4 Marketing Strategi Merk Anda

Undercover , Brand sama seperti sebuah kepribadian – punya kehidupan, bernapas, memiliki cita-cita dan tujuan, serta terus berubah dan berkembang. Layaknya manusia yang mungkin Anda cintai.

Orang-orang membentuk brand Anda dan bisnis Anda. Dan, setelah kita memutuskan bahwa kita memilih produk tertentu, apa yang membuat kita terus menerus membeli produk dari merek tersebut?

Penyebabnya adalah orang-orang di balik brand. Kita membeli dan menjual pada orang-orang yang serupa dengan kita, orang-orang yang memahami kita dan ada untuk kita ketika kita membutuhkannya.

Pada artikel kali ini, situs kami akan membahas empat strategi marketing yang dapat membuat konsumen menyukai brand Anda.

 

Terlibatlah

Kami nyaris selalu menekankan ini di berbagai artikel. Semakin Anda berbicara dengan konsumen Anda, semakin mereka mengenal Anda.

Semakin banyak orang mengenal Anda, semakin mereka memercayai Anda. Dan orang membeli dari orang yang mereka percaya.

75% konsumen mengatakan mereka membuat keputusan pembelian berdasarkan emosi mereka, dan dengan demikian, maka waktu yang Anda habiskan untuk mengenal orang, dan mencari tahu apa yang ingin mereka ketahui dan butuhkan, tak akan pernah terbuang sia-sia.

Semakin Anda dapat terhubung dengan konsumen Anda, semakin mudah Anda mengubah pembeli biasa menjadi pelanggan setia.

Dalam survei engagement merek dari Gensler baru-baru ini, 94% responden mengatakan bahwa mereka akan sangat mungkin merekomendasikan merek yang secara emosional terlibat dengan mereka.

 Jasa Pasang Iklan Google Adwords – Facebook Intagram Ads

content marketing, artikel content marketing, strategi content marketing, tips content marketing, cara content marketing

 

Buatlah Konten untuk Satu Orang

Ketika Anda menulis untuk semua orang, Anda tidak terhubung dengan siapa pun. Tidak ada strategi konten yang cocok untuk semua orang, karena orang-orang punya kepentingan dan latar belakang yang berbeda.

Ketika kami membuat konten atau memegang akun sosial media untuk sebuah bisnis, kami punya satu persona di dalam pikiran kami.

Dan kami menulis seperti kami berbicara, menggunakan bahasa yang sama jika kami duduk di depan orang tersebut, seolah kami sedang melakukan percakapan langsung dengan mereka.

Cari informasi melalui sosial media, lalu terlibatlah dengan konsumen.

Apa yang kira-kira sedang mereka cari? Apa masalah keseharian yang mereka hadapi, yang dapat Anda bantu selesaikan? Tulislah.

Orang-orang akan terlibat dengan konten Anda saat konten Anda bercerita tentang solusi, bukan melulu membahas produk.

Baca juga: Jasa FB Ads + IG Ads + Google Ads

 

Beri Kejutan yang Menyenangkan

Kejutan dapat membantu menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka berarti bagi Anda, dan bahwa Anda mendengarkan mereka.

Bagi sebuah brand, kejutan ini seringkali merupakan cara untuk menciptakan hubungan emosional langsung dengan konsumen, yang mengarah pada rasa loyalitas terhadap brand Anda.

content marketing, artikel content marketing, strategi content marketing, tips content marketing, cara content marketing

Seringkali kejutan diceritakan pada orang lain, sehingga upaya surprise Anda dapat menjadi viral.

Banyak brand menggunakan strategi surprise yang menyenangkan di media sosial , melalui acara tersponsor, demonstrasi di dalam toko, iklan, dan lainnya.

Kejutan ini dapat berupa memberikan demo produk di media sosial. Bisa juga dilakukan secara offline atau di sebuah event. Coba saja!

Kejutan yang menyenangkan selalu mampu melekat di benak audiens.

Tapi kejutan tak harus selalu memberi produk gratis. Ada cara lain lagi dalam membuat kejutan.

Anda bisa mengambil langkah yang lebih maju dalam customer service. Anda bisa saja mengantisipasi kebutuhan konsumen Anda, dan memberikan solusi sebuah masalah bahkan sebelum mereka menyadari bahwa mereka memiliki masalah tersebut.

Cara ini tak hanya bagus dalam menciptakan viralitas dan kesetiaan merek dengan penggemar dan konsumen, tetapi ini juga merupakan cara hebat untuk membangun, menemukan dan terhubung dengan konsumen baru.

Ini akan terjadi berkat media sosial, dan juga fakta bahwa kebanyakan orang, apabila dibuat senang, akan membagikan pengalaman mereka.

 Live, Strategi Branding Terbaru yang Wajib Anda Coba

 

Selalu dengar apa yang pelanggan Anda katakan dan keluhkan

Anda akan memiliki momen saat terjadi dialog dua arah dengan pelanggan Anda. Dan bila ini sedang berlangsung, sangat penting untuk benar-benar mendengarkan.

Ketika mendengarkan pelanggan Anda, pertimbangkan apa yang harus dilakukan oleh bisnis Anda berdasarkan saran dan feedback dari pelanggan. Setelah mempertimbangkan, maka lakukan tindak lanjut.

Pelanggan Anda adalah sumber kehidupan bisnis Anda, dan tidak mendengarkan keluhan dari pelanggan akan menyebabkan reaksi yang tak diinginkan.

Gunakan metode berikut untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan Anda:

  • Survei
  • Fokus grup
  • Observasi
  • Titik penjualan
  • Customer service
  • Media sosial
  • Komunitas dan Grup
  • Email dan Web

 

5. Tetap konsisten

Apakah Anda betah berteman dengan seseorang yang tidak bisa diandalkan?

Menurut Anda, berapa lama pelanggan akan setia jika produk dan brand Anda tidak konsisten?

Ingat – ada ribuan brand lain yang produknya sama dengan milik Anda.

Yang membuat Anda berbeda adalah Anda dan tim Anda. Itu berarti bahwa orang perlu melihat konsistensi di setiap aspek penjualan, dari sudut manapun mereka melihat atau berinteraksi dengan brand Anda.

Menjaga konsistensi memungkinkan orang tahu apa yang diharapkan, dan meningkatkan nilai intrinsik perusahaan Anda. Gambar, konten, dan pengiriman Anda semuanya harus konsisten dengan value dari brand Anda.

 

 

Baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Panduan Bisnis Online Terlengkap

Panduan Lengkap Pecinta Kopi

Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Panduan Sukses Bisnis Franchise

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Perjalanan 185 Brand Nasional Dan Internasional

50 Daftar Lengkap Virtual Office Di Indonesia

50 Daftar Jasa Kontraktor Indonesia

50 Usaha Rumahan di Indonesia

500 Kisah Pengusaha Sukses

Kenali Daftar 99 Fintech Indonesia

 

Tambahan

Ada banyak cara untuk mengembangkan dan memperdalam hubungan – dan semoga lima poin tadi dapat menjadi awal yang baik untuk membuat Anda mencoba berbagai kemungkinan.

Sepertiga dari konsumen mengatakan mereka mengalami layanan pelanggan yang kurang menyenangkan setidaknya sebulan sekali, dan 58% dari mereka memberitahu teman-teman mereka.

Inilah cara bagaimana informasi mulut ke mulut dapat merusak reputasi perusahaan Anda dalam jangka panjang.

Sangat penting untuk menghormati suasana hati pelanggan saat mencoba menyelesaikan masalah yang mereka miliki dengan bisnis Anda.

Menjaga kesabaran Anda adalah kunci untuk memberi pelanggan Anda kesempatan untuk menyampaikan masalah mereka.

Dan, pada akhirnya, ini memberi peluang bagi Anda untuk membantu menyelesaikan masalah terebut dan membuat pelanggan menjadi lebih tenang.

Semakin tenang dan nyaman seorang pelanggan, semakin besar kemungkinan mereka untuk membagi feedback yang berharga, yang dapat membantu mencegah masalah serupa terjadi lagi di masa depan.

 

You cannot copy content of this page