Mengenal KPA : Solusi Pembelian Apartemen Secara Kredit

https://www.undercover.co.id/ – Jika anda adalah WNI yang sedang mencari solusi tempat tinggal untuk keluarga anda, maka anda dapat mempertimbangkan untuk membeli apartemen saja daripada rumah. Sebab biasanya apartemen memiliki harga yang lebih rendah daripada rumah. Terlebih rumah rumah dekat pusat kota atau perkantoran yang mana biasanya harga tanahnya saja sudah mahal.

Namun, jika anda masih memiliki isu financial untuk membeli apartemen secara tunai, anda bisa membeli apartemen secara kredit menggunakan kredit pemilikan apartemen (KPA). Artikel ini akan membahas serba serbi KPA untuk anda mulai dari persyaratan hingga tips bagaimana pengajuan kredit KPA bisa disetujui.

Syarat Syarat Mengajukan KPA

Selain pemohon harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berikut ini beberapa persyaratan pengajuan permohonan kredit apartemen di beberapa Bank di Indonesia:

  1. Berusia lebih dari 18 tahun. Batas usia minimum bervariasi antar bank. Bank BTN menyaratkan batas usia minimum pemohon adalah 21 tahun sementara bank BCA membatasi usia minimum pemohon adalah 18 tahun;
  2. Total lama bekerja minimal 1 tahun (Bank BTN) 2 tahun (Bank BCA) baik sebagai karyawan maupun pengusaha;
  3. Pemohon wajib menutup asuransi jiwa dan asuransi kebakaran miliknya dengan syarat banker clause;
  4. Bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan);
  5. Penghitungan angsuran diperoleh dari total pendapatan kotor (bisa suami dan istri);
  6. Beberapa Bank menyaratkan usia maksimum pemohon saat masa kredit berakhir. Bank BCA misalnya tidak memperbolehkan kredit KPA untuk karyawan yang memiliki usia 55 tahun ketika masa kredit berakhir;
  7. Pembayaran angsuran dilakukan secara autodebet langsung dari rekening pemohon.

Untuk dokumen jaminan, masing masing Bank memiliki persyaratan sendiri sendiri. Untuk Kredit Pemilikan Apartemen di Bank BTN [i]dan Bank BCA[ii], anda bisa melihatnya di link yang penulis sematkan di akhir artikel.

Tips agar pengajuan KPA anda bisa disetujui

Menurut laman rumah.com[iii], berikut ini adalah tips tips yang dapat anda aplikasikan agar pengajuan kredit anda disetujui oleh pihak bank:

  1. Pastikan anda memiliki riwayat kredit yang baik kredit apapun itu;
  2. Pastikan anda tidak masuk ke dalam daftar hitam Bank Indonesia;
  3. Pihak Bank menyukai debitur yang memiliki tabungan dan rekening koran di Bank tersebut. Hal ini tentunya akan memudahkan pihak Bank untuk mengetahui riwayat kredit dan keuangan anda;
  4. Akan lebih baik jika anda menggunakan rekening anda di Bank tersebut secara aktif baik untuk menabung, menarik uang atau membeli sesuatu secara kredit;
  5. Ada baiknya jika anda menjadi nasabah yang mampu bekerja sama dengan baik dengan Bank anda;
  6. Pastikan pendapatan anda memiliki trend yang meningkat dari tahun ke tahun. Pihak Bank akan sangat menyukai nasabah yang memiliki riwayat pendapatan seperti ini karena itu artinya kemampuan mereka untuk melunasi tagihan kredit mereka akan semakin besar dari tahun ke tahun.

Hal hal yang harus anda perhatikan sebelum mengambil kredit pemilikan apartemen (KPA):

Di lansir dari Cermati.com sebagaimana yang dinukil dalam sebuah tulisan di kompas.com[iv], setidaknya ada 5 hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil kredit KPA. 5 Hal tersebut adalah:

  1. Perhatikan kondisi keuangan anda

Kondisi keuangan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum mengajukan kredit apapun termasuk kredit KPA. Karena untuk membeli apartemen secara kredit tetap saja anda membutuhkan  biaya seperti biaya DP (uang muka), biaya pembuatan akta atau balik nama dan biaya administrasi lain. Hal hal seperti ini tentu harus anda perhatikan.

  • Perhatikan jumlah penghasilan anda

Sebagaimana yang tertulis di bagian tips diatas, Bank akan menyukai nasabah yang memiliki riwayat pendapatan yang meningkat dari tahun ke tahun karena ada kemungkinan nasabah tersebut dapat membayar tagihan kreditnya di waktu yang tepat.

Anda harus memperhatikan kondisi keuangan anda apakah pendapatan anda meningkat dari tahun ke tahun atau cenderung stagnan.  Jika pendapatan anda stagnan, kemungkinan kredit anda akan disetujui memang relatif lebih kecil namun bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan kredit KPA.

  • Seberapa banyak hutang anda?

Pastikan total hutang anda terhadap keseluruhan pendapatan anda tidak lebih dari 30%.  Hal ini akan menunjukkan kepada Bank kalau anda adalah nasabah yang hati hati dalam berhutang sehingga kemungkinan besar di masa depan 30% dari pendapatan anda itu akan anda alokasikan untuk membayar tagihan kredit KPA yang anda miliki.

Apabila total hutang anda lebih besar dari 30% atau 40% (tergantung masing masing Bank), kemungkinan besar pengajuan kredit KPA anda akan ditolak.

  • Lihat nilai cicilan

Anda perlu menyesuaikan cicilan kredit anda dengan kondisi keuangan anda saat ini. Apabila  kondisi keuangan anda hanya memungkinkan anda untuk mengambil kredit dengan cicilan ringan, resikonya jangka pembayaran kredit anda akan semakin panjang begitupun sebaliknya.

Hal ini penting bagi anda untuk memastikan bahwa cicilan KPA yang harus anda bayarkan setiap bulannya tidak membebani kondisi keuangan anda di masa depan. Untuk memprediksi jumlah cicilan yang harus anda bayarkan di msa depan, banyak  pihak seperti pihak Bank dan laman laman property yang menyediakan simulasi kredit yang dapat anda coba.

  • Berapa usia ketika mengajukan KPA

Seperti yang disebutkan pada bagian prasyarat kredit diatas, umumnya Bank memberikan prasyarat usia minimum ketika mengajukan kredit dan perkiraan usia maksimum ketika masa kredit telah usai. Bank menyukai nasabah dengan usia usia produktif dank arena kredit KPA biasanya membutuhkan waktu dari 5 sampai 20 tahun, maka jika anda mengajukan kredit saat anda berusia 25 sampai 35 tahun pengajuan kredit anda akan lebih mudah diterima oleh pihak Bank.

baca juga

Selain hal hal tersebut diatas, anda juga harus melihat dan memahami suku bunga KPA terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil kredit ini. Saat ini suku bunga KPA beriksar antara 8% hingga lebih dari 9% pertahun tergantung Bank. Suku bunga KPA ini bersifat floating (berubah ubah) tergantung kondisi dan situasi perekonomian. Ada baiknya anda memahami hal ini supaya ketika sewaktu waktu terjadi perubahan besaran tagihan kredit anda tahu sebabnya.

Jika anda ingin tinggal di tempat yang dekat dengan kantor anda di Cikarang Bekasi, Azalea serviced apartment suites adalah apartemen yang cocok untuk anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mekanisme pembayaran di apartemen ini anda bisa menghubungi nomor 0878-8272-0888.


[i] https://www.btn.co.id/id/Conventional/Product-Links/Produk-BTN/Kredit-Konsumer/Pinjaman-Bangunan/Kredit-Pemilikan-Apartemen-BTN. Di akses pada tanggal 24 Oktober 2020.

[ii] https://www.bca.co.id/Individu/Produk/Pinjaman/KPA. Di akses pada tanggal 24 Oktober 2020.

[iii] https://www.rumah.com/berita-properti/2011/11/41/apa-itu-kpa-. Di akses pada tanggal 24 Oktober 2020.

[iv] https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/09/093200426/mau-beli-apartemen-ini-cara-menentukan-jangka-waktu-kpa?page=all. Di akses pada tanggal 24 Oktober 2020.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page