indonesiacorporatereview.com– hal penting setelah anda memulai bisnis adalah mengembangkan usaha itu sendiri, maka sangat penting untuk anda mampu meningkat kan omzet dan profit dari usaha anda, kami memberikan tips tips unik dan menarik dan tentunya dapat sangat diterapkan di dalam usaha yang anda jalani
 
kami memberikan banyak sekali tip yang berbeda, karena setiap usaha memiliki keunikan masing masing yang tidak bisa dipukul rata dalam menerapkan startegy sales dan marketing nya
 
 
Untuk meningkatkan omzet pada satu usaha akan berbeda tips dan caranya dengan industri bisnis yang lain ,


misal untuk makanan startegy nya berbeda dengan bisnis di bidang automotive , begitu juga antara bisnis kerjinan tangan dengan meningkatkan omzet bisnis jasa ,


berbagai daerah juga mempunyai ciri khas masing masing sehingga akan berbeda hasilnya  untuk mereka yang berdomisili di jakarta , bandung , medan , surabaya, yogyakarta, palembang, papua, makassar,


berbagai trik dan tips akan disajikan diartikel ini untuk membantu para pebisnis ukm meningkatkan omzet dan profit usaha nya.

23 Cara Menaikkan 1000 % Omzet dan Profit Usaha Anda

dengan 1001 Tips ini kami mencoba membantu usaha anda untuk semakin berkembang dan sukses, silahkan anda terapkan sesuai dengan niche bisnis anda, namun bisa juga anda terapkan startegy bisnis diluar bidang bisnis anda,


untuk modifikasi dan efisiensi serta efektivitas promosi nya , learning by doing adalah sesuatu yang baik untuk melihat hasil terbaik, bila hasilnya buruk anda tinggalkan , tetapi bila hasilnya memuaskan anda bia teruskan dan terus berinovasi.
 

Terbukti Manjur, Ini Dia Cara Jitu Meningkatkan Sales Minimarket

Bisnis minimarket atau toko retail harus menghadapi persaingan ketat setelah banyaknya brand asing yang datang ke Indonesia. Mau tak mau, minimarket lokal harus mampu bersaing dengan toko yang memiliki brand kuat dan besar.


Untuk dapat bersaing dengan minimarket asing dan modern tersebut, perlu dilakukan upaya marketing dan strategi bisnis yang mumpuni. Berikut beberapa cara meningkatkan sales minimarket agar dapat bersaing dan tak lekas mati tergerus zaman.

  1. Beri diskon

Diskon selalu menjadi daya tarik pembeli, terutama para ibu yang menjadi pelanggan setia minimarket. Mereka bahkan membandingkan harga per item antara minimarket satu dan yang lainnya. Jika ada tawaran diskon, maka sudah pasti mereka akan memilih minimarket yang memberi harga miring.


Informasikan diskon tersebut melalui banner yang besar ataupun brosur yang dibagikan ke rumah-rumah. Pastikan pula diskon yang ditawarkan memberikan harga barang paling murah dibanding toko retail yang lain.

  1. Promosi JSM

Buat promosi harga saat weekend, atau lebih dikenal dengan promo JSM (Jumat, Sabtu, Minggu). Promosi tersebut dapat berupa beli dua gratis satu, diskon sekian persen, paket murah atau cash back. Selain weekend, buat pula promosi di hari besar atau perayaan. Kaitkan produk promo dengan hari peringatan, misalnya memberi diskon sembako saat hari ibu, atau memberi diskon minuman dan jajanan saat hari kemerdekaan.

  1. Membuka layanan Jasa

Tambah layanan minimarket dengan membuka jasa pembayaran listrik, pembelian tiket kereta api, pembelian tiket pesawat, pembayaran bpjs, pembelian pulsa, dan lain sebagainya. Keuntungan penjualan jasa tersebut mampu meningkatkan sales minimarket.

  1. Jual barang lain

Jangan ragu untuk menambah jenis barang lain di toko retail atau minimarket Anda. Sebut saja pakaian, mainan, sepatu, tas, alat tulis, obat-obatan, buah segar dan lain sebagainya. Pengunjung akan makin menyukai toko yang menyediakan barang kebutuhan lengkap layaknya one stop shopping.

  1. Tambahkan kafe

Tak perlu mewah, cukup beri beberapa kursi dan meja di depan minimarket. Sediakan pula air panas untuk menyeduh kopi dan mie instan. Strategi ini banyak dilakukan beberapa minimarket ternama dan ternyata mampu meningkatkan sales minimarket secara signifikan. Hal ini mengingat adanya kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar nongkrong dan mengobrol santai.

  1. Tambah fasilitas dan layanan

Begitu pintu minimarket dibuka, pengunjung segera disambut dengan ucapan selamat datang. Meski nampak sepele, hal tersebut mampu meningkatkan pelayanan dan membuat pelanggan merasa nyaman hingga berkenan untuk datang kembali. Selain itu, fasilitas pendingin udara yang baik juga membuat pelanggan betah dan nyaman saat berbelanja.

  1. Pasang mesin ATM

Bekerjasamalah dengan sebuah bank untuk menaruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di dalam minimarket. Fasilitas ATM merupakan cara tepat dalam meningkatkan jumlah pengunjung minimarket. Selain itu, pengunjung yang tadinya hanya berniat menarik uang akan membeli satu dua barang yang dijual.

  1. Menjadi yang termurah

Terakhir, tinjaulah harga dan jadilah minimarket termurah dibanding toko-toko retail terdekat.
Harga yang murah dibanding toko lain akan membuat minimarket memiliki banyak pelanggan setia. Jangan terlalu banyak mengambil laba agar harga barang tidak terlalu mahal.


Lebih baik laba sedikit namun omset besar, daripada mengambil laba besar namun pendapatan omset kecil. Laba hanya sekian ratus perak akan menjadi sangat banyak jika omset yang diperoleh sangat besar.
Itulah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sales minimarket.

Meski bersaing dengan  brand besar, minimarket anda akan tetap unggul jika melakukan beberapa perbaikan dan strategi baru seperti cara di atas. Jangan lekas putus asa dan berusahalah lebih giat, niscaya tak butuh waktu lama untuk membuka banyak cabang minimarket di daerah lain.
 

10 Cara Kreatif Meningkatkan Omset Penjualan Restoran

Bisnis makanan selalu menjadi pujaan karena menawarkan laba yang menjanjikan. Namun menjamurnya restoran menjadi tantangan bagi pelaku bisnis agar meraih omset yang terus meningkat signifikan.


Untuk itu, perlu dilakukan upaya dan strategi guna meningkatkan omset penjualan restoran. Berikut ini sepuluh cara kreatif yang dapat dilakukan pemilik restoran untuk meningkatkan hal tersebut.

  1. Buat menu spesial dan unik

Menu yang biasa tersedia mungkin membuat pengunjung bosan. Menyediakan menu spesial dan unik di hari tertentu dapat menjadi strategi marketing yang tepat untuk meningkatkan omset penjualan restoran. Pajanglah menu spesial tersebut di meja pengunjung dan di depan restoran.

  1. Adakan acara

Promosikan restoran dengan mengadakan suatu acara seperti lomba untuk anak-anak, atau demo masak untuk ibu-ibu. Bahkan meski acara itu gratis, peserta yang hadir akan melirik menu restoran dan tak sedikit yang akan membelinya untuk santap di saat jam makan ataupun dibawa pulang untuk keluarga. Hal ini tentu menjadi cara efektif meningkatkan penjualan.

  1. Buat promosi harga

Membuat promosi harga yang cerdas dapat menjadi cara jitu meningkatkan omset pendapatan restoran. Pengunjung biasanya tak menyadari bahwa promosi tersebut sebetulnya membuat mereka lebih banyak membeli produk atau menu.


Promosi harga memang sedikit mengurangi laba, namun dapat meningkatkan omzet berlipat ganda. Contohnya, beri harga khusus pelajar, atau diskon sekian persen jika pembelian di batas harga tertentu, atau beli dua gratis satu, dan lain sebagainya.

  1. Sebar brosur

Buatlah brosur semenarik mungkin, lalu sebarkan di kota tempat restoran berada. Gunakan jasa marketing lepas untuk menyebar brosur di setiap pintu di perumahan, di kaca-kaca mobil dan di area perkantoran. Buat desain brosur yang menarik untuk mempromosikan menu andalan, menawarkan promosi harga atau menampilkan fasilitas restoran yang nyaman.

  1. Pasang iklan

Buatlah iklan di media lokal tempat restoran anda berada, baik koran, televisi maupun radio. Jika restoran telah memiliki cabang di banyak kota, maka pasanglah iklan di media nasional. Namun jangan hanya berhenti memasang iklan saja.


Undanglah awak pers media tempat anda beriklan jika restoran meluncurkan menu baru atau mengadakan suatu acara. Mereka akan meliput kegiatan tersebut meski anda tak membayar iklan untuk itu. Pemasangan iklan sangat terkait dengan branding restoran.


Semakin banyak yang mengetahui brand restoran anda, maka makin banyak pengunjung dan tentunya makin meningkatkan omzet pendapatan.

  1. Kampanye media sosial

Saat ini media sosial menjadi alat marketing yang sangat efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Buatlah akun atas nama restoran di beberapa media sosial, seperti instagram, twitter, facebook hingga youtube. Postinglah hal-hal unik dan menarik lengkap dengan hashtag favorit.


Bersahabatlah dengan akun media lokal, organisasi lokal serta seleb medsos yang diikuti banyak orang. Lalu buatlah iklan dengan cara endorse melalui akun-akun tersebut.

  1. Buka layanan delivery

Menambah layanan delivery akan sangat diminati banyak orang. Hal ini pun menjadi cara terbaik meningkatkan omzet restoran.


Jika terdapat keterbatasan dana untuk menyediakan kendaraan dan membayar sopir, maka manfaatkan ojek online yang saat ini tengah marak.
Hampir semua brand ojek online menyediakan layanan antar makanan dengan tarif yang terjangkau bagi pelanggan.

  1. Buat paket menu

Paket menu merupakan trik cerdas agar pengunjung membeli lebih banyak makanan atau minuman. Dengan harga yang lebih terjangkau dari menu tunggal, paket menu sangat diminati pengunjung hingga dapat meningkatkan pendapatan restoran. Buat pula set menu untuk dua orang, empat orang dan set keluarga.

  1. Menjadi lokasi pesta

Restoran dianggap lokasi pesta dan pertemuan yang terjangkau karena tak perlu membayar sewa tempat, kecuali membeli paket saja.
Karena itu, sediakan paket buffet untuk acara pesta dan pertemuan.

Dengannya, omset penjualan meningkat, bahkan meski tak perlu membuka restoran seharian. Jangan lupa promosikan restoran sebagai tempat nyaman untuk acara pertemuan, syukuran, hingga pesta.

  1. Tambah fasilitas anak

Perhatikanlah restoran yang menyediakan pojok mainan anak. Dapat dipastikan restoran tersebut akan dipenuhi sesak oleh pengunjung dari kalangan keluarga muda. Menyediakan mainan anak indoor di dalam restoran dapat meningkatkan daya tarik pengunjung dan tentu saja meningkatkan pendapatan.


Pasalnya, anak akan betah berlama-lama di restoran. Hal ini membuat orang tua makin banyak membeli menu yang disediakan sembari menunggu anak bermain.
Namun jika modal terlalu besar untuk membeli satu set mainan, sediakan saja balon gratis untuk anak. Hal tersebut pula dapat menarik minat pengunjung dewasa dengan anak balita.


Demikian cara kreatif meningkatkan omset . Selain menjalankan cara tersebut, perhatikan pula kualitas menu dan layanan restoran.

You May Also Like