Namanya memang KAMPUNG GAJAH, tapi jangan pernah berpikir tempat ini adalah rumahnya si hewan mamalia besar gajah, dan jangan ngebayangin kalau disini adalah tempat untuk menunggang gajah. Di tempat ini kita memang akan menemui banyak gajah, tapi bukanlah gajah yang bisa kita ajak bermain, tapi hanya patung-patung gajah yang mengelilingi tempat ini.

Menurut pemiliknya, Jeffry Kurniawan, nama Kampung Gajah tidak punya arti apa-apa, hanya karena di gerbangnya disambut dengan banyak patung gajah, maka tempat ini dinamakan KAMPUNG GAJAH.

Hmm… tapi kalau dipikir-pikir kenapa diberi nama Kampung Gajah, mungkin karena sejarah Bandung yang dulu banyak ditemui peninggalan fosil Gajah mungkin ya? Atau bisa juga karena ukuran mamalia ini yang sangat besar, harapannya si Kampung Gajah ini juga bisa menjadi besar hehe (kalau yang ini sih ngarang heheh).

Yaaa…sepertinya kita tidak perlu membahas lebih jauh lagi ya tentang asal usul dari penamaan Kampung Gajah ini, sekarang kita akan ngebahas tentang apa saja yang akan kita temui di salah satu tempat wisata yang ada di bandung ini.

Jadi apa saja yang ada di kampung gajah ini?

 

Seperti konsepnya One Stop Recreation untuk anak dan dewasa, di tempat ini kita akan menikmati rekreasi lengkap mulai dari berbagai wahana menarik, kuliner, dan belanja.

Adapun wahana yang dapat kita temukan di tempat ini adalah:

Nama Wahana Harga Tiket
Adventure Buggy Rp 65.000,-
Bodycycle Rp 15.000,-
Buggy Family Rp 80.000,-
Bumperboat Rp 40.000,-
Child Playground Rp 20.000,-
Delman Royal Rp 60.000,-
Formula Kart Rp 50.000,-
Formula Train Rp 15.000,-
Futuristic Train Rp 15.000,-
Horse Riding Rp 20.000,-
Mini ATV Rp 20.000,-
Mini Buggy Rp 30.000,-
Segway Rp 100.000,-
Skyrider Rp 40.000,-
Sidecar Rp 40.000,-
Tubby Slide Rp 20.000,-
4D Rider Rp 50.000,-
Rumah Teletubbies

 

Wahh…kalau dihitung-hitung lumayan juga ya biaya untuk memasuki semua wahana permainan yang ada di Kampung Gajah ini, tapi tenang saja, Kampung Gajah ini menyediakan tiket terusan kok. Maksudnya apa? Jadi pengunjung hanya perlu membayar sekali untuk memainkan semua wahana, kecuali 4D Rider dan Segway (Ada biaya tambahan untuk kedua permainan ini).

Harga tiket terusan ini Rp 150.000,-/ orang di hari biasa dan di weekend atau hari libur dikenakan harga Rp 200.000,- per orangnya.

Selain wahana-wahana di atas, disini ada Waterboom yang menawarkan beberapa wahana juga. Wahana- wahana yang dimaksud adalah:

  • Big Tornado
  • Bunge Trampolin
  • Grass Skating
  • Kiddy Pool
  • Motogolf
  • Octopus Racer
  • Sepeda Air
  • Wavepool

Untuk menikmati delapan wahana waterboom ini, kita harus beli tiket terusan juga. Untuk Weekdays dihargai Rp 100.000,- dan Weekend & hari libur seharga Rp 125.000,-

 

Bagaimana dengan kuliner di Kampung Gajah ini?

 

Wahh…kalau masalah makanan, semuanya ada disini. Di Kampung gajah ini kita akan menemukan 3 restoran dengan membawa khas nya masing-masing.

·         Resto Sunda

Wisata di Kampung Sunda, pastinya di hamper semua tempat wisatanya ada makanan Sunda, tak terkecuali di kampung gajah ini. Disini kita akan menemui Resto Sunda yang menyediakan berbagai makanan Sunda

·         Resto Jepang

Ini menjadi salah satu yang paling sering didatangi oleh pengunjung, selain karena tempatnya yang paling dekat dengan pintu masuk, Resto ini didesain ala Jepang dengan saung-saung seperti rumah-rumah Jepang.

·         Resto Western

Seperti namanya, resto ini menyediakan menu-menu western. Untuk harga makanannya mulai dari Rp 40.000,-

 

Bagaimana caranya ke tempat ini?

 

Kampung gajah ini beralamat di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Kecamatan Parongpong, Bandung Barat. Kita tinggal ambil jalan ke arah jalan setiabudi, terus kita lanjut sampai ke UPI ataupun terminal Ledeng.

Nah, dari seberang terminal Ledeng ini (atau samping gerbang atas UPI/Universitas Pendidikan Indonesia), langsung belok kiri ke Jalan Sersan Bajuri, jalan terus kurang lebih 4 KM, nanti di sebelah kiri jalan kita akan sampai di Kampung Gajah Wonderland.

Kampung Gajah ini letaknya di pinggir jalan besar yang dilewati oleh angkutan umum. Jadi buat teman-teman yang berencana ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum gak perlu khawatir dan pusing untuk sewa angkutan dan lain-lain.

Untuk menuju tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum, kita ambil angkutan yang menuju terminal Ledeng, seperti angkot Margahayu raya – Ledeng, Cicaheum – Ledeng, Kalapa – Ledeng, Stasiun Hall – Lembang, dan Ciroyom – Lembang, ataupun naik bus kota/ DAMRI (Leuwi panjang – Ledeng).

Setelah turun di terminal Ledeng, kita menyeberang ke Jalan Sersan Bajuri. Disana kita akan menemui angkot berwarna putih Ledeng – Parongpong yang langsung melewati Kampung Gajah.

Buat yang pertama kali kesana, ntar kasi tahu ke bapak angkotnya aja biar diturunin di Kampung gajah

 

Untuk masalah jam operasionalnya bagaimana?

 

Yappp…ini penting juga nih, biar gak salah waktu kesananya. Kampung Gajah ini buka setiap hari. Di hari Senin-Jumat buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB sedangkan untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur buka dari pukul 08.00 – 18.00.

 

Buat info lebih lengkapnya tentang kampung Gajah ini, bisa cek di:

Website : www.kampunggajah.com

Instagram : @kampunggajah_wonderland

You May Also Like