waralaba yang dibuka oleh brand Moo Moo Korean Milk, loh.

 

Lebih menariknya, untuk mempersiapkan bisnis ini, mitra hanya memerlukan pegawai dan lokasi berjualan saja, loh. Tidak hanya itu, harga franchisnya juga sangat terjangkau mulai dari Rp 5 jutaan saja. Apabila Anda menjual di sekolah, maka Anda sudah akan mendapatkan balik modal tidak sampai dua bulan. Sedangkan bila Anda berjualan di pusat keramaian, peluang balik modal tidak sampai 1 bulan, loh.

 

 

 

Paket yang ditawarkan antara lain paket Booth yang dijual seharga Rp 7.300.000. Membeli paket ini, Anda sudah mendapatkan:

 

– Bubuk Moo Moo Korean Milk 8 Rasa, masing-masing rasa sebanyak 2 kg yang bisa untuk membuat 560 cup.

– 560 set cup (cup, tutup dan sedotan)

– Topping mulai dari Choco Chip, Cha Cha, Whip Ceam dan Spikel masing-masing sebanyak 1 kg

– Topi Moo Moo Korean Milk 1 buah

– Spanduk, X Banner dan tiang, Pompa galon, toples bubuk, toples topping, blender, wadah es batu, booth lengkap dengan sticker 1 set.

– Botol plastik 20 buah

 

Paket yang kedua adalah paket Minimalis yang dijual seharga Rp 6.200.000. Dengan membeli paket ini, Anda sudah mendapatkan:

 

– Bubuk Moo Moo Korean Milk 8 rasa (masing-masing 1 kg) cukup untuk 280 porsi cup.

– 280 set cup (cup, tutup dan sedotan)

– Topping mulai dari Choco Chip, Cha Cha, Whip Ceam dan Spikel masing-masing sebanyak 1 kg/1 kotak.

– – Topi Moo Moo Korean Milk 1 buah

– Spanduk, X Banner dan tiang, Pompa galon, blender, wadah es batu, booth lengkap dengan sticker 1 set.

– Toples bubuk ,sticker toples masing-masing 8 buah.

– Toples toping 3 buah

– brosur panduan 1 set.

 

Sedangkan paket tanpa booth dijual seharga Rp 5,9 juta. Dengan membeli paket ini, Anda sudah mendapatkan paket seperti yang ditawarkan pada paket Booth. Namun, Anda hanya tidak mendapatkan booth.

 

Paket terakhir adalah paket ekonomis. Paket ini juga mendapatkan satu paket seperti di paket tanpa booth, perbedaannya hanya pada Anda tidak mendapatkan blender. Paket ini dijual seharga Rp 5,6 juta.

 

baca juga

Franchise Shop and Drive

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Anda juga bisa mendapatkan harga sample seharga Rp 100.000 untuk mendapatkan 8 varian rasa Moo Moo Korean Milk, dengan cup, topping dan cara pembuatan.

 

Untuk menjadi mitra, Anda bisa menghubungi situs resmi Moo Moo Korean Milk atau lewat email moomookoreanmilk@gmail.com. Anda juga bisa menghubungi sejumlah media sosialnya untuk informasi lebih lengkap.

You May Also Like