Membuka sebuah butik bukanlah hal mudah. Jika saat ini Anda telah memilikinya, maka Anda telah memulai satu langkah kesuksesan, yakni Anda berhasil memproduksi barang sendiri lalu menjualnya. Jika Anda pun sukses memasarkannya, maka Anda pun akan mampu meningkatkan penjualan butik dan meraih kesuksesan sempurna.

13 Terobosan Baru Dalam Meningkatkan Penjualan BUtik

  1. Buat kesan positif

Cara pertama meningkatkan penjualan butik Anda yakni dengan membuat image positif. Selama ini, butik terkenal dengan harganya yang mahal. Ubahlah kesan tersebut dengan melakukan promosi bahwa butik Anda menawarkan harga yang terjangkau.

  1. Buat brosur

Buat brosur menarik dan sebarkan promosi butik Anda kepada target masyarakat yang dituju. Jika Anda menjual baju wanita, maka sebarkan ke kelompok arisan dan ibu-ibu. Jika menjual baju kantoran, maka sebarkan ke para pegawai. Jika menjual baju Muslimah, sebarkan ke kelompok pengajian, dan lain sebagainya.

  1. Ikuti mode

Ikutilah perkembangan mode yang tengah tren. Bisnis di ranah fashion haruslah mengikuti perkembangan yang ada. Tanpa mengikuti tren, Anda akan sulit meningkatkan penjualan butik dan hanya berjalan mundur menuju kegagalan.

  1. Bekerja sama dengan desainer terkenal

Menjalin kerja sama dengan seorang desainer dapat meningkatkan brand butik Anda. Namun Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya. Target penjualan Anda pun mungkin akan berubah dengannya.

  1. Buat toko butik online

Buatlah website butik Anda untuk melayani penjualan online. Menjual secara online akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan butik.

  1. Jual di marketplace lokal dan internasional

Bukalah toko di beberapa marketplace lokal seperti Tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain sebagainya. Buka pula di pasar internasional dengan membuka di Amazon dan eBay.

  1. Beri diskon

Adakan promo harga di hari perayaan tertentu dengan memberikan diskon. Strategi ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung butik Anda. Pelanggan Anda bisa saja bertambah dan tentunya penjualan butik pun akan meningkat.

  1. Promo bonus

Promosi tak selamanya melulu diskon. Anda juga bisa memberikan hadiah beli dua gratis satu misalnya. Hadiah tersebut bisa diambil dari stok lama yang ketinggalan tren atau stok yang tak laku di pasaran. Meski stok lama, pembeli akan merasa senang jika mendapatkan bonus pembelian.

  1. Promo melalui jejaring sosial

Jejaring sosial atau media sosial selalu menjadi alat marketing yang ampuh. Cobalah melakukan promosi dan banding dengan aktif di media sosial seperti instagram, twitter dan facebook.

  1. Pasang Banner

Pasanglah banner besar yang menarik di depan butik Anda. Hal ini akan menarik perhatian orang yang melintas.

 

 

  1. Buat katalog

Buatlah katalog lengkap butik Anda, lalu sebarkan ke komunitas target masyarakat yang menjadi costumer Anda. Katalog yang apik dapat menarik minat mereka untuk berkunjung ke butik, membeli, bahkan menjadi pelanggan. Dengannya, Anda dapat meningkatkan penjualan butik secara efektif.

  1. Beri garansi

Layanilah pembeli seperti raja. Selain pelayanan ramah, berilah layanan lain yang diharapkan mereka. Salah satunya yakni garansi. Berilah garansi kepada pembeli jika mereka merasa memilih ukuran baju yang kurang tepat atau warna yang kurang pas dan lain sebagainya.

  1. Siapkan sistem pembayaran non tunai

Pengunjung butik yang tadinya hanya melihat-lihat, akan tertarik membeli jika Anda melayani pembayaran non tunai. Siapkanlah fasilitas pembayaran tersebut untuk membuka peluang lebih luas bagi butik Anda memperoleh peningkatan pendapatan.

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

 

Selamat mencoba ke-13 cara di atas. Jangan mudah menyerah dan targetkan secara rinci tentang kapan dan berapa persen peningkatan penjualan butik Anda. Saat Anda berhasil melakukannya, maka akan muncul tantangan dan pesaing yang mungkin memaksa Anda untuk terus bekerja lebih keras lagi. Bersiaplah pada setiap tantangan yang ada dan hadapilah dengan terus berusaha dan berdoa. Semoga sukses!

You May Also Like