Urusan memanjakan perut di Bandung sepertinya memang tidak ada habisnya. Tidak cukup satu hari untuk menjelajahi kota, mencicipi aneka kuliner yang tersedia. Mulai dari saat sarapan sampai makan malam.

Mulai dari makanan berat sampai sekedar cemilan. Ya, untuk urusan pilihan makan, Bandung memang terbilang lengkap. Uniknya, meski terletak di dataran tinggi yang tidak memiliki laut, kota kita tercinta ini juga menyajikan tempat untuk menyantap hidangan laut yang segar.

Salah satu tempat makan seafood yang terkenal di Bandung adalah HDL Cilaki. Konon, restoran legendaris ini sudah berdiri sejak 1983. Dulunya, HDL hanya berupa warung tenda yang terletak di sekitaran Gedung Sate. Bahkan sang pemiliknya sempat menjadi penjual nasi gireng keliling sebelum bisa mendirikan restoran laris ini. Nama ‘HDL’ sendiri sebenarnya merupakan singkatan menu-menu yang disajikan, ‘Hidangan dari Laut’.

Seperti tempat makan enak pada umumnya, HDL Cilaki menjadi pilihan para pecinta kuliner terutama seafood karena rasa masakannya yang enak dengan harga terjangkau. Meski satu menu berkisar dengan harga di atas Rp 10.000,00, porsi yang disajikan berukuran besar. Tak heran, banyak yang berkunjung ke tempat makan ini beramai-ramai, bersama keluarga maupun teman-teman.

 

 

Dengan aneka menu utama yang terbuat dari olahan hewan laut, HDL Cilaki memiliki keunggulan pada sausnya. Satu jenis seafood misalnya, bisa diolah dengan pilihan saus padang, saus singapura, saus rica-rica, saus asam manis, saus tiram, saus lada hitam, dan saus mentega. Pilihan lauknya pun lengkap. Ada aneka jenis ikan, udang dan lobster, cumi, sampai kepiting.

Beberapa menu favorit pelanggan adalah Kepiting Asap Saus Padang, Udang Saus Madu, serta Kerang Saus Padang. Bila menyukai olahan seafood dengan sayur, HDL Cilaki menyajikan Kangkung Cah Komplit dan Sapo Tahu Seafood yang bisa dicoba. Adapun hidangan non-seafood yang juga tersaji di sini di antaranya nasi goreng, mie goreng, dan kwetiau.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 20 menu kuliner yang bisa dicoba, baik yang bercita rasa seafood maupun bukan. Ini karena HDL Cilaki memang sudah memiliki cukup banyak cabang. Selain restoran utamanya di Jalan Cilaki No.36, ada pula cabangnya di taman Cilaki (warung tenda), serta di Jalan Diponegoro, seberang Pusdai Bandung. Jika ditelusuri, ketiga restorannya masih berada dalam kawasan yang sama dan jarak yang cukup dekat satu sama lain. Walaupun beda suasananya, rasa yang disajikan tetap sama: lezat.

Di antara ketiga tempat makan HDL Cilaki, yang paling digemari pelanggan mungkin adalah cabang di Jalan Diponegoro. Selain luas, lokasinya pun strategis, di pinggir jalan raya. Tak heran sejak jam makan siang sampai malam, tempat ini selalu terlihat ramai. Apalagi jika akhir pekan atau hari libur tiba, jumlah pengunjung bisa meningkat dari biasanya.

 

 

Karena nyaris selalu ramai, pelanggan pun perlu sedikit bersabar menunggu pesanannya datang. Namun sepertinya para pelayan di HDL Cilaki sudah terlatih untuk melayani dengan cekatan sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

Sudah mulai lapar? Coba ajak keluarga atau para sahabat mengunjungi salah satu cabang restoran ini, yang buka mulai pukul 10.00-23.00. Selamat berkuliner!

You May Also Like