Anggur Merah Cap Orang Tua, Obat Tradisional dengan Ragam Manfaat

https://www.undercover.co.id – Dewasa ini, banyak orang merasa mudah sakit. Mulai dari sakit ringan seperti pilek, demam, batuk, dan sakit berat seperti obesitas, hipertensi, hingga diabetes. Obat-obatan pun sering digunakan sebagai solusi untuk menghadapi penyakit, seperti obat toko yang dijual bebas, obat dari apotik, hingga obat khusus dari dokter.

Namun, tidak semua orang merasa cocok dengan obat-obatan, yang biasa disebut juga dengan obat modern. Beberapa orang, bahkan banyak orang, lebih memilih dan cocok dengan obat tradisional yang terbuat dari bahan alami seperti jamu. Bagi Anda penikmat jamu, pasti tidak asing dengan campuran jamu yang juga bisa diminum secara terpisah dan terbuat dari olahan anggur. Namanya, Anggur Merah Cap Orang Tua, yang bermerk Kolesom.

Meski banyak kontra alias ketidaksetujuan dengan penggunaan Anggur Merah Kolesom sebagai obat karena mengandung alkohol, masih banyak pula orang yang mengonsumsinya karena percaya dengan manfaat dan khasiatnya.

Khasiat Legendaris Dari Anggur Merah Kolesom

Beberapa khasiat yang diyakini ada di Anggur Merah Kolesom adalah mengobati masuk angin, membersihkan darah kotor, menghambat pertumbuhan tumor, melancarkan sirkulasi darah, mengobati asma memiliki sifat antibakterial dibanding dengan jenis anggur lain, anti penuaan dini, menghilangkan jerawat, menyehatkan jantung dan ginjal, melancarkan proses pencernaan, mengatasi asam urat, hingga menambah stamina dan vitalitas pria.

Namun, tahukah Anda, jika Anggur Merah Kolesom Cap Orang Tua memiliki perjalanan sejarah yang patut diketahui sebagai produk obat tradisional?

Berawal di tahun 1948, yaitu ketika obat tradisional sedang booming, dan diterima dengan baik secara luas oleh masyarakat. Melihat peluang tersebut, dibuatlah pabrik yang memproduksi minuman amer (anggur merah) yang bermanfaat sebagai obat tradisional di Semarang. Karena sukses di Semarang, pabrik produksi amer pun diperluas dengan membangun pabrik baru di Jakarta sekitar 1950.

Area distribusi yang awalnya hanya di Semarang dan Jawa Tengah, menjadi semakin luas, sehingga jumlah produksi pun meningkat. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat Anggur Merah Cap Orang Tua populer di masyarakat. Karena rasanya yang cukup enak, Anggur Merah Cap Orang Tua dijadikan sebagai campuran minuman obat tradisional lainnya seperti jamu.

Konon katanya, banyak orang merasakan khasiat Anggur Merah Cap Orang Tua ketika dicampur dengan jamu, dan sebaliknya. Hal ini yang menyebabkan Anggur Merah Cap Orang Tua identik dengan jamu, terutama jamu hitam pekat.

Perusahaan Lokal Tertarik Dengan nama Orang Tua

Karena Anggur Cap Orang Tua begitu terkenal, pada 1995 sebuah perusahaan lokal menjadikan nama Orang Tua sebagai nama perusahaannya, yaitu perusahaan ADA, yang kali pertama  memproduksi sikat gigi merk Formula, dan kini sudah memproduksi puluhan produk kuliner yang populer. Perusahaan ADA memanfaatkan nama Orang Tua sebagai nama perusahaan sekaligus merk utama produknya, karena keberadaan Anggur Merah Kolesom Cap Orang Tua sudah melegenda di masa itu. Tidak pelak lagi, produk perusaahaan Orang Tua (OT) pun dengan mudah melejit bahkan hingga saat ini.

Meski demikian, di masa ilmu pengetahuan dan informasi semakin mudah menyebar, banyak orang yang meragukan Anggur Merah Cap Orang Tua, terutama orang muslim yang menganut agama Islam. Mereka menilai bahwa Anggur Merah Cap Orang Tua haram dikonsumdi karena kandungan alkohol di dalamnya yang bisa memabukkan, dan segala sesuatu yang memabukkan adalah haram menurut keyakinan mereka. Hal ini menjadi perdebatan yang tiada habisnya hingga saat ini.

Namun, beberapa orang menyatakan bahwa Anggur Kolesom Cap Orang Tua adalah minuman halal, selama dikonsumsi dengan tujuan pengobatan. Karena itu, setiap orang yang mengonsumsi Anggur Merah Kolesom Cap Orang Tua harus mengetahui dosis minumnya, yaitu tiga kali sehari, sekali minum 20 – 40 ml, dan hanya boleh diminum sesudah makan.

baca juga Dodol Garut Picnic: Oleh-oleh Khas Istimewa yang Melegenda

Product OT dan Anggur Merah

Jika dibandingkan dengan produk dari perusahaan OT, Anggur Merah Kolesom tentu kalah eksis. Apalagi sejak adanya larangan edar minuman beralkohol sebagai minuman keras di Indonesia. Produk perusahaan OT, seperti makanan ringan hingga pasta gigi sukses beredar hingga menjadi salah satu produk tingkat nasional yang menguasai pasaran Indonesia.

Berbeda dengan Anggur Merah Cap Orang Tua, yang meski sudah memiliki izin edar dari BPOM, masih sulit diedarkan secara lebih luas, tidak semudah pada masa-masa awal produksi. Anda tidak dapat dengan mudah mendapatkan Anggur Merah Cap Orang Tua. Biasanya Anggur Merah Cap Orang Tua bisa ditemukan di warung, kedai, atau toko yang menjual obat herbal, obat tradisional, dan atau bahan membuat jamu.

Selain tidak mudah ditemukan di pasaran, Anggur Merah Cap Orang Tua juga sering dipalsukan. Beberapa tahun silam, ditemukan produk Anggur Merah Cap Orang Tua dengan kandungan alkohol tinggi dan disalahgunakan sebagai minuman keras yang bebas dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini tentu sangat merugikan produsen Anggur Merah Cap Orang Tua, karena bisa memunculkan efek negatif tentang penggunaan Anggur Merah Cap Orang Tua. Karena itu, setiap konsumen Anggur Merah Kolesom Cap Orang Tua selalu diberi peringatan agar tidak mengonsumsi hingga melebihi batas dosis yang disarankan.

Product Obat Tradisional

Melihat perjalanan produk obat tradisional buatan lokal Anggur Merah Cap Orang Tua, membuat kita tahu bahwa tidak semua produk lokal yang dibuat dengan niat baik bisa selalu diterima oleh masyarakat sepenuhnya. Pasti aka nada kendala dan masalah yang muncul sehingga menghambat perkembangan dan kemajuan usaha. Tidak heran, banyak produk lokal yang tumbang karena termakan isu hingga tidak mampu mempertahankan eksistensinya di pasaran.

Hingga sekarang pun, catatan sejarah bisnis tentang produsen Anggur Merah Cap Orang Tua sulit ditemukan jejaknya. Tidak banyak orang yang mengetahui secara detail produsen Anggur Merah Cap Orang Tua. Dari merknya, kita bisa mengetahui bahwa Anggur Merah Cap Orang Tua dibuat dengan campuran bahan Kolesom Jawa (Talinum Crassifolium) atau yang biasa disebut daun ginseng.

Daun ginseng sudah sering digunakan sebagai obat tradisional bahkan sebagai bahan masakan sehari-hari. Karena pengetahuan tersebutlah, banyak orang yang meyakini khasiat Anggur Merah Cap Orang Tua bukanlah bualan belaka.

Yang perlu diingat, Anggur Merah Cap Orang Tua adalah salah satu produk obat tradisional lokal yang dibuat dengan beragam manfaat. Terlepas dari akibat negatifnya, Anggur Merah Cap Orang Tua tidak dibuat dengan tujuan buruk yang bisa merugikan orang lain. Karenanya, Anggur Merah Cap Orang Tua masih beredar secara legal, meski tidak secara luas.

Bagaimana? Penasaran dengan rasa Anggur Merah Kolesom Cap Orang Tua?

Anda bisa mencari distributor atau penjual Anggur Merah Cap Orang Tua di toko obat tradisional atau kedai jamu terdekat di rumah Anda. Jika Anda merasa kesulitan menemukannya, Anda juga bisa searching penjual Anggur Merah Kolesom di beberapa market place seperti bukalapak, tokopedia, pricearea, hingga blibli dengan harga Rp 50.000 – Rp 190.000,- bergantung ukurannya.

baca juga

    Dan, jangan lupa dengan aturan dan dosis minum Anggur Merah Cap Orang Tua. Karena untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya, Anda harus menaati dosis minum yang sudah ditetapkan agar Anda terhindar dari kondisi mabuk hingga keracunan minuman. Tentu saja Anda bisa memilih dengan selektif obat apa yang cocok untuk Anda sebelum memutuskan mengonsumsi Anggur Merah Cap Orang Tua.



    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You cannot copy content of this page