FASPAY, Online Payment Gateway

https://www.undercover.co.id – Era modern dengan bantuan teknologi internet, mempermudah semua gerakan hanya dalam satu klik. Siapa saja yang memanfaatkan media internet untuk membantu pekerjaannya pasti menyadari bahwa internet sudah mempermudah segalanya.

Dengan internet pula orang-orang bisa melakukan transaksi bisnis, promosi merek, menyiarkan iklan, berita, sampai pada melakukan penawaran produk-produk ke seluruh dunia hanya dengan satu platform.

Kemunculan social media di internet pun menjadi sarana yang semakin mempermudah hubungan komunikasi satu sama lain, tidak hanya dalam satu domisili, tapi juga seluruh dunia.

Perubahan besar ini, akhirnya mempengaruhi pergerakan ekonomi, hubungan sosial dan juga berbagai macam manajemen bisnis digarap dengan memanfaatkan internet. Toko konvensional tidak lagi menjadi satu-satunya tempat bertransaksi, melakukan jual beli, sebaliknya internet menjadi tempat untuk segalanya.

Transaksi Online dengan Faspay

Trend transaksi online pun bermunculan sejak adanya toko online. E-commerce yang menawarkan kemudahan berbelanja produk jasa maupun barang meningkatkan adanya transakasi online.

Bank-bank di seluruh dunia membuka fasilitas untuk memudahkan laku transaksi online tersebut. Diterbitkanlah produk-produk seperti e-banking, faspay, paypal, dan lain sebagainya untuk melayani transaksi domestic sampai transaksi luar negeri.

Pengguna transaksi dalam negeri kebanyakan akan memanfaatkan e-banking, berbeda dengan mereka yang harus melakukan transaksi dengan luar negeri, meski e-bankig bisa membantu, tapi ada online payment yang lebih cocok untuk dipilih, seperti faspay dan paypal.

Profil Faspay Online Payment

Siapa yang belum mengenal faspay? Faspay adalah sebuah jasa penyedia online payment gateway. Fungsinya untuk membantu dan mempermudah proses pembayaran.

Tujuan utama adanya online merchant ini ialah guna memastikan merchant bisa memperoleh semua jenis pembayaran, dalam bentuk apapun melaluo platform transaksi debit atau pun transaksi kartu kredit.

Faspay merupakan online payment gateway yang akan mempermudah penggunanya melakukan transaksi internasional. Model pembayaran faspay menggunakan satu siklus end to end di satu halaman dan selesai saat itu juga

 

Model Transaksi di Faspay

Agar Anda tidak keliru ketika melakukan transaksi dengan Faspay, setelah melakukan pembayaran melalui web faspay, faspay akan menerima direct kembali ke halaman merchant. Dengan transaksi model one step transaction dan two step transaktion, Anda akan diminta mengisi data di halaman web merchant.

 

Dalam one stop transaction. Anda akan mendapatkan redirect dari halaman web merchant ke halaman Faspay, di mana kemudian faspay akan mengarahkan kembali Anda ke halaman payment channel. Selanjutnya, Anda harus kembali masukkan data kemudian login, baru bisa melakukan pembayaran pada payment channel yang dipilih.

Bukti transaksi akan diberikan ke akun faspay Anda. Di satu hari yang sama setelah melakukan transaksi, Anda bisa melihat notifikasi di channel faspay Anda, yang menginformasikan transaksi berjalan lancar atau gagal.

Two Step Transaction Faspay

Meski one step transaction mudah dilakukan di Faspay, online payment gateway ini menyadari kebutuhan Anda dari segala sisi, sehingga membuka juga penawaran melakukan transaksi dengan two step transaction. Jenis pembayaran ini menuntut Anda untuk masuk ke halaman faspay untuk memasukkan data-data pembayaran.

Transaksi dengan two step transaction bisa dilakukan melalui ATM atau alat transaksi lainnya. Kemudian, Anda harus memasukkan data transaksi Anda di halaman faspay. Sebelum melakukan transaksi, Anda sendiri yang harus memilih payment channel mana saja yang akan dijadikan jalur transaksi di halaman Faspay.

Sistem akan menunggu Anda menyelesaikan pilihan sampai melakukan transaksi pembayaran yang Anda lakukan secara terpisah. Ketika sudah dilakukan pembayaran, akun Faspay Anda akan memperlihatkan notifikasi pembayaran dari channel transaksi.

Jenis payment channel yang bisa diintegrasikan dengan transaksi debit di Faspay

Kode     Payment Channel

302         TCash Web Checkout

303         XLTunai

305         Mandiri Ecash

307         Indosat Dompetku

400         BRIMoCash

401         BRI ePay

402         Permata Net / Permata Virtual Account

405         BCA KlikPay

406         Mandiri Clickpay

407         BII Mobile Banking

408         BII Virtual Account

700         CIMB Clicks

701         Danamon Online Banking

702         VA BCA

703         ATM Mandiri

704         Sakuku

706         Indomaret Payment point

707         Alfagroup

708         Danamon VA

709         Kredivo

800         BRI VA

801         BNI VA

802         Mandiri VA

Table Payment Channel Faspay

One Step Transaction   

TCash Web Checkout (302)

Mandiri Ecash (305)

Indosat Dompetku (307)

BRI ePay (401)

Permata Net (402)

BCA KlikPay (405)

Mandiri Clickpay (406)

Credit Card (500)

CIMB Clicks & Rekening Ponsel (700)

Danamon Online Banking (701)

Sakuku (704)

Two Step Transaction   

Mandiri VA (802)

BNI VA (801)

Alfagroup (707)

XLTunai (303)

BRIMoCash (400)

Permata Virtual Account (402)

BII Mobile Banking (407)

BII Virtual Account (408)

VA BCA (702)

ATM Mandiri (703)

Indomaret Payment point (706)

 

 

Proses integrasi debit Faspay

Integrasi debit faspay terbagi dalam empat langkah, sebagai berikut:

  1. POST

Pertama dilakukan post data terlebih dahulu. Agar bisa menggunakan faspay, merchant harus memasukkan data ke server. Faspay server kemudian akan merespon, yang selanjutnya Anda akan menerima informasi TRX_ID (ID transaksi).

  1. REDIRECT

Setelah respon diberikan kepada Anda. langkah selanjutnya yang musti Anda lakukan ialah mengonfimasi balik informasi TRX_ID transaksi yang diberikan pada Anda. Redirect diakukan oleh merchant ke URL Faspay yang disertai dengan query string.

  1. PAYMENT NOTIFICATION

Setelah proses nomor tiga selesai dilakukan, merchant kemudian dapat melakukan transaksi. Status payment akan dikirimkan oleh server faspay ke server merchant setelah paymen dilakukan.

Oleh karenanya, merchant harus memastikan telah menyiapkan akun husus untuk menerima status transaksi setiap saat dari Faspay.

  1. CALLBACK

Callback akan dilakukan melalui akun khusus merchant, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penting untuk merchant memiliki akun khusus. Selain untuk laporan payment dari server, akun ini akan menjadi tempat proses callback ke faspay.

Akun ini juga yang akan menjadi wadah merchant bisa berkomunikasi dan mengucapkan terimakasih atas layanan transaksi yang sudah diberikan faspay ke merchant.

 

Fakta penting lainnya tentang Faspay

Ada beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui tentang faspay. Tidak hanya soal kemudahan transaksasinya saja melainkan terkait juga dengan legalitas faspay untuk Anda.

Anda tidak perlu khawatir menggunakan faspay, karena platform ini sudah mendapakan ijin operasi dari Bank Indonesia. Perusahaan payment gateway ini merupakan bentukan asli dari Indonesia.

Faspay merupakan brand merek dari PT Media Indonusa. Perusahaan ini menjadi perusahaan payment gateway pertama di Indonesia yang memperoleh ijin operasional di Indonesia.

 

baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

50 Usaha Rumahan di Indonesia

Panduan Bisnis Online Terlengkap

900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri

 

 

 

Pembentukan Awal FASPAY

Perusahaan payment gateway merupakan gagasan ASTEL Group pada tahun 2009. Perusahaan ini dibentuk dengan konsep menghubungkan pemilik e-commerce dan konsumen yang ingin melakukan pembayaran secara online.

Perusahaan mengagas pembayasan secara online tersebut melalui layanan virtual account, internet banking, e-money, serta kartu kredit. Sampai sekarang, operasional Faspay sudah dimanfaatkan oleh lebih dari seribu pedagang online dari berbagai lini industri.

baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

Dengan sudah ada pengakuan dari Bank Indonesia, artinya ada aturan main yang jelas dan pergerakan bisnis pun menjadi lebih terarah. Transaksi yang dilakukan oleh masyarakat, antara pedagang dengan konsumen pun menjadi lebih terjamin keamanannya.

You cannot copy content of this page