Anda baru saja membuka usaha kaos distro? Baru memulai bisnis konveksi kaos? Atau bahkan sudah lama menjalankan bisnis kaos namun tak pernah mengalami peningkatan penjualan?

Jangan khawatir, Anda hanya perlu mengetahui rahasia dibalik suksesnya usaha kaos baik dalam hal produksi maupun marketing. Praktekkan strateginya agar upaya meningkatkan penjualan kaos bukan lagi hal yang sulit.

  1. Targetkan pasar

Targetkan pasar kaos dengan sangat spesifik. Strategi ini tidak cukup sekedar menargetkan pasar berdasarkan usia dan gender, misalnya pria muda berusia 17 hingga 35 tahun. Buatlah target pasar yang jauh lebih spesifik, dengan menargetkan komunitas tertentu, atau kelompok tertentu.

 

Sebagai contoh, pria muda hobi fotografi, atau ibu muda yang tengah hamil dan menyusui, kaos kampus ala mahasiswa, remaja wanita muslim, kaos anak muslim, pria dewasa hobi bersepeda, kaos pecinta hewan peliharaan dan masih banyak lagi.

Selain itu, target kelas masyarakat atau penghasilan masyarakat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Jika target Anda kelas menengah ke atas, maka ketahui selera mereka terutama dalam hal kualitas produk, ketahui pula hobi dan kesukaan mereka, serta pelajari brand-brand yang populer di kalangan tersebut.

Semakin spesifik pasar Anda, maka akan semakin mudah untuk melakukan marketing, semakin fokus dalam pemasaran dan tentu semakin mudah untuk meningkatkan pendapatan.

 

  1. Jual online dan offline

Jangan puas jika sudah memiliki toko kaos yang apik dan menarik. Bukalah sebuah toko offline dan upayakan traffic yang tinggi pada toko online tersebut. Pun sebaliknya, jika Anda memiliki toko offline, sudah saatnya untuk membuka gerai fisik. Memiliki kedua jenis toko akan saat menguntungkan dan mampu meningkatkan pendapatan kaos dengan cepat.

Ssst, Ini Rahasia Meningkatkan Penjualan Kaos dengan Cepat Khusus untuk offline, Anda juga perlu mempromosikan toko melalui media sosial. Tak hanya satu, lakukanlah di berbagai medsos sekaligus, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, Path, Youtube dan lain sebagainya.

Jika ada anggaran lebih, pasanglah iklan di medsos tersebut. Pasang pula google adwords agar toko Anda dipromosikan oleh mesin pencari google.

  1. Buat label keren

Label ataupun merek kaos ternyata mampu menjadi pertimbangan seseorang untuk membelinya. Buatlah label yang apik lengkap dengan logo yang kreatif. Buat pula brand kaos sekeren mungkin. Setelah itu, besarkan brand atau label Anda dengan cara melakukan promosi secara masif.

 

Makin terkenal label Anda di kalangan publik, makin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

Selain itu, sablonlah label di setiap kaos, baik logo maupun brand Anda. Sertakan pula informasi mengenai bahan yang digunakan, ukuran kaos, serta panduan mencuci. Meski nampak sepele, sablon label sangat berpengaruh pada nilai dan daya jual kaos. Minimal, usaha Anda akan dikenal sebagai brand yang bernilai tinggi.

  1. Buat hang tag

Pada produk fashion secara umum, hang tag hanya berisi informasi harga dan barcode. Buatlah hal berbeda dengan membuat hangtag yang menarik dan berlapis. Isinya bisa berisi logo, brand, slogan, informasi ukuran, alamat media sosial, alamat toko online, kisah usaha dan lain sebagainya.

Cara ini bisa Anda tiru dari brand distro luar negeri ataupun jersey tim sepak bola. Pembuatan hangtag merupakan cara jitu meningkatkan harga kaos Anda.

 

  1. Kemasan menarik

Saat ini banyak sekali ide kemasan menarik untuk beragam jenis usaha, termasuk fashion. Lupakan plastik untuk kemasan kaos Anda. Buatlah kemasan yang menarik dan kreatif.

Selain meningkatkan nilai jual, kemasan yang apik akan membuat konsumen melirik. Bahkan meski sekedar mengganti kemasan plastik biasa dengan plastik tebal ziplock, kaos Anda sudah memiliki nilai lebih.

Demikian lima poin dari sekian banyak cara meningkatkan penjualan kaos. Selain rahasia bisnis kaos yang telah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti membuka peluang distributor dan reseller, melakukan endorse pada artis terkenal ataupun selebgram dan vlogger

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

buat database pelanggan dan beri diskon berkala, serta cara lain yang dapat membuat penjualan Anda melesat dengan cepat.Ssst, Ini Rahasia Meningkatkan Penjualan Kaos dengan Cepat

 

Tips dan Trik Jitu Meningkatkan Penjualan di Bukalapak

Persaingan antar penjual di bukalapak sangatlah ketat. Selain banyaknya jumlah mereka, ternyata produk yang dijual pun sering kali sama namun dengan harga yang berbeda. Karena itu, penjual atau pelapak harus memiliki cara jitu untuk meningkatkan penjualan bukalapak.

  1. Sering gunakan fitur push

Lakukan sesering mungkin fitur push agar produk yang Anda jual selalu berada di halaman pertama daftar pencarian barang di bukalapak. Hal ini memang cukup merepotka. Namun dengan munculnya barang Anda di halaman pertama, maka kesempatan barang tersebut dilihat calon pembeli pun sangat lah besar.

  1. Pakai judul yang tepat

Penulisan judul produk yang Anda jual haruslah tepat dan tidak hanya menampilkan merk dan tipe saja. Buat judul yang berisi kata-kata yang menjadi keyword pencarian para costumer bukalapak. Misal, anda menjual baju anak merk tertentu, tulislah judul produk “Baju Anak Bayi dan Balita Branded Murah Meriah”.

  1. Pakai keyword yang tepat

Keyword yang tepat dapat membuat barang Anda mudah ditemukan calon pembeli. Gunakan keyword yang tepat yang sekiranya menjadi keyword favorit para customer bukalapak. Setelah menggunakan keyword yang tepat di setiap produk, Anda juga perlu menggunakan promoted push yang ada pada layanan bukalapak.

  1. Share ke web lain

Promosikan barang jualan bukalapak Anda di website lain, misalnya blog pribadi. Promosi ini akan makin meningkatkan penjualan bukalapak karena barang jualan Anda akan dilihat banyak orang selain pengguna marketplace tersebut. Share ini bisa dilakukan melalui BL Widget yang telah disediakan bukalapak.

  1. Beri diskon

Fitur diskon merupakan salah satu layanan bukalapak. Manfaatkanlah fitur tersebut untuk menarik minat calon pembeli pada barang Anda. Tentu harga diskon akan lebih menarik bagi mereka. Anda juga dapat menggunakan strategi diskon agar tak banyak mengurangi laba penjualan.

  1. Foto menarik

Pajanglah foto yang menarik dan nampak profesional dengan kualitas foto studio. Uploadlah banyak foto yang menampilkan berbagai angle produk Anda. Selain itu Anda juga dapat mengupload real pic untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Namun jangan pajang real pic sebagai foto utama.

  1. Deskripsi produk yang lengkap

Jangan malas menulis deskripsi produk. Tulislah selengkap mungkin dan semenarik mungkin deskripsi produk. Pastikan calon pembeli tak perlu bertanya lagi setelah membaca deskripsi produk Anda.

  1. Responsif

Berilah pelayanan terbaik dengan bersikap responsif pada setiap pertanyaan calon pembeli. Slow respon akan menurunkan kredibilitas Anda sebagai pelapak.

  1. Riset harga

Sebelum mematok harga pada barang Anda, buatlah riset apakah ada barang yang sama dijual di bukalapak. Jika ada, bandingkan harganya. Pastikan Anda menjual tidak lebih mahal. Menjual barang sama dengan harga lebih murah akan membuat calon pembeli memilih lapak Anda. Namun jika sulit menurunkan harga, maka minimal Anda mematok harga yang sama seperti pesaing. Dengannya, Anda hanya perlu bersaing secara kredibilitas pelapak.

  1. Jaga reputasi toko

Pastikan pelayanan Anda selalu ramah dan cepat, bersikap jujur dan tidak menipu pembeli. Pastikan pula barang yang Anda jual sesuai deskripsi dan memiliki kualitas sesuai harga. Lakukan segala sikap etis sebagai penjual untuk menjaga reputasi toko Anda di bukalapak. Sikap negatif Anda sebagai penjual akan ditanggapi pembeli dengan negatif pula. Hal itu dapat merusak reputasi toko Anda dan berakibat buruk pada penjualan.

Baca Juga Strategi Inovasi dan Pertumbuhan bagi UKM

 

  1. Gabung komunitas

Bergabunglah pada komunitas bukalapak untuk menambah pengetahuan Anda tentang penjualan di bukalapak. Komunitas yang berisi para pelapak tersebut berisi share tentang bisnis ataupun tips-tips dalam meningkatkan penjualan di bukalapak. Bacalah dan belajarlah dari mereka.

 

Semua cara di atas diperlukan untuk meningkatkan penjualan bukalapak. Butuh ketelatenan dan ketelitian untuk melakukannya. Karena itu, singkirkan sifat malas Anda jika ingin menjadi pelapak sukses dengan omset yang terus melesat.

 

Berjualan product dan jasa dengan berbeda beda industry akan membutuhkan cara berjualan yang berbeda , penjualan mobil dengan berjualan di e commerce akan jauh berbeda

You May Also Like