indonesiacorporatereview.com – Menjadi pengusaha bisa dimulai kapan saja. Tidak ada ketetapan khusus untuk memulai sebuah usaha. Semakin dini memulai usaha, maka semakin besar kesempatan untuk sukses di usia muda.
Takut rugi? Coba dulu saja. Usia tidak menentukan rugi untung atau gagal suksesnya sebuah usaha.
Sebaliknya, Anda bisa belajar terjun di dunia usaha dengan langsung menjadi pengusaha.
Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Fitri Mawardi, yang sudah menjadi pengusaha sejak di bangku kuliah, Bagaimana kisahnya?
 

Iseng Membawa Untung

Setiap pengusaha memiliki kisah unik di balik usahanya, seperti laki-laki yang akrab disapa Mawardi.
Ia berkuliah di jurusan seni rupa, maka tidak heran jika ia lebih kreatif dalam melihat segala sesuatu karena jiwa seninya.
Mawardi iseng membuat lukisan dari pita kaset bekas di kamar kosnya. Ia membuat lukisan pita kaset dengan media kertas sejak 2014.
Lukisan pita kaset pertamanya lalu diunggah ke akun instagram. Tidak disangka, banyak orang yang antusias dan merespon positif lukisan tersebut.

Asal Ada Sketsa

Bagi Mawardi, membuat lukisan pita kaset tidak berbeda dengan membuat lukisan pada umumnya.
Untuk membuat lukisan potret orang, ia tetap membuat sketsa sebagai kerangka lukisan. Asal ada sketsa, sosok gambar yang akan dilukis, bisa muncul.
Karenanya, Mawardi selalui mengawali lukisan pita kasetnya dengan membuat sketsa terlebih dahulu agar bisa memunculkan sosok orang yang akan dilukis.
 
 
 

Bahan Lukis

Untuk membuat lukisan Kaset Koesoet, Mawardi membutuhkan beberapa perlengkapan khusus. Di antaranya adalah kertas concord dan kaset bekas.
Ia menggunakan kertas concord karena kertas tersebut memiliki daya serap yang pas untuk menyatukan pita kaset dengan lem.
Untuk material utamanya, yakni pita kaset bekas, Mawardi mendapatkan dari Cirebon, Jawa Barat. Ia memesan secara khusus pita kaset tersebut sebagai pengganti cat warna lukisannya.
 
Saat ini, bisnis lukisan Kaset Koesoet buatan Mawardi cukup dikenal luas. Mawardi mengaku jika pemesan lukisannya berasal dari berbagai kota di Indonesia.
Bahkan, tidak hanya orang Indonesia yang tertarik dengan lukisan Kaset Koesoet, sempat ada warga Kuala Lumpur (Malaysia) yang ingin memesan lukisan Mawardi.
Tetapi karena bingung cara pengirimannya, ia pun tidak jadi mengirim lukisannya.
Selain unik dan menarik, lukisan Kaset Koeseot memiliki harga yang terjangkau. Untuk kertas beurkuran A3, ia mematok harga mulai dari Rp 350.000,- untuk lukisan tokoh publik, dan Rp 400.000,- untuk lukisan custom atau foto pribadi.
baca juga
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
Untuk bisnis sampingan ini, Mawardi bisa meraup untung berish yang cukup besar, yakni sepuluh juta rupiah setiap bulannya. Nilai tersebut masih bisa meningkat, karena setiap bulan ia hanya membatasi pesanan hingga 20 lukisan.

You May Also Like