Bisnis makanan selalu menggiurkan karena menjadi kebutuhan setiap orang setiap saat. Namun ternyata, meski potensi bisnis makanan sangat besar, tak sedikit pelaku usaha kuliner yang gulung tikar. Cukup banyak pelaku usaha makanan yang bangkrut karena tak melakukan strategi penjualan yang tepat. Hindari kebangkrutan, coba cara berikut ini agar bisnis kuliner Anda melesat dan penjualan produk makanan meningkat.

Cara Meningkatkan Penjualan Makanan & Minuman

  1. Brand Menarik

Jika Anda belum memiliki brand untuk bisnis kuliner Anda, cobalah memikirkan sebuah nama yang unik dan menarik. Buatlah brand yang sederhana namun dapat segera diingat oleh orang yang membacanya. Setelah itu, pajang brand tersebut pada banner yang besar di depan tempat usaha. Patikan banner dibuat apik agar menarik perhatian orang yang lewat.

  1. Sebar Brosur

Cetaklah brosur yang menampilkan menu unggulan dan kalimat promosi yang menarik. Lalu sebar brosur tersebut di sekitar lokasi usaha. Pemberian kupon diskon di dalam brosur juga dapat menarik minat masyarakat sekitar untuk mencoba produk Anda.

  1. Beri Diskon

Berilah diskon besar pada momen tertentu bisnis Anda. Sebut saja saat pembukaan tempat usaha atau grand opening, atau saat hari jadi setahun dua tahun dan seterusnya. Cara ini dapat menjadi strategi promosi yang jitu untuk meningkatkan penjualan produk makanan Anda.

  1. Buat Acara

Selain memberi diskon, momen spesial juga dapat dimeriahkan dengan mengadakan acara. Undanglah masyarakat sekitar dan media, beri jamuan produk makanan Anda. Selain mengenalkan brand, hal ini juga dapat dilakukan sebagai strategi promosi yang disambut hangat dan pastilah mendapat respons yang positif.

  1. Pelayanan Ramah

Pelayanan menjadi salah satu faktor utama kesuksesan penjualan produk, termasuk makanan. Masyarakat pada umumnya enggan membeli produk makanan Anda jika mendapati pelayanan yang ketus lagi lamban. Selezat apapun menu makanan yang dijual, mereka tak akan kembali lagi jika mendapati pelayanan yang tak mengenakkan hati. Karena itu, layanilah pembeli dengan ramah. Pelayanan yang cepat juga akan mendapat nilai tambah brand Anda.

  1. Menjaga Kualitas

Hal inilah yang sering kali diabaikan para pelaku usaha. Alhasil, mereka tak mampu mempertahankan bisnis kecuali dalam hitungan waktu yang singkat saja. Agar produk makanan Anda terus laris dan penjualannya selalu meningkat, Anda harus selalu menjaga kualitas produk. Jika Anda kewalahan menerima pesanan, lebih baik membatasinya daripada menambah kuantitas namun mengesampingkan kualitas.

  1. Inovasi Produk

Selain menjaga kualitas, melakukan inovasi juga wajib Anda lakukan agar usaha tak lekas mati. Lakukan inovasi dengan menambah varian atau menambah menu baru. Dengan adanya inovasi, pelanggan tak akan merasa bosan. Menambah menu dan varian juga berdampak besar pada meningkatnya penjualan.

  1. Buka Jaringan

Jalinlah kerja sama dengan pebisnis lain yang juga bergelut di ranah yang sama. Catering misalnya. Bukalah jaringan komunikasi dengan para pelaku bisnis catering agar produk Anda dapat menjadi salah satu menu mereka. Selain itu, Anda juga dapat menjalin kerja sama dengan orang lain dalam bentuk waralaba atau franchise.

  1. Promosikan di Medsos

Media sosial merupakan alat promosi gratis yang sangat efektif. Manfaatkanlah medsos untuk mengenalkan brand Anda lebih luas. Settinglah lokasi akun di kota tempat usaha Anda. Dengannya, Anda akan mendapat follower ataupun fans yang tinggal di kota yang sama. Jika produk makanan bersifat awet dan dapat dipaketkan, Anda bahkan dapat membuka toko online dan gerai di marketplace.

 

Jika saat ini lokasi usaha Anda sepi pembeli, jangan berkecil hati. Koreksilah kesalahan Anda dalam membangun usaha makanan. Coba pula cara-cara di atas agar penjualan terus meningkat. Jika Anda giat, cara-cara tersebut dapat terasa dampaknya dengan cepat. Bisa jadi, besok Anda akan kebanjiran pesanan dan lokasi usaha Anda dipenuhi antrean yang panjang. Selamat mencoba.

 

5 Cara Segar Meningkatkan Penjualan Produk Minuman

 

Membuka usaha minuman sebetulnya memiliki tantangan yang cukup berat. Mengingat bisnis di ranah ini tergolong musiman dan memiliki persaingan yang ketat. Namun bisnis ini pula menjanjikan laba yang sangat banyak. Karena itulah banyak pelaku usaha yang tergiur bisnis minuman meski cepat gulung tikar. Cara berikut merupakan tips meningkatkan penjualan produk minuman agar Anda mampu meraih sukses dan bertahan di ranah bisnis ini bertahun-tahun lamanya.

  1. Kemasan yang Cantik

Buatlah kemasan yang cantik dan menarik. Saat ini tren masyarakat ialah memfoto minuman mereka untuk diunggah di media sosial. Tentu hanya minuman dengan kemasan menarik saja yang mereka beli. Saat ini pula begitu banyak ragam minuman yang menjual produk dengan kemasan yang berharga jual.

Jangan kalah bersaing, desainlah kemasan produk minuman Anda secara eksklusif dan beda dari yang lain. Dengannya banyak orang tertarik, membeli kemudian mengunggah fotonya di media sosial. Makin banyak yang mengunggah, produk Anda menjadi viral, Anda pun memiliki keuntungan seakan beriklan secara gratis.  Tentu hal ini akan sangat berdampak besar pada peningkatan penjualan.

  1. Memiliki Banyak Varian

Minuman yang itu-itu saja pastilah sangat membosankan. Buatlah banyak varian rasa agar konsumen selalu kembali untuk membeli. Varian rasa ini bisa didapat dari beragam jenis buah-buahan yang berjenis sangat banyak, atau mengikuti tren yang tengah booming. Jika sulit mencari suplier bubuk minuman, buat sendiri varian minuman Anda.

Ikuti perkembangan tren masyarakat, lalu berinovasilah pada produk Anda. Jika Anda malas berinovasi rasa, satu per satu pelanggan Anda akan kabur karena bosan. Bahkan jenis minuman sehari-hari seperti teh pun memerlukan inovasi rasa. Jika teh saja memiliki banyak varian rasa, tentu menjual produk minuman jenis lain pun membutuhkan inovasi yang lebih kreatif lagi.

  1. Warna-Warni

Aneka warna dalam minuman menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik minat pembeli. Selain kemasan yang menarik, warna minuman juga menjadi daya tarik visual yang mampu menarik rasa penasaran calon pembeli. Bahkan tak hanya satu warna per varian, Anda juga bisa berinovasi dengan mencampurkan aneka warna dalam satu kemasan.

Namun tentu satu hal yang perlu diperhatikan ialah bahan pewarna yang digunakan. Pastikan pewarna makanan dalam komposisi produk minuman bukanlah bahan kimia berbahaya. Promosikan bahwa produk minuman Anda menggunakan pewarna makan alami. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk meningkatkan penjualan produk minuman.

  1. Jaga Kualitas

Kualitas mutu produk minuman haruslah dijaga dengan sangat baik. Hal ini sering disepelekan pelaku usaha minuman khususnya waralaba. Meski bahan baku berasal dari pusat, minuman waralaba sering kali memiliki kualitas yang berbeda. Hal ini karena tidak adanya pengawasan mutu produk.

Padahal konsumen merasakan betul jika kualitas produk Anda menurun. Mereka akan kecewa jika mendapati semakin hari rasa minuman berbeda dari pertama kali mencicipi. Anda pun akan kehilangan pelanggan begitu saja. Karena itulah, Anda harus menjaga kualitas produk minuman. Menjaga kualitas jauh lebih utama dibanding sekedar ingin mengantongi laba lebih banyak dengan mengurangi standar bahan produksi.

  1. Harga Standar

Pasanglah harga sesuai pasaran, tidak terlalu mahal namun juga tidak murahan. Sesuaikan harga dengan kualitas bahan. Anda juga perlu mempertimbangkan harga pasaran minuman pesaing serta kondisi masyarakat sekitar. Tentu berbeda jika Anda menjual minuman di kawasan mall dan di tengah pemukiman penduduk. Berbeda pula jika Anda menjual di depan gedung sekolah dasar atau di depan sekolah menengah atas.

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Sebelum mematok harga. Lakukanlah survei harga pasaran serta harga yang sekiranya masuk akal dikeluarkan pembeli. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan pola memperoleh omzet yang besar ketimbang mengambil laba besar namun omzet kecil. Terapkan semua cara di atas dan lakukanlah secara konsisten. Dengannya Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan produk minuman.

You May Also Like