Makanan Khas JEPANG

undercover – Makanan Jepang merupakan makanan, yang berasal dari negara Jepang.  Makanan Jepang sangat terkenal di dunia,  termasuk di Indonesia. Apa saja macam makanan Jepang? Dan apa restauran Jepang yang ada di Indonesia? Berikut adalah informasinya.

Mengenal Makanan Jepang

Masyarakat Jepang, memiliki makanan khas yang lezat.  Makanan Jepang ini sudah ada sejak dahulu kala, dan diturunkan dari nenek moyang mereka.  Penggunaan bumbu khas asli  Jepang, merupakan ciri khas dari makanan Jepang ini.

Ciri Khas Makanan Jepang

Makanan Jepang , memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah penjelasannya:

  • Bahan  Dasar dan Bumbu

Makanan Jepang identik dengan olahan dari laut, contohnya adalah ikan salmon untuk sushi.  Selain identik dengan olahan laut, makanan Jepang juga identik dengan nasi. Nasi merupakan makanan pokok , dari masyarakat Jepang.

Untuk bumbunya, masyarakat Jepang menggunakan gula dan shoyu (kecap asin).  Kedua bumbu ini, membuat makanan Jepang menjadi lezat.  Selain kedua bumbu tersebut, ada garam dan juga cuka yang ditambahkan ke makanan.

  • Untuk Penyajiannya

Untuk menyajikan makanan, makanan Jepang disajikan pada piring berbentuk keramik. Selain berbentuk keramik, warna pada piring pun berwarna hitam.  Tidak ketinggalan ada sumpit, yang digunakan untuk makan.

Makanan Jepang tidak seperti makanan Barat, yang memiliki tahap penyajian (makanan pembuka, makanan inti, dan makanan penutup).  Masyarakat hanya sekali makan, dan porsinya pun lumayan banyak.

Jenis Jenis Makanan Jepang

Setelah mengetahui apa itu makanan Jepang, kini ada ragam makanan Jepang yang sangat terkenal. Berikut adalah informasinya:

  1. Onigiri

Onigiri merupakan makanan Jepang, yang terbuat dari nasi . Nasi tersebut dibentuk dengan macam macam bentuk, salah satunya adalah bentuk segitiga.   Setelah dibentuk, onigiri dapat dimakan dengan menggunakan tangan.

Untuk membuat onigiri yang lezat, nasi dapat ditambah ikan salmon panggang.  Agar tambah nikmat lagi, onigiri ditambah dengan kecap asin atau miso (fermentasi kedelai).  Karena rasanya lezat, Onigiri terkenal sampai seluruh dunia.

  • Sushi

Selanjutnya ada sushi makanan yang terkenal dari Jepang.  Sama seperti onigiri, sushi berbahan dasar ikan salmon dan nasi putih.  Ikan salmon dan nasi putih ini diolah, dan ditambah saus mayonnaise.

Agar rasa sushi menjadi tambah lezat,  Sushi bisa ditambah dengan shoyu atau kecap asin.  Untuk memakan sushi, ciri khasnya adalah dengan menggunakan sumpit. Selain menggunakan sumpit, sushi merupakan makanan yang sekali telan.

gyudon
  • Gyudon

Gyudon merupakan makanan Jepang , dengan bahan dasar daging sapi. Daging sapi dipotong potong tipis, dan ditambah dengan nasi putih.  Bawang putih dan juga bawang bombay ditambah, agar Gyudon menjadi nikmat. 

Agar makanan Gyudon tambah lezat, Gyudon bisa ditambah dengan kecap asin. Selain kecap asin , Gyudon juga bisa ditambah dengan telur ayam.  Cabai juga bisa ditambah, jika ingin sensasi pedas.

  • Sup Miso

Sup Miso adalah makanan Jepang selanjutnya, yang wajib untuk dicoba. Sup Miso berisi sayur sayuran, dan bumbu miso ditambahkan agar menjadi nikmat.  Isi dari Sup Miso adalah tahu, tauge, udang, dan juga ikan.

Cara memakan Sup Miso adalah, piring diangkat terlebih dahulu. Setelah itu, kuahnya di minum secara langsung,  Untuk memakan isi tahu dari Sup Miso, harus menggunakan sumpit agar mudah memakannya.

  • Tempura

Tempura merupakan Jepang, dengan olahan udang. Udang diberi bumbu tepung, dan kemudian digoreng sampai menjadi krispi.  Agar tambah nikmat, tempura bisa ditambah dengan kecap asin.

Makanan Tempura ini tambah nikmat, jika ditambah dengan nasi putih. Tempura bisa ditambah dengan bawang bombay goreng, dan juga sayur sayuran yang digoreng.  Karena rasanya sangat nikmat, tidak mengherankan makanan Tempura sangat terkenal.

  • Sashimi

Sashimi merupkakan makanan Jepang, yang berasal dari laut.  Ikan salmon, kerang, dan udang karang berpadu dalam sashimi ini.  Ciri khas dari sashimi adalah, daging tersebut harus fresh atau segar.

Untuk memakan Sashimi, daging tersebut bisa ditambah kecap asin. Selain menggunakan kecap asin, Sashimi juga bisa ditambah dengan parutan jahe. Sashimi sangat nikmat, jika dalam keadaan fresh atau dingin.

  • Teriyaki

Teriyaki adalah daging sapi atau ayam , yang diolah dengan cara di pangggang.   Agar tambah nikmat saat dipanggang, daging tersebut ditambah dengan bumbu teriyaki. Bumbu teriyaki inilah, yang  menjadi ciri khas dari daging ayam atau sapi teriyaki.

Agar teriyaki menjadi nikmat, teriyaki bisa ditambah dengan nasi putih.   Jika ingin mencoba variasi daging ada teriyaki dengan daging cumi cumi.  Makanan ini sangat terkenal, bahkan sampai ke Indonesia.

  • Yakitori

Sate tidak hanya ada di Indonesia saja, tapi juga ada di Jepang. Sate ala Jepang, dikenal dengan Yakitori.  Yakitori berbahan dasar daging ayam dan ayam tersebut diberi bumbu , lalu di panggang.

Agar Yakitori menjadi tambah nikmat, Yakitori bisa dicelup dengan kecap asin. Selain dengan kecap asin, Yakitori bisa ditambah dengan gula. Gula ini menciptakan rasa manis dan juga asin, pada  Yakitori.

  • Karaage

Karage merupakan makanan Jepang, yang menggunakan daging ayam. Daging ayam ini dilumuri dengan bumbu, dan digoreng hingga menjadi krispi.  Karage dapat ditambah dengan kecap asin, dan nasi putih.

  1. Ramen (Udon)

Ramen atau Udon adalah makanan Jepang, yang berbahan dasar Mie. Mie ini sangat tebal, dan diberi ragam toping diatasnya.  Karena rasanya sangat lezat, Ramen ini sangat terkenal di berbagai negara.

  1.  Takoyaki

Yang terakhir, ada Takoyaki makanan dari Jepang. Takoyaki ini berbentuk bulat , dan berisi daging gurita.  Agar ambah nikmat, Takoyaki bisa ditambah saus sambal atau dengan mayonnaise.

baca juga

    Restauran Hanmori Menyediakan Makanan Jepang

    Setelah mengenal makanan Jepang, kini ada restauran Jepang di daerah Cikarang. Restauran  Jepang di daerah Cikarang tersebut adalah Restauran Hanmori.  Apa itu Restauran Hanmori ? Dan apa saja menu yang tersedia di Restauran Hanmori? Berikut adalah informasinya.

    • Restauran Hanmori

    Restauran Hanmori berada di Apartemen Azalea Cikarang. Karena apartemen Azalea berkonsep Jepang, maka di apartemen ini terdapat restauran Jepang.  Restauran  Hanmori  ini tersedia, untuk para eskpatriat yang tinggal di Apartemen Azalea.

    Makanan yang disajikan di Restauran Hanmori, sangat diperhatikan kualitasnya. Dengan diperhatikan kualitasnya, maka para ekspatriat yang tinggal  tidak perlu jauh jauh untuk mencari makanan Jepang.

    • Menu yang tersedia di Restauran Hanmori

    Menu yang tersedia di Restauran Hanmori adalah Curry Rice, Wagyu Steak, Tempura, dan makanan Jepang lainnya. Untuk minumannya, ada minuman Japanese Tea. Selain Japanese Tea, ada juga minuman Yakult.

    Makanan Jepang yang tersedia di Restauran Hanmori sangat terjangkau harganya, rasa dari makanannya pun enak. Selain harga terjangkau dan rasanya enak, kualitas makanannya pun terjaga.

    • Pemesanan

    Untuk yang ingin makan di Restauran Hanmori, harus reservasi terlebih dahulu lewat website Restauran Hanmori. Reservasi lewat website, harus mengisi data data yang dibutuhkan.  Tapi jika anda tinggal di Apartemen Azalea, maka anda mudah untuk menyantap makanan di restauran Hanmori.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You cannot copy content of this page