https://www.jkietee.com – Sebagaimana slogannya, Traveloka berhasil menjadi situs booking tiket pesawat nomor satu di Indonesia.

Lebih dari itu, start up yang berdiri sejak tahun 2012 ini pula menjadi nomor satu dalam booking hotel, serta melayani paket wisata, tiket Kereta Api dan lainnya.

Segala layanan yang diberikan Traveloka begitu memanjakan para traveller dengan kemudahan dan harga spesial yang ditawarkan.

Hingga awal tahun 2017, Traveloka mencatat sudah melayani lebih dari 7 juta customer. Kemudahan melakukan booking menjadi andalan Traveloka yang ditawarkan kepada pelanggannya.

“Lebih dari 7 juta konsumen telah menggunakan aplikasi Traveloka karena menawarkan banyak kemudahan,” ujar Head of Marketing Traveloka, Dannis Muhammad, kepada SWA.

Traveloka Dan Partner Maskapai Penerbangan

Saat ini, Traveloka telah memiliki jaringan yang sangat luas. Sebanyak 70 maskapai domestik dan internasional menjalin kerja sama dengan Traveloka.

Partner maskapai tersebut menjangkau lebih dari 100 ribu rute baik di Asia, Eropa hingga Amerika. Pun dalam hal booking hotel. Lebih dari 100 ribu hotel telah berpartner dengan situs berlogo burung tersebut.

Pun dengan aplikasi Traveloka yang didownload jutaan orang. Dikabarkan SWA, jumlah pengguna aplikasi Traveloka terus meningkat.

Bahkan tren saat ini pengguna aplikasi tengah meningkat hingga 50 persen. Tahun lalu, aplikasi Traveloka diunduh oleh 10 juta orang.

Lalu di tahun ini sudah meningkat menjadi 15 juta pengunduh. Angka yang sangat fantastis untuk aplikasi booking perjalanan dan hotel yang biasanya hanya ramai saat liburan.

Meski usianya terbilang muda, Traveloka telah menembus pasar Asia Tenggara dengan sangat cepat.

Tak hanya melayani customer asal luar negeri, start up teknologi tersebut pula membangun kantor cabang di ibu kota negara-negara tetangga.

Sejak tahun 2015, beberapa kantor cabang Traveloka telah berdiri di Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Manila dan Ho Chi Minh City.

Penghargaan Untuk Traveloka

Beragam penghargaan juga diraih start up yang didirikan tiga pemuda ahli IT, Derianto Kusuma, Ferry Unardi dan Albert tersebut.

Sebut saja penghargaan BrandZTM di kategori One to Watch dari WPP dan Millward Brown. Dikabarkan Republika, Traveloka mendapat nilai Brand Contribution mencapai di atas 60 persen.

Dengannya Traveloka didapuk menjadi brand teruat di sektor online. Selain itu, Traveloka juga masuk dalam Top 20 Most Meaningful Brands di Indonesia.

Selama dua tahun berturut-turut pula, penyedia aplikasi booking tersebut meraih Top Brand Award di dua kategori, yakni Situs Online Booking Tiket Pesawat dan Situs Online Reservasi Hotel. Penghargaan prestise ini tentu mengangkat nama Traveloka di antara pesaingnya.

Menurut Dannis Muhammad, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras tim untuk pelayanan terbaik bagi customer. Pihaknya pun menjanjikan akan terus memberikan pelayanan ekstra kepada para traveller.

“Keberhasilan Traveloka meraih gelar ini selama dua tahun berturut-turut merupakan buah dari kerja keras kami dalam menjaga konsistensi standar dan kualitas pelayanan untuk seluruh pelanggan Traveloka.

Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh para pelanggan dan rekan bisnis Traveloka,” tutur Dannis, dilansir bisnis.com.

Layanan Utama Traveloka

Booking tiket pesawat dan reservasi hotel merupakan dua layanan utama Traveloka. Dua layanan tersebut kemudian dilebur agar customer dapat melakukan booking keduanya dalam satu order, baik destinasi lokal maupun internasional.

Layanan pesawat plus hotel tersebut baru saja diluncurkan Traveloka pada awal Juni. Kombinasi harga pun ditawarkan untuk menarik minat customer, termasuk diskon hingga 40 persen yang diberikan untuk paket tersebut.

Menurut Wakil Direktur Senior Pengembangan Bisnis Traveloka, Caesar Indra, layanan paket pesawat plus hotel dibuat berdasarkan masukan dari para pelanggan.

Mereka paracustomer membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencari penerbangan dan hotel secara terpisah. Dengan adanya paket duo tersebut, maka pelanggan diberi kemudahan dengan hanya membandingkan harga paket sesuai budget yang dimiliki.

“Kami harap produk paket pesawat dan hotel bisa menjadi solusi bagi yang merencanakan perjalanan, terutama mereka yang tidak punya banyak waktu untuk melakukannya,” ujar Indra, dikutip dari SWA.

Booking Tempat Wisata Dengan Aplikasi Traveloka

Selain paket penerbangan plus hotel, sebuah layanan lain pun baru saja dirilis Traveloka. Layanan tersebut yakni pemesanan tiket masuk tempat rekreasi. Fasilitas booking “Aktivitas dan Rekreasi” ini pastilah disambut baik oleh para traveller.

Mereka dapat merencanakan perjalanan lengkap, dari penerbangan pulang pergi, hotel menginap, hingga tempat wisata dalam satu aplikasi.

Layanan ini pula sangat memudahkan para traveller setiba di tempat rekreasi tujuan. Dengan melakukan booking tiket tempat wisata di Traveloka, customer tak perlu mengantre apalagi mencetak tiket. Mereka hanya perlu menunjukan e-tiket yang ada pada aplikasi.

Tempat wisata yang bermitra dengan Traveloka pun sangat banyak. Untuk wisata domestik, ada ribuan pilihan tempat rekreasi di 100 kota yang tersebar hingga 27 provinsi Indonesia.

Beberapa tempat wisata populer pun tersedia seperti Taman Impian Jaya Ancol, Trans Studio Bandung, Jungleland Bogor, Waterboom Bali, Kidzania Jakarta, dan masih banyak lagi.

Untuk wisata luar negeri, Traveloka memberikan banyak pilihan, seperti Universal Studios Singapore, Legoland Malaysia, Hong Kong Disneyland hingga F1 Singapore Grand Prix 2017 yang dijadwalakan bulan September esok.

“Kami melihat bahwa pemesanan tiket aktivitas dan rekreasi merupakan salah satu elemen pendukung perjalanan dan liburan.

Maka dari itu, kami menghadirkan layanan ini sehingga pelanggan bisa dengan mudah memesan tiket perjalanan, akomodasi, hingga aktivitas dan rekreasi, hanya melalui satu aplikasi,” ujar SVP Business Development Traveloka, Christian Suwarna, dilansir laman jurnas.com.

Traveloka Memberi Rekomendasi Terbaik

Satu layanan lagi yang memanjakan para pecinta travelling dari Traveloka, yakni adanya rekomendasi. Bisnis di ranah traveling selalu mengutamakan pengalaman pelanggan atau guest experience. Pengalaman yang baik dari satu traveller, akan menarik banyak traveller lain. Karena itulah rekomendasi sangat penting untuk mereview fasilitas yang akan dibooking.

Pemberian rekomendasi tersebut diberikan Traveloka bukan dinilai dari segi bisnis melainkan dari review para tamu langsung. Dari review tersebut, Traveloka memberikan penilaian terhadap hotel untuk menjadi bahan rekomendasi customernya. Penilaian Traveloka dilakukan dengan cara merilis daftar hotel terbaik dan memberikan penghargaan kepada hotel-hotel tersebut.

Traveloka Hotel Awards merupakan salah satu acara Traveloka yang dihelat di kota-kota besar nusantara, yakni Bali, Jogja, Bandung, Surabaya dan Jakarta. Tahun ini, sebanyak 240 hotel diberi penghargaan oleh Traveloka yang semuanya dinilai berdasarkan review customer.

Dilansir Kompas, Country Market Manager Traveloka, John Safenson menjelaskan bahwa penilaian diambil dari ulasan tamu yang menginap di hotel dan memesan melalui Traveloka. Jadi, penghargaan tidak didasarkan jumlah bintang yang dimiliki hotel, melainkan dari tamu yang merasakan layanan hotel tersebut secara langsung.

Penilaian dilakukan selama satu tahun dengan tiga kategori kelas, yakni Prestige Category (pengalaman menginap melebihi ekspetasi), Premium Category (pengalaman menginap dengan kenyamanan maksimal) dan Value Category (menginap berkualitas dengan harga terbaik). Aspek yang dinilai di antaranya makanan (Food & Beverage), pelayanan (Service), Kebersihan (Cleanliness), dan nilai secara keseluruhan.

“Kami berharap penghargaan ini semakin memperkuat komitmen Traveloka bersama rekan-rekan hotel untuk selalu memberikan guest experience yang terbaik,” tutur Safenson dikutip dari Tribunnews.

baca juga

    Traveloka Sukses Dengan Traffick Visitor Website Yang Tinggi

    Demikianlah cara Traveloka memanjakan customer. Dengan banyaknya layanan unggulan, Traveloka menjadi salah satu pilihan utama penyedia jasa jalan-jalan bagi para traveller. Tak heran jika kemudian perusahaan ini melesat dengan cepat dari situs info traveling yang tak dikenal, hingga menjadi situs booking online nomor satu di Indonesia.

    Mengutip kisah salah satu founder Traveloka, Ferry Unardi tentang bagaimana usahanya dimulai dari nol hingga menjadi Traveloka seperti sekarang. Ia mengisahkan bagaimana timnya mendapat banyak penolakan dari maskapai di awal launching. Saat itu tak ada satupun maskapai yang mau bekerja sama.

    Namun setelah Ferry dan kawan-kawannya berhasil menaikkan traffic website Traveloka, justru maskapai-maskapai tersebut yang mendatangi mereka. Semua itu hasil kerja kerasnya bersama dua co-founder lain yang juga sahabatnya saat belajar dan bekerja di Amerika, Derianto Kusuma dan Albert.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like