Dewasa ini banyak anak belajar bahasa Inggris di sekolah namun banyak juga orangtua yang tidak memprioritaskan pembelajaran bahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri tidak banyak orang tua yang yang memotivasi anak untuk belajar bahasa Inggris kecuali mereka yang sudah menyadari pentingnya bahasa ini.

Hal ini juga dikarenakan mindset atau pemikiran orang Indonesia yang menganggap bahwa bahasa Inggris tidaklah begitu penting untuk dipelajari.

Banyak anak yang belajar bahasa Inggris hanya karena disuruh atau hanya karena memenuhi kewajiban di sekolah.

Padahal, belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan menyenangkan dan memiliki manfaat yang positif bagi anak.

Hanya saja akan lebih baik jika anak memiliki minat untuk belajar bahasa Inggris dengan sendiri tanpa dipaksa.

Jika Anda masih ragu untuk memberikan pembelajaran lebih tentang bahasa Inggris kepada anak atau mengirimnya ke tempat kursus bahasa Inggris anak , Anda bisa cek manfaatnya berikut ini!

·       Meningkatkan kemampuan otak

Salah satu manfaat bahasa Inggris yang dapat diperoleh anak adalah meningkatnya kemampuan otak yang juga berpengaruh pada kemampuan akademis.

Mereka yang bicara dalam dua bahasa atau bilingual memiliki perkembangan otak yang lebih baik dibandingkan yang hanya belajar dengan satu bahasa.

Dengan berbicara dalam dua bahasa tentunya mereka harus dapat memilih kata-kata secara lebih cepat dalam bahasa tersebut.

Sebuah artikel berjudul “What’s going on inside the brain of bilingual child?” yang dimuat dalam laman Mindshift menyebutkan bahwa otak anak bilingual memiliki atensi dan konsentrasi yang lebih baik.

Mereka juga bisa memilah tugas dan tahu harus menggunakan kata-kata yang mana saat berbicara dalam bahasa tertentu.

Dalam artikel lainnya yang ditulis oleh Tracey Trautner dan dimuat dalam Michigan State University Extension menyebutkan bahwa anak-anak bilingual memiliki otak yang lebih fleksibel dan dapat fokus pada satu tugas dengan baik.

Mereka dapat dengan mudah mengubah respon terhadap suatu tugas.

Dengan memiliki otak yang lebih fleksibel tentu seseorang bisa lebih mudah menjelaskan sesuatu dan berkomunikasi dengan orang lain.

Belajar bahasa Inggris sejak dini dapat memberikan manfaat tersebut pada anak dan membuatnya memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

·        Meningkatkan kepercayaan diri

Belajar bahasa asing termasuk bahasa Inggris dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Memang belajar bahasa Inggris tidaklah mudah pada awalnya tetapi lama-kelamaan belajar bahasa Inggris dapat membuat seseorang termasuk anak menjadi lebih percaya diri.

Terkadang anak membuat kesalahan saat bicara atau berkomunikasi dalam bahasa Inggris tetapi hal ini tidaklah menjadi masalah.

Hal yang terpenting adalah anak mau mencoba dan percaya pada dirinya sendiri bahwa ia bisa menguasai bahasa tersebut.

Dengan belajar bahasa Inggris anak juga akan merasa lebih baik dalam hal akademis.

Sebagai orangtua, Anda tetap bisa mendukungnya untuk belajar bahasa Inggris meskipun terkadang ia membuat kesalahan saat bicara.

·        Meningkatkan performa akademik

Penelitian juga menyebutkan bahwa belajar bahasa dapat meningkatkan kemampuan belajar di bidang lainnya.

Dengan begiti secara tidak langsung hal tersebut dapat membantu meningkatkan pencapaian akademis anak.

Dengan belajar bahasa anak dapat menciptakan pola belajarnya sendiri dan hal ini akan berlangsung juga di masa depan.

Sebuah studi yang dilaporkan oleh University of London berjudul “Learning, Continuity, and Change in Adult Life” menyebutkan bahwa dengan belajar bahasa secara berkelanjutan hingga dewasa seseorang akan memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan dan lebih baik.

Hal ini Tentunya bisa menjadi motivasi bagi anak untuk terus belajar bahasa Inggris walaupun hal lainnya di masa depan.

·        Meningkatkan kreativitas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan fleksibilitas otak.

Kemampuan tersebut tidak hanya berlaku dalam hal komunikasi dan respon terhadap orang lain atau sesuatu hal tetapi juga pada kreativitas.

Mereka yang belajar dua bahasa atau bilingual memiliki otak yang lebih fleksibel dan hal ini juga menyangkut daya kreativitasnya.

Anak akan lebih mudah menyelesaikan masalahnya atau tugas yang diberikan kepadanya nya dengan memiliki kemampuan tersebut.

Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris anak bisa memiliki kesempatan lebih untuk dapat mengakses pengetahuan maupun hiburan dalam bahasa Inggris.

Anak juga pada akhirnya dapat menjalin koneksi dengan orang lain bahkan jika mereka berada di negara lain.

Dengan menguasai bahasa Inggris tentunya mereka bisa berkomunikasi dengan penutur aslinya tentunya dengan bantuan media internet seperti sosial media saat ini.

Hal inilah yang juga dapat meningkatkan kreativitas anak tak hanya dalam belajar bahasa tetapi juga dalam hal lainnya seperti seni dan budaya.

·        Memperluas pilihan karir

Seperti yang kita ketahui saat ini dunia bisnis atau dunia kerja semakin berkembang dan banyak perusahaan menginginkan karyawannya untuk dapat berbahasa Inggris.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh organisasi New American Economy, menyebutkan bahwa jumlah perusahaan yang menginginkan karyawannya dapat berbahasa Inggris atau berbicara dalam dua bahasa semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Meskipun bahasa Inggris bukanlah suatu prioritas dalam suatu pekerjaan tetap saja memiliki kemampuan bahasa Inggris dapat menjadi nilai lebih dalam dunia kerja.

Menguasai bahasa Inggris juga dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapat pekerjaan di berbagai bidang maupun mendapatkan promosi di tempat kerja.

Intinya, jika anak belajar bahasa Inggris sejak dini tentu di masa depan ia akan lebih mudah memperoleh kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang.

Bahasa Inggris juga digunakan untuk pengoperasian berbagai mesin dan program yang ada di dunia industri sehingga tentu anak harus belajar mulai dari sekarang.

·       Menambah kemampuan multitasking

Belajar bahasa Inggris atau bahasa lainnya membuat anak memiliki kemampuan multitasking atau melakukan beberapa tugas sekaligus.

Hal ini juga dikarenakan karena otak mereka tentunya akan menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah merespon berbagai tugas.

Tidak hanya itu mereka juga akan lebih mudah beralih dari satu tugas ke tugas lainnya atau yang dikenal dengan kemampuan task switching

Sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegei Mellon University pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa kemampuan bilingual atau bicara dalam dua bahasa dapat meningkatkan beberapa keahlian pada diri seseorang termasuk task switching.

Studi yang melibatkan 88 partisipan tersebut membuktikan bahwa mereka yang menguasai dua bahasa atau bilingual memiliki respon untuk dapat mengerjakan tugas yang diberikan lebih baik dibandingkan mereka yang monolingual atau bicara dalam satu bahasa saja.

·        Membuat pikiran awet muda

Berbicara dalam dua bahasa atau lebih dapat memberikan manfaat kesehatan bagi seseorang.

Anak yang bicara dalam dua bahasa atau bilingual diketahui memiliki resiko yang lebih rendah terkena demensia atau pikun saat usia lanjut.

Dengan bicara dalam 2 bahasa otak manusia menjadi lebih responsif dan aktif mencari koneksi di dalamnya sehingga menjadi lebih aktif dan tidak mudah terserang demensia atau pikun.

Sama halnya seperti mobil tua yang tak pernah digunakan tentu akan lebih sulit dinyalakan mesinnya dibandingkan dengan mobil yang senantiasa terpakai.

Begitu juga dengan otak, jika sering digunakan termasuk untuk belajar bahasa tentu akan lebih aktif dan tidak mudah lupa.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology yang membuktikan bahwa otak mereka yang bilingual memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit alzheimer.

Jadi, tidak hanya membuat otak menjadi lebih fleksibel tetapi anak juga akan mendapatkan manfaat belajar bahasa Inggris di masa depan saat ia menua.

Itulah beberapa manfaat belajar bahasa Inggris untuk anak sejak dini.

Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk memotivasi anak belajar bahasa Inggris sejak usia awal atau bahkan memberikan kursus bahasa Inggris untuknya.

Dengan belajar lebih awal tentu anak akan belajar lebih cepat dan ia dapat menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like