Banyak orang bilang bahwa Bahasa Mandarin adalah Bahasa yang sangat kompleks untuk dipelajari, apalagi di usia tua. Tapi faktanya, justru banyak orang yang belajar Bahasa Mandarin saat mereka sudah dewasa.

Alasannya karena Bahasa Mandarin adalah Bahasa yang penggunaannya di dunia internasional semakin berkembang, sangat cocok untuk mereka yang ingin mengembangkan karir. Cina adalah salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia, dan Bahasa Mandarin juga sudah dijadikan sebagai Bahasa resmi di banyak organisasi internasional.

Apakah Saya Terlalu Tua Untuk Belajar Bahasa Mandarin?

Konsep yang sudah tertanam di benak masyarakat adalah, anak-anak akan lebih mudah belajar Bahasa baru dibandingkan orang dewasa. Tapi apakah ini benar?

Tidak ada kata terlambat

Tidak peduli berapapun usia anda sekarang, 20 tahunan, 30 tahunan, 40 tahunan, atau bahkan lebih, anda tidak pernah terlalu terlambat untuk belajar Bahasa Mandarin. Walaupun Bahasa Mandarin termasuk Bahasa yang sulit untuk dipelajari, tidak ada yang tidak mungkin jika anda mau berusaha, lister co id memberikan kemudahan kursus bahasa mandarin secara online dengan platform belajar online

Walaupun banyak orang percaya anak-anak jauh lebih mudah untuk belajar Bahasa Mandarin, tapi bukan berarti orang yang lebih tua sudah tidak mungkin bisa belajar Bahasa Mandarin. Anak-anak lebih cepat belajar karena mereka tidak punya banyak hal lain untuk dilakukan.

Anak-anak hanya tinggal duduk manis sambil diajari, mereka juga biasanya tidak terikat dengan tujuan tertentu. Anak-anak juga punya trik-trik belajar Bahasa Mandarin menggunakan games atau animasi yang bisa membuat belajar Bahasa Mandarin di usia mereka menjadi menyenangkan.

Sedangkan orang dewasa memiliki banyak hal lain yang harus dipikirkan. Orang dewasa tidak bisa hanya fokus belajar Bahasa Mandarin saja, ada pekerjaan yang harus dikerjakan dan tagihan-tagihan yang harus dibayar.

Pada akhirnya, orang dewasa hanya punya satu atau dua jam per hari untuk belajar Bahasa Mandarin. Inilah yang membuat belajar Bahasa baru terasa sulit bagi orang dewasa.

Belajar di usia dewasa lebih menguntungkan

Belajar teknik pronunciation faktanya memang lebih mudah dipelajari saat masih anak-anak. Faktanya adalah banyak anak-anak yang bahkan bisa berbicara dengan aksen yang natural karena sudah belajar sejak dini.

Selain itu, anak-anak juga tidak perlu terlalu memikirkan pendapat orang sekitar mereka, tidak ada yang akan memarahi mereka jika mereka salah mengucapkan atau menggunakan intonasi. Sementara orang dewasa pasti akan takut salah dan akhirnya mengalami miskomunikasi atau bahkan ejekan dari orang di sekitarnya.

Meskipu begitu, orang dewasa lebih pandai membuat perencanaan dan menganalisa dibandingkan anak-anak. Dua skill ini sangatlah diperlukan dalam mempelajari Bahasa baru.

Selain itu, orang dewasa juga memiliki pengetahuan yang lebih luas dibandingkan anak-anak. Artinya, orang dewasa bisa lebih mudah mengaitkan hal yang baru dipelajari dengan hal lain yang mereka tahu.

Jika mengalami kendala dalam belajar Bahasa Mandarin, orang dewasa bisa lebih mudah menganalisa masalah mereka dan menemukan solusinya. Mempelajari Bahasa baru bukan hanya tentang menghapal kosakata baru dan aturan grammar, serta melatih pronunciation.

Mempelajari Bahasa baru juga sangat erat kaitannya dengan proses berpikir, inilah mengapa pemikiran yang lebih dewasa akan lebih mempermudah dalam belajar Bahasa Mandarin dibandingkan anak-anak.

Apa yang membuat Bahasa Mandarin sulit dipelajari?

Dari sekali lihat saja semua orang sudah tahu bahwa Bahasa Mandarin ini sangat jauh berbeda dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang lebih sering kita gunakan. Pertama-tama, tidak ada alfabet yang biasa kita lihat, yang ada adalah lebih dari sepuluh ribu karakter Cina yang memiliki arti berbeda.

Walaupun karakter Bahasa Mandarin yang banyak digunakan sekarang adalah versi simplified yang lebih sederhana dari versi tradisionalnya, itu tetap saja masih sulit untuk dipelajari.

Ada lagi yang lebih sulit dari mengenali huruf-hurufnya, yaitu mempelajari teknik berbicara dalam Bahasa Mandarin. Dalam Bahasa Indonesia, perubahan intonasi biasanya digunakan untuk menyatakan emosi atau perasaan tertentu, tapi tidak mempengaruhi makna kalimat.

Dalam Bahasa Mandarin, tiap katanya akan memiliki arti yang berbeda tergantung intonasi yang digunakan. Bagi para pemula saat awal belajar Bahasa Mandarin, kebanyakan orang akan kesulitan mengenali perbedaan intonasi ini, jadi dua kata yang sama mungkin terdengar sama padahal intonasinya dan artinya berbeda.

Bahasa Mandarin sebenarnya tidak terlalu sulit

Apakah anda menjadi semakin ragu melihat penjelasan di atas? Padahal ada beberapa faktor yang justru membuat Bahasa Mandarin ini lebih mudah dipelajari dibandingkan Bahasa Inggris.

Faktanya adalah Bahasa Inggris memiliki lebih dari delapan ribu suku kata, sementara Bahasa Mandarin hanya memiliki sekitar 1200 suku kata, termasuk variasi dalam intonasinya. Selain itu, sekarang juga sudah ada konsep Pinyin yang membantu non-native speaker untuk membaca Bahasa mandarin dengan bantuan pengucapannya dalam Bahasa latin.

Jika dibandingkan dengan Bahasa Perancis dan Spanyol yang memiliki perbedaan gender untuk kata bendanya, Bahasa Mandarin tidak mengenal konsep itu, sehingga akan lebih mudah untuk dipelajari.

Butuh berapa lama untuk belajar Bahasa Mandarin?

Berdasarkan data dari FSI, Bahasa Mandarin dan Bahasa Cina Kanton butuh sekitar 2200 jam untuk dipelajari. Data ini bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing orang.

Bagi anda yang belajar Bahasa Mandarin untuk percakapan sederhana atau membaca tulisan-tulisan singkat, mungkin akan butuh waktu yang jauh lebih sedikit. Mempelajari kalimat-kalimat Bahasa Mandarin sederhana juga sebenarnya bisa dilakukan dalam hitungan minggu, semua kembali lagi pada keefektifan metode belajar yang anda pilih.

baca juga

Belajar Bahasa Mandarin bisa dimulai di usia berapapun

Walaupun usia anda sekarang 60 tahun sekalipun, atau bisa saja lebih, anda masih bisa mulai belajar Bahasa Mandarin mulai sekarang. Hal yang perlu dibedakan adalah, cara meluangkan waktu dan juga menemukan metode yang tepat untuk anda.

Anda bisa memilih akan mengikuti pendidikan formal di kelas, mengikuti kelas online atau kursus Bahasa Mandarin yang jamnya bisa anda pilih sendiri, atau menyewa jasa guru privat yang bisa datang menyesuaikan jadwal anda.

Jika tidak punya banyak waktu untuk belajar, mengikuti kursus online Bahasa Mandarin bisa menjadi pilihan yang tepat karena jamnya bisa dipilih dan dijadikan rutinitas. Belajar melalui kursus online juga sudah terjamin kurikulumnya sehingga bisa lebih terfokus.

Cara lain adalah dengan menyewa guru privat yang bisa menyesuaikan pembelajaran dengan siswa yang diajar. Jika anda kesulitan dalam teknik pengucapan, anda bisa minta guru untuk fokus pada bagian itu, jika anda butuh partner untuk praktek mengobrol dan berlatih intonasi, guru privat juga bisa menjadi partner anda.

Jika anda sudah menemukan metode belajar yang terbaik, anda tinggal mengalokasikan waktu yang sesuai setiap harinya dan mulai belajar. Tidak ada kata terlambat, semakin lama anda ragu-ragu, maka belajar akan semakin sulit. Jadi yakinlah pada diri anda dan mulailah belajar Bahasa Mandarin dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like