https://www.indonesiacorporatereview.com– Tidak ada batasan dalam memulai sebuah bisnis. Bahkan, jika bisa memulainya dari awal, maka akan memberikan peluang dan keuntungan yang lebih besar.
Seperti yang dilakoni Rizki Adventus, owner dari Motion Sport Indonesia, sebuah bisnis fashion yang khusus membuat baju olahraga. Penasaran dengan kisahnya? Simak cerita singkat berikut ini.

Motion Sport Indonesia,  Jiwa Bisnis Sejak SMP

Laki-laki yang akrab disapa Rizki tersebut memulai bisnisnya sejak usia dini, yakni ketika di bangku SMP.
Bukan karena kondisi keuangan, melainkan karena ia dididik untuk bisa hidup mandiri oleh orang tuanya sehingga jiwa bisnisnya terpupuk lebih awal.
 
Ketika SMP, ia mulai dengan berjualan baju olahraga atau jersey. Ia memilih berjualan jersey karena hobi bermain basket.
Ia gencar memasarkan jersey secara online, mulai dari menginklankan via BBM, social media, hingga situs dengan forum jual beli.

Kendala dan Solusi Bisnis Motion Sport Indonesia

Selang beberapa waktu setelah memulai usahanya, Rizki membuat situs penjualannya sendiri.
Menurutnya, dengan adanya situs resmi pribadi untuk menjual jersey, maka orang akan tahu bahwa usahanya tersebut merupakan bisnis yang serius dan terpercaya.
Meski usahanya lancar, bukan berarti ia tidak pernah berhadapan dengan kendala. Beberapa masalah sempat mampir ke dalam jalan bisnisnya, mulai dari pengelolaan keuangan hingga munculnya pesaing bisnis yang menawarkan produk dengan harga lebih murah.
Karena sudah berjiwa bisnis , berbagai masalah tersebut tidak serta merta memadamkan semangatnya.
Ia tetap gencar memasarkan produk yang diberinya nama Motion Sport Indonesia, hingga produk tersebut dikenal lebih luas.

Motion Sport Indonesia , Langganan Praktisi Olahraga

Mulai dari atlet, sekolah, universitas, hingga klub olahraga, sudah menjadi langganan setia Motion Sport Indonesia.
Hal tersebut bisa terjadi karena Rizki tidak pandang bulu dalam memasarkan produk jersey olahraganya, sehingga puluhan hingga ratusan pesanan pun pernah dilayani Rizki.
Makanya, tidak hanya karena kualitas produk dan pengiklanan dengan gencar, dari kepuasan pelanggan yang menyebar dari mulut ke telinga inilah yang membuat Rizki berhasil meningkatkan penjualan.
 
 
Kini, bisnis yang sudah dirintis sejak hampir delapan tahun silan, telah perlahan menunjukkan hasilnya
 
Dengan harga mulai dari Rp 165.000 – Rp 265.000, ia bisa mendapatkan omzet bersih hingga 350 juta rupiah.
Omzet tersebut bisa dibilang musiman, karena pesanan yang membludak tersebut bisa meningkat ketika musim masuk sekolah atau adanya event olahraga tertentu.
baca juga
Chameo Couture , Bisnis Tas Rotan Sintetis Asli Lokal
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
Bahkan, selain Indonesia, ia juga telah berhasil mengekspor jersey ke beberapa negara di ataranya adalah Australia, Singapura, Jerman, dan Amerika Serikat melalui Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

You May Also Like