FYI, Gelato itu bukan bahasa Itali untuk ice cream, lho! Gelato dan ice cream memang mirip, tapi sesungguhnya mereka adalah dua jenis makanan yang berbeda.

 

Perbedaan Gelato dan Ice Cream

 

Perbedaannya terletak pada kandungan susu di dalam masing-masing makanan ini. Selain itu, kandungan udara yang terperangkap pada gelato dan ice cream juga berbeda.

 

Kedua hal inilah yang membuat tekstur dan rasa pada gelato berbeda dengan ice cream.

Pembuatan gelato menggunakan lebih banyak susu dibanding cream, sementara ice cream sebaliknya, lebih banyak cream daripada susunya.

 

Pada proses pembuatannya, gelato diputar dengan kecepatan yang lebih rendah dibanding ice cream, karena itulah udara yang terperangkap di dalamnya jadi lebih sedikit.

 

Karena proses pembuatan yang seperti itulah tekstur gelato jadi lebih lembut dan lebih mudah cair jika dibandingkan dengan ice cream biasa pada umumnya.

 

 

Di Indonesia memang tidak banyak tempat yang menjual gelato. Tapi untungnya, Bandung punya satu tempat yang khusus menyajikan beragam varian gelato untuk dicoba.

 

Bagi yang sering main ke mall Paris Van Java, mungkin sudah pernah melihat toko baru yang berada satu lantai dengan Blitzmegaplex ini, Zazà. Sudah pernah icip-icip gelatonya?

 

Varian Rasa Gelato

 

Beragam varian rasa gelato disuguhkan di Zazà. Selain rasa Strawberry dan Cookie n Cream yang sepertinya wajib ada pada setiap pilihan rasa ice cream maupun gelato, ada juga rasa Nutella, Yoghurt Blueberry, Italian Sombrero, dan masih banyak rasa lainnya.

 

Yang tak kalah seru adalah rasa Doger dan Bandoeng, yang sengaja dikreasikan khusus untuk toko yang berada di Bandung ini.

 

 

Sayang sekali mereka tidak punya rasa Mint favorit saya, jadi hari itu saya membeli satu scoop Yoghurt Blueberry (Rp 25.000) setelah mencoba beberapa rasa lain sebelumnya.

 

Di Zazà kita bisa mencoba berbagai rasa gelatonya sebelum membeli. Pelayan di sana akan memberi satu sendok kecil gelato untuk setiap rasa yang ingin kita coba.

 

Ternyata gelato yang saya coba rasanya segar sekali, cukup manis dengan sedikit rasa asam dari yoghurtnya, dan teksturnya pun begitu lembut

 

Sebaiknya gelato yang dibeli segera dihabiskan sebelum mencair. Tapi jangan khawatir, untuk yang ingin membawa gelato ini pulang dan perjalanannya cukup jauh, Zazà menyediakan packaging khusus yang bisa dibawa pulang.

 

Hanya saja porsinya lebih besar, bukan untuk satu atau dua scoop saja. Jadi, kalau belum pernah mencoba gelato khas Italia, silahkan jalan-jalan ke mall Paris Van Java dan mampir ke Zazà!

You May Also Like