Hobby Budidaya Ikan  Hias Mas Koki Menjadi Bisnis Beromzet Jutaan  | Berawal dari hoby semasa tidak besar yang suka pelihara ikan, Reza Stefanus (39) yang akrab disapa Reza berhasil buka usaha budidaya ikan hias mas koki (Carrasius Var Auratus) dengan nama Reza Goldfish.
Type ikan mas koki yang diternak serta diperkembang Reza yaitu ikan mas koki type Oranda, Ryukin, serta Ranchu. Ketiga type ikan mas koki itu tengah trend serta laris di market.

Reza bercerita apabila usahanya ini mulai dirintis mulai sejak th. 2003 di Lokasi Tanah Baru, Depok, Jawa Barat. Awalannya Reza pernah buka usaha penjualan alat catat kantor tetapi pada akhirnya menanggung derita kerugian.
“Saya ini memanglah penggemar ikan hias serta saya terlebih dulu juga telah miliki usaha alat catat kantor tetapi usahanya anjlok, ” kata Reza
Kemudian, Reza tanpa ada berniat tekuni pekerjaan baru sebagai seseorang kolektor ikan louhan, kebetulan ikan louhan tengah tren.

Tetapi seiring berjalannya waktu Reza malah banting setir dengan tekuni usaha baru sebagai peternak ikan mas koki. Argumennya, ia memperoleh sepasang induk ikan mas koki hasil pertukaran ikan louhan kepunyaannya dengan seseorang rekan.
“Ikan louhan saya dibarter dengan sepasang mas koki, ” imbuhnya.
Mulai tekuni usaha baru dengan beternak ikan mas koki buat Reza kerajingan. Dengan modal Rp 100 ribu, Reza lalu beli bibit ikan mas koki yang lain untuk di besarkan.

“Awal saya ingat sekali itu Rp 100 ribu modal nya. Modal itu dipakai untuk beli bibit dari petani lain lantaran menanti ikan hasil ternakan saya sangat lama panennya, ” imbuhnya.

Alhasil ikan mas koki yang dipelihara Reza tumbuh tidak kecil. Reza lalu membulatkan tekad untuk jual ikan mas koki kepunyaannya ke sebagian toko ikan hias serta akhirnya cukup lumayan.
“Pendapatan th. 2003 masihlah tidak besar, masihlah beberapa ratus ribu, ” tuturnya.

Menawarkan Ikan Mas Koki Berkualitas

Mempunyai pendapatan tetaplah dari usaha penjualan ikan mas koki buat Reza semakin penasaran. Untuk mendukung usaha ternak ikan hiasnya, di th. 2006 Reza menyewa kolam di daerah Curug Agung, Depok sebagai sarana paling utama bisnisnya. Diatas tempat itu Reza serta sang istri, Mutia Yudharia pelihara ikan mas koki dengan luas tempat pemeliharan sekitaran 195 m2.
Hobby Budidaya Ikan Hias Mas Koki Menjadi Bisnis Beromzet Jutaan Reza mengungkap perlu modal sekitaran Rp 15 juta yang dipakai untuk menyewa tempat, bikin kolam semen, mesin pompa air, perlengkapan akuarium, pakan serta beli sebagian type bibit serta indukan ikan hias mas koki.
“Tahun 2006 modal sewa tempat serta bangun kolam itu Rp 10 juta. Sedang Rp 5 juta itu cost pakan per bln., ” katanya.
Dari modal itu, Reza pada akhirnya mempunyai kolam 10 buah dengan kedalaman sekitaran 30 -50 cm. Ada pula yang memiliki ukuran 5 m x 3 m sejumlah 1 kolam yang berperan tempat spesial ikan kontes. Sedang 12 kolam yang lain yang memiliki ukuran 3 x 2 m berperan sebagai pembesaran ikan serta 2 kolam memiliki ukuran 2 m x 1, 5 m berperan sebagai pembesar juga. Dengan adanya banyak kolam yang dipunyainya, ia membudidayakan semuanya type ikan mas koki dari mulai Oranda serta Ranchu
“Penjualan laris serta keinginan selalu alami penambahan, ” tuturnya.
Dalam penjualan serta pemasaran, Reza tawarkan segi kwalitas dari ikan tersebut. Reza menanggung, ikan yang di jual tak mempunyai penyakit seperti lernaea (cacing perioder), jamur (saprolegniasis), Bakteri Aeromonas (punctata), Bakteri Pseudomonas, sampai bintik putih (white spot).
Untuk menghindar munculnya penyakit itu, Reza teratur melindungi kebersihan kolam pembesaran lewat cara kuras kolam 4 hari sekali.
Saat lakukan pengurasan, ikan mas koki dipindahkan terlebih dulu ke wadah lain seperti baskom yang sudah berisi kombinasi air, garam serta metilen blue (umum dimaksud dengan obat biru) sepanjang sebagian menit.
Ukuran kombinasi air, garam serta metilen blue yaitu untuk satu baskom air ukuran 2 liter ditambah dengan 5 sendok makan garam dapur serta satu ruas kuku jari tengah metilen blue.
Hobby Budidaya Ikan Hias Mas Koki Menjadi Bisnis Beromzet Jutaan
“Beternaknya ini gampang seandainya butuh sabar serta kita rajin seperti mengurusi bayi sampai jadi tidak kecil. Lalu harus juga di perhatikan pakannya, lantaran apa? lantaran marketnya kita ini jual menurut kwalitas per ekornya, ” katanya.
Sedang dari segi kwalitas lain yang di tawarkan ikan mas koki punya Reza diantaranya memiliki bentuk serta ekor yang indah, mempunyai warna sirip yang cerah, kepalanya mirip singa, sampai warna yang bermacam, serta gerakan badannya yang gemulai lemah lembut.

“Ikan mas koki type Oranda ini paling disenangi orang-orang serta biasanya itu semuanya sukai dari type ikan ini. Oranda ini ada warna merah, merah putih, hitam, callilo atau tutul-tutul, ” sebutnya.
Sayangnya untuk memperoleh bibit yang berkwalitas, disadari Reza cukup susah. Dari telur ikan mas koki yang dihasilkan semasing indukan, cuma 5-10% saja yang akan jadi ikan mas koki yang berkwalitas. Hal semacam ini jadi argumen, kenapa harga ikan mas koki yang berkwalitas cukup mahal.

“Dari satu kali bertelur, itu cuma 5-10% yang bagus serta berkwalitas, ” tukasnya.

Cara Promosi dan Jualan Cuma Memakai Facebook

Tingginya kwalitas ikan yang dihasilkan buat harga ikan mas koki punya Reza Stefanus (yang memiliki Reza Goldfish) dibanderol sampai jutaan rupiah. Misalnya ikan mas koki type Oranda usia 2 bln. dibanderol Rp 1 juta/ekor. Sesaat yang berusia 3 bln. telah meraih Rp 1, 5 juta sampai Rp 2 juta per ekornya.

“Ikan mas koki type ini berkwalitas. Di jualpun harga nya lumayan. Harga nya diliat dari ukuran umpamanya usia 2 bln. kita terlepas sekitaran Rp 1 juta/ekor lalu usia 3 bln. dapat hingga Rp 1, 5 juta/ekor, ” sebutnya

Walau harga nya yang tinggi tak menyurutkan ketertarikan beberapa calon konsumen ikan mas koki punya Reza. Mereka lalu berburu type ikan mas koki yang unik serta langka di sosial media Facebook (FB). Reza mengaku tehnik pemasaran/penjualan ikan mas koki kepunyaannya cuma dengan memakai Facebook serta dari mulut ke mulut. Ia mengakui tak mempunyai toko ikan sekalipun.
“Mereka (konsumen) mencari kita di FB serta dari mulut ke mulut sesama kawan-kawan. Saya ini tak mempunyai store (toko), ” paparnya.
Dengan cara tersebut, Reza dapat peroleh omzet teratur cukup tidak kecil rata-rata Rp 30 juta sampai Rp 50 juta per bln.. Omzet juga bergantung bagaimana tingkat produktivitas indukan ikan mas koki yang dihasilkan.
Pria kelahiran Jakarta, 29 September 1977 menjelaskan ikan koki adalah satu diantara type ikan hias yang unik lantaran memiliki bentuk yang indah. Dengan warna sirip yang cerah, kepalanya mirip singa, ekor serta gerakan badannya yang gemulai lemah lembut bikin beberapa orang yang jatuh cinta dengan type ikan ini.
Dari beragam type ikan hias yang ada di Indonesia, dapat disebut ikan type ini yaitu ikan yang paling menguasai serta senantiasa di cari beberapa orang. Dasarnya, meskipun banyak ikan-ikan hias baru bermunculan tetapi peminat ikan mas koki akan tidak pernah mati.
“Pasarnya cukup tidak kecil. Orang beli sesungguhnya orang umum, ada mahasiswa serta banyak dari mereka yang ikhlas beli ikan ini terlebih penggila kontes, ” cetusnya.

Di pasarkan Sampai ke Singapura serta Bidik Pasar Amerika Latin

Cuma dengan Facebook, ikan mas koki punya Reza Stefanus melalang buana sampai keluar negeri. Terkecuali sukses pasarkan sampai semua lokasi Indonesia, ikan mas koki hasil budidaya Reza telah banyak diekspor ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Singapura.
“Kita ekspor itu telah dari 3 th. waktu lalu ke Singapura, ” tuturnya.
Terkecuali Singapura, ikan mas koki punya Reza juga di pasarkan ke Malaysia serta Filipina. Bahkan juga sekarang ini jumlah keinginan ikan mas koki dari ke-2 negara itu cukup tidak kecil
“Paling banyak pula Filipina serta Malaysia, ” ucapnya.
Reza juga mengaku telah banyak keinginan dari negara-negara lain, terutama di Benua Amerika. Sebagian negara dimaksud tertarik untuk menghadirkan ikan mas koki yang di produksi Reza seperti Amerika Serikat, Kanada, Argentina serta Bolivia.
“Yang paling banyak minta itu Argentina serta Bolivia, Kanada ada juga serta Texas juga minta ke saya namun masihlah belum saya penuhi, ” sebutnya.
Sayangnya Reza belum dapat untuk menyuplai ikan mas koki kepunyaannya ke beragam negara di lokasi Benua Amerika. Argumennya yaitu lantaran produksi ikan mas koki kepunyaannya masihlah cukup terbatas. Belum lagi tarif pengiriman (shipping biaya) dari Indonesia ke negara-negara itu cukup mahal yakni dapat meraih Rp 9 juta sekali kirim.
“Permintaan dari Amerika belum dapat saya layani. Masalahnya yaitu jumlah produksi saya yg tidak massal serta biaya kirim yang mengagumkan mahal, ” katanya.
Reza masihlah mempunyai harapan untuk dapat mengerjakan pasar Amerika. Sekarang ini, Reza tengah mengupayakan untuk ekspansi tempat kolam supaya dapat menghasilkan ikan mas koki jauh semakin banyak. Begitu ia dapat penuhi keinginan yang datang dari beragam negara hingga biaya kirim tak demikian mahal.
“Kita ini masihlah taraf tidak besar. Bila ada rejeki, saya ingin ekspansi lebih tidak kecil lagi serta sudah pasti kita menginginkan produksi massal. Hingga harapan saya, pasar Amerika latin dapat dikerjakan, ” tuturnya dengan penuh optimis.

Kelebihan Dengan Usaha Ikan Mas Koki

Reza Stefanus yang memiliki usaha Reza Goldfish mengungkap segi lain dari usaha ikan mas koki. Terkecuali sebagai hewan peliharaan, ikan mas koki juga sering dipertandingkan di beberapa moment baik taraf nasional ataupun internasional.
Hal semacam itu jadi argumen, kenapa ikan mas koki diburu oleh beragam kelompok.
“Ikan ini umumnya orang beli untuk ikuti kontes kecantikan, ” katanya.
Dalam moment kompetisi itu, umumnya ada beragam segi yang dinilai oleh beberapa juri. Seperti memiliki bentuk unik serta indah, warna sirip yang cerah, kepalanya mirip singa, ekor yang bagus serta gerakan badan yang gemulai lemah lembut.
“Yang dinilai itu umumnya dari segi kerapihan seperti siripnya dia terlebih yang ada di punggung. Lantas sisiknya dia mesti mengkilat serta bagus. Lalu kecerahan dia. Nah type Oranda ini bentuk kepala ditetapkan juga janganlah sangat tidak kecil serta tidak besar. Lantas style renang itu point utama serta mesti stabil, ” tuturnya.
Di tingkat nasional, ikan type ini sering dipertandingkan di beberapa kota serta propinsi dengan hadiah yang mengundang selera. Sesaat diluar negeri, negara Singapura serta China kerap mengadakan moment sama dengan hadiah yang lebih tidak kecil.
 
Baca juga
Editor’s Choice
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 
 
“Di luar negeri ada juga kontes kecantikan ikan mas koki terlebih di tingkat Asia. Umumnya di Singapura, namun saat ini banyak berubah ke China, ” sebutnya.
Tekuni usaha ikan mas koki sepanjang 13 th. sampai sukses mengekspor ke beragam negara yaitu prestasi yang cukup membanggakan untuk Reza. Pernah putus harapan lantaran pernah tidak berhasil waktu buka usaha penjualan alat catat kantor, Reza bangkit serta sukses meningkatkan usaha penjualan ikan mas koki.
Jadi entrepreneur berhasil tak bikin Reza tidak kecil kepala. Reza masihlah ingin membagikan resep berhasil pada beberapa entrepreneur di Indonesia. Maksudnya supaya usaha yang digeluti Anda dapat berhasil seperti dianya.
“Apapun sektor bisnis yang Anda jalani seperti usaha ikan hias atau yang lain, kita mesti telaten serta mesti tekuni bagian itu hingga sukses. Bila dapat hingga titik darah penghabisan, pokoknya mesti kita perjuangkan selalu.
Lalu kita sebagai entrepreneur harus juga jujur pada customer, lantaran dengan kejujuran itu awal dari keberhasilan, ” tutupnya.  Hobby Budidaya Ikan Hias Mas Koki Menjadi Bisnis Beromzet Jutaan

You May Also Like