Berjualan di Instagram memiliki prospek yang menjanjikan. Mengingat pengguna Instagram di Indonesia menempati urutan ketiga terbesar dunia.

Jika Anda termasuk salah satu pelaku usaha yang memanfaatkannya, maka hal tersebut sangatlah tepat. Instagram merupakan satu dari sekian cara yang paling jitu untuk meningkatkan penjualan.

Bahkan tak perlu bayar dan memasang iklan, Anda dapat meraup banyak omzet melalui Instagram, asal mengetahui strategi marketing yang tepat.

 

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Instagram

 

 

  1. Miliki Banyak Follower

Banyaknya follower Instagram berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan. Karena itu kumpulkanlah follower sebanyak-banyaknya. Namun hindari mengumpulkan follower dengan cara membelinya. Kumpulkanlah secara natural, tanpa mengeluarkan biaya. Meski membutuhkan banyak waktu dan tenaga, cara tersebut sangat aman dan tak banyak merugikan akun Anda dengan banyaknya spam.

  1. Aktif Posting

Aktiflah dalam memposting konten yang menarik. Tak harus tentang produk yang Anda jual, posting bisa juga tentang hal lain yang bermanfaat dan disukai follower. Misal, Anda berjualan fashion Muslimah, berilah tips ataupun tutorial berhijab. Atau jika Anda berbisnis kuliner, posting lah foto ataupun video memasak yang menggugah seera, dan lain sebagainya. Anda bisa juga memposting meme lucu ataupun quote inspiratif.

  1. Posting Setiap Hari

Agar toko Anda mendapat kesan positif dari para follower, pastikan melakukan posting setiap hari. Dengannya, kesan bahwa Anda aktif dan selalu siap melayani pesanan pun akan terbentuk. Selain itu, lakukan posting di jam-jam aktif Instagram, yakni saat jam sarapan, istirahat siang dan menjelang tidur.

  1. Aktif Komen

Selain aktif posting, Anda juga harus aktif dalam menulis komentar ataupun sekedar me-like akun-akun follower atau target follower Anda. Dengannya, Anda melakukan pendekatan dan interaksi sosial yang dapat berdampak pada perhatian mereka terhadap akun Anda. Tak jarang di antara mereka akan membuka halaman profil Anda yang dengannya Anda melakukan promosi dan pengenalan produk secara tidak langsung. Tentu hal tersebut berdampak pula pada peningkatan penjualan.

  1. Lengkapi Profil

Calon pembeli yang mengintip profil Anda akan segera kabur jika tak ada keterangan meyakinkan dari halaman profil. Karena itulah sangat penting untuk memberi informasi secara lengkap di halaman profil, terutama alamat dan nomor kontak. Anda juga bisa menulis produk apa yang anda jual, serta link menuju toko online ataupun marketplace tempat Anda berjualan.

  1. Adakan Kontes

Kontes atau giveaway menjadi jalan mendapat banyak follower atau calon pembeli. Tak perlu mengeluarkan uang untuk memberi hadiah kontes. Anda cukup menyediakan beberapa sampel produk yang Anda jual sebagai hadiah kontes tersebut. Pasanglah ketentuan kontes untuk memfollow akun jualan Anda. Lewat kontes Instagram Ini, Anda mampu meningkatkan penjualan dengan cepat.

  1. Jalin Relasi

Jalinlah relasi dengan teman-teman pelaku bisnis lewat Instagram. Saling mempromosikan akun akan menjadi jalan berbagi follower. Bahkan dari pesaing, Anda bisa mengintip follower mereka, lalu jadikan mereka follower Anda dengan memfollow, memberikan komentar dan lain sebagainya.

  1. Hashtag yang Tepat

Cara lain untuk meningkatkan penjualan lewat instagram yakni memanfaatkan hashtag. Tulislah di setiap postingan Anda, beberapa hashtag populer yang sering kali muncul dalam keyword pencarian. Dengannya, foto produk jualan Anda dapat dengan mudah ditemukan di antara jutaan foto di Instagram.

  1. Perhatikan Visual

Konten yang menarik secara visual biasanya disukai para pengguna Instagram. Dengan menampilkan konten tersebut, Anda berpeluang mendapat lebih banyak follower. Buatlah gambar yang menarik dengan tambahan logo brand produk jualan Anda, atau dapat pula sebuah infographic yang menarik perhatian.

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

  1. Tampilkan Proses Produksi

Jangan hanya membagikan foto produk dan testimoni pelanggan, sekali-kali bagilah foto ataupun video dibalik layar pembuatan produk dan proses jasa. Hal ini akan sangat menarik perhatian follower dan meningkatkan kepercayaan mereka pada Anda. Cobalah cara ini dan cara di atas. Meski tak mengeluarkan biaya, cara-cara tersebut ampuh dalam meningkatkan penjualan lewat Instagram.

 

You May Also Like