Public speaking bukan hanya merupakan bagian dari hobi dan kesenangan, akan tetapi public speaking mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Public Speaking

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil dari kegiatan public speaking , dilansir dari kursus public speaking lister co id

Meningkatkan rasa percaya diri

Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan public speaking ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, bagaimana tidak, karena setiap hari seorang public speaker harus berani tampil di depan orang banyak.

Dengan seiring berjalannya waktu, rasa percaya diri bukan hanya dirasakan diatas panggung, akan tetapi bisa juga dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan public speaking sejak awal meupakan kegiatan yang memupuk rasa percaya diri, semakin lama rasa percaya diri yang dimiliki seorang public speaker akan bertambah.

Rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari sangat diperlukan, dengan adanya rasa percaya diri, seseorang bisa mengambil keputusan, bertemu dengan orang-orang besar, meyakinkan orang lain dan sebagainya.

Rasa percaya diri merupakan nilai lebih yang tidak semua orang miliki, karena itu rasa percaya diri merupakan sebuah nilai tambah yang bisa didapatkan seseorang dengan seiring berjalannya waktu.

Hal ini juga bermanfaat jika bertemu dengan orang-orang besar, dengan adanya rasa percaya diri maka akan mengurangi rasa minder bertemu dengan orang-orang tersebut.

Rasa percaya diri juga sangat efektif jika digunakan dalam beberapa kondisi, seperti diskusi, ngobrol dengan klien dan ketika rapat berlangsung.

Public Speaking Terlatih berpikir cerdas dan kreatif

Salah satu manfaat yang bisa diambil dari public speaking adalah terlatih untuk berpikir cerdas dan kreatif.

Karena sebelum melakukan kegiatan ini, seorang public speaker biasanya akan terus mengasah kemampuannya dari waktu ke waktu.

Dengan terus mengasah kemampun maka seseorang bisa terlatih berpikir secara cerdas dan kreatif. lister juga menyediakan kursus bahasa inggris dewasa untuk semakin meningkatkan kepercayaan diri seseorang

Berpikir cerdas dan kreatif juga bisa diambil dari pengalaman-pengalaman publik speaker ketika berada diatas panggung.

Namun ketika dia sudah tidak berada disana, kemampuan untuk selalu berpikir cerdas dan kreatif tersebut tidak akan pernah hilang.

Bukan hanya itu saja, terlatih berpikir cerdas juga bisa dilatih dengan sendirinya ketika public speaker menghadapi masalah-masalah audiensnya.

Contoh kasus terlatih untuk berpikir cerdas adalah ketika seorang public speaker mencoba menjawab pertanyaan audiens yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya, namun dengan situasi tersebut public speaker itu diwajibkan untuk menjawab pertanyaan si audiens.

Sedangkan untuk berpikir kreatif dalam sebuah acara public speaker, seorang public speaker harus berusaha mencari cara bagaimana caranya agar poin-poin yang dia sampaikan bisa diterima oleh orang-orang yang berada disekitarnya.

Dengan adanya dua kempuan diatas, seorang public speaker bukan hanya terlatih untuk berpikir cerdas di atas panggung, akan tetapi seorang public speaker akan terlatih berpikir cerdas dan kreatif dalam kehidupan sehari-harinya.

Selain itu, ketika sering berpikir cerdas maka secara otomatis bisa berpikir secara kritis.

Public Speaking Menambah wawasan dan mengembangkan diri

Dengan adanya kegiatan public speaking,  maka secara otomatis wawasan seorang public speaker juga akan bertambah, hal ini dikarenakan salah satu syarat menjadi public speaker yang baik adalah dengan mempunyai wawasan yang luas.

Wawasan yang luas bisa diambil atau bisa didapatkan dengan terus berlatih dan terus belajar, dengan seiring berjalannya waktu dan dengan terus diasahnya kemampuan atau wawasan seseorang, maka wawasannya juga akan semakin bertambah.

Wawasan yang didapatkan bukan hanya wawasan seperti ilmu-ilmu akademik, akan tetapi lebih dari itu, misalnya saja kemampuan yang bertambah dalam menganalisa orang lain dan sebagainya.

Dengan seiring bertambahnya wawasan,  secara otomatis diri juga akan berkembang.

Dari yang awalnya tidak tau menjadi tau, dari yang awalnya tidak percaya menjadi sangat percaya diri, dari yang awalnya demam panggung dan tidak berani tampil di depan umum menjadi berani tampil di depan umum.

Dengan adanya perubah-perubahan tersebut semakin lama, maka diri seorang public speaker juga akan semakin berkembang.

Seperti yang dikatakan sebelumnya kemampuan ini bukan hanya berada diatas panggung namun juga akan sangat berpengaruh ketika berada di luar panggung.

Ketika wawsan dan diri semakin berkembang, maka kualitas yang ada dalam diri seorang public speaker juga akan bertambah. 

Orang-orang yang berkualitas biasanya akan selalu terpilih dalam acara-acara tertentu.

Dengan begitu hal ini juga mampu menambah rasa percaya diri dalam seorang public speaker.

Public Speaking Mempunyai koneksi yang sangat luas

Dari kegiatan public speaking, hal ini juga mampu menambah koneksi yang sangat luas.

Hari demi hari, akan semakin banyak orang-orang hebat yang ditemui dari segala penjuru.

Semakin sering seorang public speaker berbicara di depan umum atau didepan orang banyak, maka orang-orang yang terpengaruh ucapan publuc speaker tersebut juga semakin banyak.

Dengan begitu, para pendengar atau audiens akan termotivasi dan mengembangkan diriniya dan ketika mereka sudah berkembang, biasanya akan berpengaruh juga pada  publik speaker.

Dengan begitu  jaringan atau koneksi yang dimiliki oleh seorang public speaker  akan semakin bertambah.

Dengan terus terlibat dalam kegiatan public speaking dan terus bertemu orang-orang baru, orang-orang yang baru bertemu dengan public speaking bisa saja tertarik dan mengagumi public speaker tersebut, dengan begitu mereka juga akan menggemari dan menganggapnya lebih dibandingkan dengan orang kebanyakan pada umumnya.

Dengan seiring berjalannya waktu, ketika bertemu dengan orang banyak maka kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang besar juga akan semakin besar.

Bertemu mereka bisa menambah koneksi dan kerjasama diantara public speaker dan orang-orang tersebut.

Dan ketika seorang public spekaer berbicara denga mereka dan mereka yakin terhadap apa yang dikatakan oleh public speaker tersebut, tentunya mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan dan bisa melakukan kerjasama.

Public Speaking Meningkatnya kemampuan berkomunikasi serta meningkatkan karir

Dari pembahasan-pembahasan sebelumnya, ketika sering berlatih maka kemampuan berkomunikasi akan semakin bertambah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kemampuan yang harus ada dalam kegiatan public speaking adalah kemampuan berkomunikasi yang baik.

Komunikasi yang baik maksudnya adalah pesan-pesan yang disampaikan oleh public speaker dapat diterima dan dimengerti oleh para audiens. Walaupun tujuan dari komunikasi adalah menyampaikan pesan, namun lebih baik lagi jika public speaker tersebut mendapatkan feedback dari para audiensnya.

Semakin sering berbicara di depan umum, maka kemampuan public speaker tersebut akan semakin bertambah.

Dengan bertambahnya kemampuan berkomunikasi seorang public speaker serta bertambahnya koneksi yang dia miliki seperti yang sudah dibahas sebelumnya, maka karir yang dia miliki akan semakin meningkat.

Kita juga mengetahui profesi yang berkaitan dengan public speaking juga menyediakan masa depan yang cerah dan banyak diburu para pencari kerja saat ini karena profesi ini dapat menjamin masa depan yang cerah serta peningkatan karir yang baik.

Semakin kreatif, semakin terampil, dan semakin profesional maka akan semakin berharga dalam lingkungan masyarakat.

Dengan begitu maka secara otomatis masyarakat atau lingkungan kerja akan mempercayai sehingga karir seorang public spekaer akan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like