Kursus Bahasa Jerman Di Lister.co.id

Bahasa Jerman merupakan salah satu Bahasa asing populer yang banyak dipelajari di dunia. Alasannya tidak lain karena popularitas negara Jerman yang semakin naik di bidang pendidikan dan bisnis.

Ada yang belajar Bahasa Jerman sebagai syarat untuk mendaftar kuliah, ada juga yang belajar Bahasa Jerman untuk melengkapi CV sebelum melamar pekerjaan di perusahaan besar asal Jerman. Apapun tujuannya, belajar Bahasa Jerman bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Beberapa Karakteristik Unik Bahasa Jerman

Dibandingkan Bahasa asing dari negara lain, Bahasa Jerman tergolong Bahasa yang tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Berikut adalah beberapa ciri khas dari Bahasa Jerman yang membedakannya dari Bahasa-bahasa lain:

Mirip Bahasa Inggris

Bahasa Jerman memiliki variasi huruf yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Bahasa Inggris. Meskipun begitu, keduanya masih berasal dari rumpun Bahasa yang sama, jika dirunut ke belakang pun kedua Bahasa ini berasal dari akar pengembangan Bahasa yang sama.

Inilah alasan banyak orang yang merasa Bahasa Jerman dan Bahasa Inggris memiliki banyak kemiripan. Hal ini tentunya banyak dirasakan bagi yang sudah mencoba mempelajari Bahasa Jerman.

Ada banyak kata-kata dalam Bahasa Jerman yang terdengar mirip dan memiliki arti yang sama dalam Bahasa Inggris, seperti misalnya University dalam Bahasa Inggris yang menjadi Universitat dalam Bahasa Jerman.

Karena kemiripannya inilah, banyak orang yang merasa bahwa mempelajari Bahasa Jerman tidaklah terlalu sulit. Walaupun banyak kata-kata yang mirip, Bahasa Jerman dan Bahasa Inggris menggunakan grammar dan aturan kebahasaan lain yang berbeda.

Perbedaan gender

Salah satu aturan kebahasaan yang membedakan Bahasa Jerman dengan Bahasa Inggris adalah penggunaan aturan yang membedakan gender. Setiap nomina atau kata benda dalam Bahasa Jerman dibedakan berdasarkan tiga gender, yaitu maskulin, feminine, dan netral.

Tidak ada rumus yang pasti untuk membedakan setiap katanya, sehingga perlu dihapalkan kata mana saja yang masuk gender tertentu. Gender yang berbeda akan membedakan penulisan setiap kata benda.

Dalam Bahasa Jerman dikenal empat kasus yang dibedakan dalam penggunaan artikel, yaitu nominated, akkusatif, datif, dan genitif. Karakteristik khusus Bahasa Jerman ini yang banyak membuat orang ragu untuk mulai belajar Bahasa Jerman.

Ada banyak sekali kata benda yang memiliki gender yang berbeda, dan penggunaannya dalam kalimat disesuaikan dengan gendernya. Sehingga hafalan seputar pembagian gender ini bisa dibilang salah satu pengetahuan dasar yang wajib dipelajari pada saat mempelajari Bahasa Jerman.

Punya banyak dialek

Karena merupakan Bahasa turunan dari berbagai Bahasa dan dialek daerah di Eropa, sampai sekarang Bahasa Jerman masih terkenal memiliki banyak variasi dialek. Mulai dari dialek tempatan atau lokal yang berdasarkan tempat, dialek temporal, hingga dialek sosial berdasarkan kelompok sosial dari penuturnya.

Ada Bahasa Jerman baku atau Bahasa Jerman resmi. Jenis Bahasa ini banyak digunakan di sekolah dan kursus Bahasa, selain itu juga menjadi Bahasa di surat kabar dan siaran berita.

Bahasa Jerman baku merupakan versi yang lebih baku dari Bahasa Jerman hulu uang sudah ada sejak abad ke-16. Walaupun terhitung sebagai Bahasa Jerman standard, jenis Bahasa Jerman baku juga masih memiliki berbagai variasi dialek tergantung penuturnya.

Beberapa contoh dialek Bahasa Jerman yang masih digunakan hingga sekarang adalah NiederpreußischMoselfränkischRheinfränkischNordhessischMittelhessisch, dll.

Variasi huruf

Seperti dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan kebanyakan Bahasa lain di dunia, Bahasa Jerman juga mengenal 26 alfabet umum yaitu dari A sampai Z. Cara pelafalannya juga sama dengan alfabet yang biasa dikenal luas.

Yang membedakan adalah, Bahasa Jerman memiliki huruf-huruf ekstra yang tidak bisa ditemukan di Bahasa lain. Ada abjad dengan tanda titik dua di atas seperti ä Ä, ö Ö, ü Ü,dan ada juga simbol eszett, ß.

Huruf-huruf baru yang terlihat unik ini mungkin bisa terasa asing bagi para pemula yang ingin mempelajari Bahasa Jerman. Selain karena tidak terbiasa dengan penggunaannya dalam kalimat, pelafalan tiap hurufnya juga berbeda.

Meskipun sulit, penting untuk membiasakan diri menghapalkan huruf-huruf ekstra ini karena akan banyak digunakan dalam praktek Bahasa Jerman ke depannya.

Ketentuan pembilangan

Ada banyak Bahasa asing yang menerakan perbedaan untuk pembilangan setiap kata bendanya, seperti misalnya Bahasa Arab. Dalam Bahasa Jerman, tidak ada aturan atau ketentuan khusus untuk penyebutan nomina baik dalam jumlah single maupun plural.

Meskipun begitu tetaplah ada beberapa pengecualian khusus seperti das Buch (singular) ‘buku’ yang menjadi die Bücher (plural) ‘buku-buku’.

Banyak diserap

Sudah merupakan pengetahuan umum jika banyak Bahasa asing di dunia yang menggunakan beberapa kata serapan dari Bahasa lain. Bahasa Jerman merupakan salah satu Bahasa yang istilah atau katanya banyak yang diserap dalam Bahasa lain, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dll.

Beberapa diantaranya adalah kata “Kindergarten” yang diserap seutuhnya dalam Bahasa Inggris, lalu ada kata “Leitmotiv” yang diserap dalam Bahasa Perancis, kata “Arbeit” yang menjadi “Arubaito” dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Korea, kata “Besserwisser” dalam Bahasa Finlandia, dll.

Akhiran –en dan –n

Seperti dalam Bahasa Inggris, Bahasa Jerman juga memiliki aturan khusus dalam penggunaan kata kerja, yakni digunakannya akhiran –en dan –n. Aturan ini dapat ditemui di hampir seluruh kata kerja dalam Bahasa Jerman.

Kata kerja dengan akhiran –en dan –n dikenak sebagai kata kerja infinitif, dan jika dalam penggunaannya akhiran tersebut dihilangkan, kata kerja tersebut akan berubah menjadi kata kerja stamm yang penggunaannya tergantung aturan tenses dalam Bahasa Jerman.

Contohnya kata lernen yang bisa berubah menjadi lerne atau lernst tergantung subjek penggunaannya.

Penyesuaian konjugasi

Dalam Bahasa Inggris dikenal berbagai istilah subjek dan kata kerjanya, Bahasa Jerman pun begitu. Tapi jika dalam Bahasa Inggris kata kerja tidak berubah bentuk menyesuaikan subjek, dalam Bahasa Jerman ada istilah konjugasi yang terjadi saat ada penyesuaian bentuk kata kerja sesuai dengan subjeknya.

Contohnya adalah ich komme ‘saya datang’ yang bisa berubah jadi du kommst ‘kamu datang’.

Penulisan nomina

Nomina adalah istilah untuk menyebutkan kata benda. Dalam Bahasa Jerman ada ciri khusus untuk mengenali nomina, yaitu penulisan nomina yang selalu menggunakan huruf kapital, baik itu di awal ataupun di tengah kalimat.

Contohnya adalah, Ein Wort ohne Bedeutung ist kein Wort, sondern ein leehrer Klang

Salah satu metode belajar yang efektif untuk mempelajari Bahasa Jerman adalah dengan mengikuti kursus. Lembaga kursus akan bisa menjamin progress siswa dengan menyediakan kurikulum pembelajaran yang efektif.

Salah satunya adalah Lister.co.id yang memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jerman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *